Manfaat Dan Ancaman Sinar Matahari Siang Bagi Tubuh

Namecheap.com Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Siang bagi Tubuh_Sebagian orang lebih menentukan untuk menghindari terkena sengatan sinar matahari sebab takut kulit mereka menjadi gelap. Bahkan untuk menanggulangi kondisi tersebut, saat hendak bepergian keluar,  mereka menyiapkan sunblock supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Namun tahukah Anda, bahwa paparan sinar matahari pada siang hari juga menyimpan beberapa manfaat bagi badan kita.

Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Siang bagi Tubuh

A. Manfaat Sinar Matahari Siang bagi Tubuh

1. Sumber Vitamin D bagi Tubuh
Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa badan kita membutuhkan setidaknya 400 IU (International Unit) Vitamin D dalam kurun waktu sehari. Nah salah satu cara memenuhi kebutuhan tersebut cukup mudah. Anda hanya perlu menghadap sinar matahari selama 5 menit saja dalam sehari.

2. Mengurangi Kolesterol di dalam darah
Sinar UV matahari bisa mengubah kolesterol menjadi vitamin D yang baik bagi tubuh. Kolesterol tersebut akan keluar dari kulit dan nantinya diubah jadi vitamin D. Kaprikornus kalau ini dilakukan secara rutin bukan mustahil kalau kadar  kolesterol Anda akan normal kembali.

3. Menurunkan kadar gula darah
Sinar matahari bisa merangsang badan untuk mengbah glukosa menjadi glikogen yang nantinya disimpan dalam hati dan otot. Nah kegiatan inilah yang bisa menurunkan kadar gula yang ada dalam badan Anda.

4. Tubuh menjadi Bugar
Manfaat lain yang sanggup ditemukan dari sinar matahari bekerjsama ia sanggup meningkatkan kapasitas darah sehingga memungkinkan untuk membawa oksigen masuk ke seluruh sel dalam badan Anda. Hal ini mengakibatkan badan menjadi lebih bugar dan sehat.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh
Sinar matahari ternyata juga mempunyai kemampuan menambah sel darah putih, di antaranya yaitu limfosit. Limfosit inilah yang berkhasiat untuk menyerang penyakit. Oleh sebab itu, untuk mengoptimalkan manfaat ini, Anda sanggup mulai berjemur selama 10 menit di bawah sinar matahari. Jika Anda melaksanakan hal tersebut, maka Anda telah bisa menurunkan prosentase resiko terkena flu sebanyak 30 hingga 40%
Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Siang bagi Tubuh Manfaat dan Bahaya Sinar Matahari Siang bagi Tubuh
B. Bahaya Sinar Matahari Siang Bagi Tubuh

1. Penyakit Kulit
Sinar Matahari mengandung tiga jenis sinar ultra violet (UV) yaitu UVA, UVB, dan UVC. Masing-masing sinar ini mempunyai efek yang berbeda kalau terkena badan kita dalam kurun waktu yang cukup lama.

Radiasi UVA sanggup mengakibatkan kulit berkerut, penuaan dini serta kulit memerahkaren gatal-gatal. Radiasi UVB sanggup mengakibatkan kulit terbakar dan bisa memicu penyakit kanker kulit. Pengaruh Radiasi UVC lebih berbahaya dibandingkan dengan dua jenis sinar sebelumnya. Radiasi UVC ini sanggup mengakibatkan mutasi DNA yang nantinya memicu penyakit kelainan genetik.

2. Penyakit Katarak
Seorang Dokter mata yang berasal dari Royal Collage yakni Simon Kelly memberi peringatan ihwal bahayanya menatap sinar ultra violet secara pribadi dalam kurun waktu yang lama. Melakukan hal tersebut sanggup melukai retina mata dan akan mengakibatkan penyakit katarak. Oleh sebab itu untuk menanggulangi supaya tidak hingga hal itu terjadi, gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata Anda.

3. Rambut Menjadi Rusak
Berjemur di bawah sinar matahari tanpa memakai pelindung kepala ternyata juga bisa merusak rambut Anda dan mengakibatkan rambut menjadi rusak serta berwarna merah.

4. Dehidrasi
Ketika Anda melaksanakan kegiatan di bawah terik matahari dalam kurun waktu yang lama, badan Anda tentunya banyak mengeluarkan cairan keringat. Nah kalau hal ini dibiarkan terus menerus, maka usang kelamaan cairan badan Anda akan kekurangan cairan dan mengakibatkan Anda terkena dehidrasi.

Nah, melalui klarifikasi di atas, kita sanggup mengambil kesimpulan bahwa sinar matahari pada siang hari mempunyai manfaat yang cukup besar bagi badan asal badan kita tidak terlalu usang terkena sinar matahari siang tersebut.

Namun kalau Anda berjemur di bawah terik matahari dalam kurun waktu yang lama, justru yang Anda dapatkan ialah penyakit yang sanggup merusak badan Anda. Oleh sebab itu sikapilah hal ini dengan bijak dengan memanfaatkan sumber daya alam yakni sinar matahari dalam kurun waktu yang tepat. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Dan Ancaman Sinar Matahari Siang Bagi Tubuh"

  1. Izin ya admin..:)
    Halloo kami dari ARENADOMINO ingin mengajak anda semua pecinta games poker untuk bermain disini permainan fairplay menanti anda semua dan 100% no robot player vs player
    yuk silahkan langsung bermain dengan kami proses mudah cepat dan nyaman jika kesulitan dalam pendaftaran dapat juga dibantu ya bisa dari live chat ataupun dari WA +855 96 4967353 silahkan ..

    ReplyDelete