Fungsi Penting Helm Bagi Pengendara/Pengemudi Sepeda Motor Yang Sering Diabaikan

Namecheap.com
Fungsi Helm bagi Pengendara-Pengemudi Sepeda Motor_Menurut Wikipedia, Helm ialah bentuk derma badan yang dikenakan di kepala dan biasanya dibentuk dari metal atau materi keras lainnya menyerupai kevlar, serat resin, atau plastik. Sebagai salah satu alat pelindung kepala, tentunya helm berguna yang sangat penting bagi semua pengendara sepeda motor.

Di jalan raya, dimana kecelakaan kemudian lintas kerap terjadi, masih sering kita jumpai adanya pengendara sepeda motor yang berkendara tanpa menggunakan helm. Banyak alasan yang sering kita dengar mengenai kenapa ada orang yang enggan mengenakan helm ketika berkendara, mulai dari merasa ribet, ganteng atau cantiknya tak terlihat alasannya ialah tertutup helm, mau pakai helm kalau kalau ada operasi polisi kemudian lintas di jalan raya, gak sanggup gaya, hingga alasannya ialah punya kenalan Polisi yang sanggup dijadikan backing ketika kena tilang.

Alasan-alasan yang disampaikan bergotong-royong sangat jauh dari kebaikan, baik bagi diri pengemudi sendiri maupun keselamatan orang lain. Hal ini boleh jadi alasannya ialah seseorang yang menggunakan alasan tersebut, tidak atau belum tahu akan fungsi penting helm ketika mengendarai sepeda motor di jalan raya. Dan/atau mungkin sudah mengetahui fungsi helm, namun mereka mengabaikannya.
Helm ialah bentuk derma badan yang dikenakan di kepala dan biasanya dibentuk dari me Fungsi Penting Helm bagi Pengendara/Pengemudi Sepeda Motor yang Sering Diabaikan
Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja fungsi penting helm bagi seorang pengendara sepeda motor, berikut diantaranya :

1. Melindungi kepala pengendara ketika terjadi kecelakaan
Saat terjadi kecelakaan yang menjadikan pengendara sepeda motor jatuh bahkan terlempar, helm yang digunakan akan melindungi kepala pengendara dari benturan keras dengan aspal, batu, besi, pohon dan lainnya. Jadi, menggunakan helm bukanlah sekedar soal biar tak kena tilang, tapi persoalan keselamatan nyawa pengendara sendiri.

2. Melindungi mata dari debu, angin dan cahaya Matahari
Penutup transparan pada bab depan helm mempunyai fungsi yang tak kalah penting, yaitu melindungi mata pengendara sepeda motor dari abu atau kotoran, badai dan cahaya Matahari yang menyilaukan mata pengendara. Bayangkan kalau ada pengendara sepeda motor yang pandangannya terganggu alasannya ialah matanya terkena abu atau pasir, ia kemudian kehilangan kendali dan menabrak pengemudi sepeda motor lainnya atau bahkan pejalan kaki. Resiko dari mengabaikan penggunaan helm tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Helm ialah bentuk derma badan yang dikenakan di kepala dan biasanya dibentuk dari me Fungsi Penting Helm bagi Pengendara/Pengemudi Sepeda Motor yang Sering Diabaikan

3. Melindungi kepada pengendara dari panas dan hujan
Helm juga sanggup memperlihatkan rasa nyaman ketika berkendara, alasannya ialah helm sanggup melindungi kepala pengendara dari teriknya panas Matahari dan guyuran hujan deras. Jika ada yang berpikir bahwa menggunakan helm itu ribet, maka bergotong-royong helm justru memperlihatkan rasa nyaman ketika berkendara.

4. Mengurangi resiko menghirup asap, debu, dan kotoran di udara
Jalan raya ketika ini penuh sesak dengan banyak sekali jenis kendaraan bermotor, ini artinya, polusi udara yang diakibatkan oleh asap kendaraan juga jauh meningkat. Dengan menggunakan  helm, bab wajah kita termasuk hidung, akan dilindungi oleh epilog transparan pada helm yang membantu mengurangi resiko menghirup asap, abu dan kotoran di udara yang sanggup membahayakan terusan pernafasan serta paru-paru.

5. Mencegah terkena tilang 
Sebenarnya, hukum yang mewajibkan pengendara sepeda motor untuk menggunakan helm, dibentuk untuk kepentingan keselamatan sang pengendara. Kewajiban menggunakan helm bagi pengendara sepeda motor dicetuskan pertama kali oleh Kepala Kepolisian RI ke-5 yaitu Bpk. Hoegeng Imam Santoso, yang kemudian ditetapkan secara resmi di dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 1992. Razia tertib berlalu lintas, termasuk dalam hal penggunaan helm sering dilakukan oleh Polisi Lalu Lintas. Tilang (kependekan dari : tindakan langsung) ialah hukuman yang dikenakan bagi para pengemudi sepeda motor yang tidak mematuhi hukum atau tata tertib berlalu lintas. Dengan menggunakan helm, selain mendapat banyak manfaat dari penggunaannya, juga menghindarkan pengendara dari terkena tilang yang sering mengganggu kelancaran beraktivitas.

Dari sederet fungsi penting helm yang telah kita simak, masihkah kita akan mengabaikan penggunaan helm?. Dengan nalar yang baik, kita tentu akan menyakini bahwa : "memakai helm bukanlah sebuah kewajiban, tapi sebuah kebutuhan".

Demikian artikel wacana fungsi penting helm yang sering diabaikan oleh pengguna sepeda motor. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Fungsi Penting Helm Bagi Pengendara/Pengemudi Sepeda Motor Yang Sering Diabaikan"

  1. Izin ya admin..:)
    Hadir dan Menangkan hadiah nya tempat bermain poker 8 game dengan hanya 1 userid saja sudah bisa menikmati permainan kami di arenadomino(com)
    silahkan langsung daftarkan diri anda bersama kami dengan pelayanan 24jam dan proses cepat yang kami berikan untuk kenyamanan anda semua dalam bermain di tempat kami segera bergabung peluang menang menunggu anda...
    WA +855 96 4967353

    ReplyDelete