Lengkap Soal Ujian Pat Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Plus Kunci Jawaban

Namecheap.com
Halo Pelanggan Rajasoal.com- Lengkap Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas 10 Kurikulum 2013 Plus Kunci Jawaban 

Senang sekali kami sanggup menjumpai Anda pengunjung setia Halo Pelanggan Rajasoal.com. Semoga kita sanggup tetap membuatkan dan bertukar informasi. Kali ini kami akan menyapa Anda dengan membagikan Lengkap Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Plus Kunci Jawaban. 

Soal ini sanggup didoawnload pribadi secara gratis. Setelah didownload pribadi saja dipelajari ya! Karena tidak akan berkhasiat Lengkap Soal Ujian PAT Seni Budaya ini kalau dibiarkan saja. 

Sesuai dengan judul di atas Lengkap Soal Ujian PAT Seni Budaya ini sudah dilengkapi dengan kunci tanggapan sehingga akan lebih gampang dipelajarinya. 

Lengkap Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X tersebut sebagai materi latihan bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri menghadapi Ujian Penilaian Akhir Tahun(PAT) atau Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) tahun pelajaran 2018-2019. 

Berikut Lengkap Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas 10 Kurikulum 2013 Plus Kunci Jawaban : 

Pilihlah salah satu jawaban yang sempurna untuk pertanyaan-pertanyaan berikut.

1.      Kegiatan mempertunjukkan sesuatu kepada orang lain semoga menerima tanggapan dan penilaian pada karya seni rupa disebut . . . .
A.    perayaan
B.     peragaan
C.     pameran
D.    perayaan
E.     pertunjukan

2.      Pameran karya seni rupa sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu . . . .
A.    berdasarkan jenis karya, jumlah penerima
B.     jenis karya homogen dan heterogen
C.     jenis karya dwimatra dan trimatra
D.    ukuran karya besar dan karya kecil
E.     berdasarkan tujuan dan media yang dipamerkan

3.      Kegiatan pameran yang materi pamerannya menurut jenis karya sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu . . . .
A.    pameran homogen dan pameran heterogen
B.     jenis karya dwimatra dan trimatra
C.     ukuran karya besar dan karya kecil
D.    berdasarkan jenis karya dan jumlah penerima
E.     berdasarkan tujuan dan media yang dipamerkan

4.      Suatu proses pembentukan gambaran suatu hal yang ingin dicapai sering disebut . . . .
A.    pameran
B.     sarasehan
C.     perencanaan
D.    seminar
E.     perkiraan

5.      Kegiatan persiapan dalam kegiatan pameran salah satunya yaitu mengumpulkan hasil seni rupa terapan dan seni rupa murni. Untuk memudahkan kegiatan tersebut, hasil karya sanggup dikelompokkan menurut . . . .
A.    dimensi, ukuran, dan tema
B.     ukuran dan tema
C.     urutan yang lebih dulu mengumpulkan
D.    usia karyanya
E.     dua atau tiga dimensi

6.      Salah satu kelengkapan pameran yang menjelaskan jenis karya, jumlah peserta, identitas peserta, dan identitas karya adalah….
A.    baliho
B.     spanduk
C.     label
D.    plakat
E.     katalog

7.      Kegiatan menghargai, menilai, menyadari, dan mengerti dalam karya seni rupa disebut….
A.    sarasehan
B.     pameran
C.     apresiasi
D.    kritik Jurnalistik
E.     kritik seni

8.      Mengkritik suatu karya seni melalui koran atau majalah biasanya ketika kegiatan pameran sedang berlangsung disebut kritik . . . .
A.    jurnalistik
B.     populer
C.     ilmiah
D.    pedagogik
E.     seni

9.      Kritik yang memperlihatkan nilai positif  bagi perupa atau seniman dalam menuangkan gagasan-gagasannya ke dalam karya seni di masa yang akan tiba dilengkapi dengan data-data lengkap dan hasil penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan disebut . . . .
A.    kritik jurnalistik
B.     kritik terkenal
C.     kritik ilmiah
D.    kritik pedagogik
E.     kritik seni

10.  Apresiasi yang menyangkut aspek-aspek fisik karya untuk kepentingan keindahan merupakan gaya dari kritik . . . .
A.    instrinsik
B.     ilmiah
C.     ekstrinsik
D.    populer
E.     pedadogik

11.  Jarak nada yang berbeda-beda antara nada satu dan nada lainnya disebut . . . .
A.    pentatonis
B.     pelog
C.     interval
D.    diatonis
E.     slendro

12.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
(1) Memberikan perbedaan antara gerak tari satu dan gerak tari lainnya.
(2) Dapat menginterpretasikan makna setiap gerakan.
(3) Didukung oleh musik semoga pemaknaannya jelas.

Penjelasan tersebut merupakan klarifikasi musik iringan tari sebagai . . . .
A.    pengatur gerak tari
B.     penegas gerak tari
C.     pembentuk huruf tari
D.    penentu tempo tari
E.     penguat huruf tari

13.  Tarian dari kawasan Minangkabau yang menyeritakan senda gurau pasangan adalah….
A.    tari gambyong
B.     tari jaipong
C.     tari gandrung
D.    tari payung
E.     tari merak

14.  Perhatikan corak melodi berikut.
(1)   Melodi didominasi dengan nada-na da yang kuat.
(2)   Disajikan dengan tempo yang agak ce at
(3)   Disajikan dengan instrumen yang berkarakter uat.
Corak melodi yang dimaksud adalah  karakter….
A.     agung atau gagah
B.     heroik
C.     tenang
D.    sedih
E.     dinamis

15.  Musik yang dilantunkan untuk membuat penonton seakan-akan turut mencicipi kesedihan pemain teater merupakan fungsi Ilustrasi pertunjukan teater sebagai….
A.    memberikan latar belakang
B.     memberikan pementingan
C.     memberikan penguatan pada alur dongeng
D.    memberikan warna psikologis
E.     musik pembuka

16.  Kecapi Sunda, siteran Jawa, dan rebab di Padang merupakan alat musik dengan bentuk sajian . . . .
A.    tunggal
B.     duet
C.     kelompok besar
D.    pasangan
E.     kelompok kecil

17.  Musik pada masyarakat yang dinamis cenderung mengekspresikan gaya yang dinamis pula. Hal tersebut merupakan referensi konsep musik khas dari . . . .
A.    penggunaan nada dan tangga nada
B.     dipelajari secara ekspresi
C.     cerminan dari budaya setempat
D.    bersifat kedaerahan
E.     tidak terspesialisasi

18.  Penggunaan instrumen yang sanggup dimainkan dalam skala besar disebut . . . .
A.    vokalia
B.     instrumentalia
C.     campuran
D.    orkestra
E.     solo tunggal
19.  Perhatikan referensi pengambilan data berikut.
(1) Jenis music.
(2) Gungsi.
(3) Bentuk fisik alat musik.
(4) Bentuk sajian pertunjukan.
 (5) Tangga nada.
(6) Durasi waktu.
Jenis pengambilan data yang termasuk ke dalam deskripsi ditunjukan oleh….
A.    (1), (2), dan (3)
B.     (2), (4), dan (6)
C.     (3), (4), dan (5)
D.    (3). (5), dan (6)
E.     (4), (5), dan (6)

20.  Instrumennya terdiri atas balungan 6 buah, bonang 1 buah, dan bedhug 1 buah. Pernyataan tersebut merupakan referensi penulisan dari aspek….
A.    nama musik tradisional
B.     deskripsi
C.     analisis
D.    jenis sajian
E.     fungsi

21.  Kengser, trisig dan tayungan merupakan jenis dari gerak . . . .
A.    tangan
B.     badan
C.     perut
D.    kaki
E.     kepala

22.  Perhatikan ciri-ciri tarian berikut.
(1) Dilakukan dengan posisi duduk sambil menyanyi.
(3) Gerakan sanggup berhenti tiba-tiba dan diulang kembali dengan tempo yang sangat cepat.
Tarian yang dimaksud yaitu . . . .
A.    tari Betawi
B.     tari Jawa Timuran
C.     tari Sunda
D.    tari Bali
E.     tari Aceh
23.  Tarian yang mempunyai gerakan goyang pinggul yaitu . . . .
A.    tari Betawi
B.     tari Jawa Timuran
C.     tari Sunda/jaipong
D.    tari Bali
E.     tari Aceh

24.  Perhatikan ciri khas tarian berikut.
(1) Kerincing kaki.
(2) Kostum kain lereng.
(3) Hiasan dari burung enggang.
(4) Menggunakan daun rumbia.
(5) Kaus loreng ala warok.
(6) Baju dengan ruffle.
Ciri khas tarian dari Jawa Timur ditunjukkan oleh nomor
A.    (1) dan (5)
B.     (2) dan (4)
C.     (3) dan (5)
D.    (4) dan (6)
E.     (5) dan (6)

25.  Silang caping dalam uraian gerak pada tari upadi diatur dengan komposisi….
A.    membuat angka 8 tidur
B.     putar kanan di tempat
C.     berputar di tempat
D.    menghadap depan
E.     arah 4 sudut, terakhir ke arah depan

26.  Tarian yang pada awalnya merupakan tari pemujaan dan banyak diperagakan di pura serta melambangkan turunnya dewata ke alam dunia adalah….
A.    tari Kecak
B.     tari Barong
C.     tari Sanghyang
D.    tari Pendet
E.     tari Hudoq

27.  Perhatikan contoh tari berikut.
(1) tari Pendet
(2) tari Sebiang
(3) tari Gending Sriwijaya
(4) tari Sanghyang
(5) tari Pakarena
(6) tari Lawung Ageng

Tarian yang termasuk dalam fungsi upacara budpekerti ditunjukkan oleh nomor . . . .
A.    (1) dan (4)
B.     (1) dan (6)
C.     (2) dan (4)
D.    (2) dan (5)
E.     (3) dan (6)

28.  Tari Bedhaya Ketawang mempunyai fungsi sebagai….
A.    upacara panggih pengantin
B.     ungkapan rasa syukur
C.     ulang tahun raja/penobatan
D.    permohonan semoga panen banyak
E.     pertunjukan atau tontonan

29.  Tari Barangan, tari Lantaran, dan tari Gandrung Banyuwangi merupakan perkembangan fungsi tari sebagai….
A.    tari untuk industri pariwisata
B.     pengisi program atau selingan
C.     menumbuhkan rasa percaya diri
D.    tari untuk festival/Iomba
E.     media berguru tata krama

30.  Perhatikan iangkah-iangkah berikut.
(1) menciptakan deskripsi awal ihwal tarian.
(2) menentukan salah satu jenis tari.
(3) menganalisis yang bersifat teknis.
(4) menganalisis makna.
(5) mengungkapkan segala kekurangan dan kelebihan.
(6) menciptakan deskripsi umum.
Susunan yang benar dalam menganalisis tari tradisi yaitu ….
A.    (1), (2). (3), (4), (5), (6)
B.     (2). (1). (3). (6), (4). (5)
C.     (2), (1), (3), (6). (5). (4)
D.    (2). (1), (6), (3), (4), (5)
E.     (2), (1), (6), (3), (5), (4)

31.  Naskah lakon harus memancing perhatian penonton atau masyarakat termasuk nilai….
A.    filosofis
B.     komersial
C.     etika
D.    artistik
E.     etis

32.  Potensi dirinya dalam berteater mempunyai arti sebagai . . . .
A.    memiliki tubuh yang elastis dan gampang diarahkan
B.     memiliki kepekaan terhadap lingkungan
C.     melibatkan semua pancaindra
D.    melibatkan perasaan yang bermacam-macam
E.     penjiwaan yang melebur dengan tokoh yang diperankan

33.  Semua anggota duduk melingkar, kemudian membaca bergiliran tanpa mempertimbangkan tugas merupakan persiapan pementasan dikala . . . .
A.    membaca naskah
B.     merancang blocking
C.     membaca berangkai
D.    menghafal obrolan
E.     stop and go

34.  Penempatan bintang film yang simetris atau asimetris dalam pertunjukan panggung termasuk dalam . . . .
A.    blocking
B.     balancing
C.     tingkatan
D.    leveling
E.     fokus

35.  Tujuan dilakukannya dress rehearsal dikala mempersiapkan pertunjukan teater yaitu . . .
A.    melengkapi persyaratan pertunjukan
B.     melihat proses latihan
C.     mengumpulkan para pemain
D.    memberikan nuansa yang bergotong-royong
E.     memantapkan latihan

36.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
(1)   jalan dongeng dalam naskah teater.
(2)   menentukan pokok-pokok penafsiran naskah.
(3)   orang yang memperagakan cerita.
(4)   melatih pemain.
Pernyataan yang termasuk ke dalam unsur sutradara ditunjukkan oleh nomor . . . .
A.    (1) dan (2)
B.     (1) dan (3)
C.     (2) dan (3)
D.    (2) dan (4)
E.     (3) dan (4)

37.  Berikut ini beberapa unsur teater yang benar dan termasuk pada pendukung adalah….
A.    arena panggung, properti, dan pemain
B.     tata busana, sutradara, dan naskah
C.     tata rias, tata cahaya, dan tata bunyi
D.    properti, tata panggung, dan penonton
E.     sutradara, naskah, dan pemain

38.  Maksud dari tata panggung proscenium yaitu . . . .
A.    memiliki arah hadap penonton dari banyak sekali arah
B.     memiliki satu arah hadap penonton
C.     dekorasi panggung dengan menggambarkan kenyataan
D.    panggung yang sanggup berputar
E.     panggung tanpa menggambarkan latar belakang

39.  Pengaturan tingkat intensitas serta pemilihan sisi gelap dan terang merupakan upaya yang dilakukan untuk memunculkan….
A.    penerangan
B.     pemilihan
C.      atmosfer
D.    dimensi
E.     penyinaran

40.  Peralatan yang biasa dipakai sebagai penguat bunyi yaitu . . . .
A.    mixer, equalizer, dan effect unit
B.     amplifier
C.     headphone
D.    microphone player
E.     loudspeaker

Dan untuk Soal  lengkap Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Plus Kunci Jawabannya, silahkan klik link di bawah untuk mendownload! 



Demikian referensi Lengkap Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Plus Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lengkap Soal Ujian Pat Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Plus Kunci Jawaban"

Post a Comment