11 Jurusan Kuliah Yang Sempurna Dan Menjanjikan Bagi Anak Lulusan Sma Ipa

Namecheap.com Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Lulusan Sekolah Menengan Atas IPA_Ketika gres lulus SMP/MTs, bawah umur lulusan Sekolah Menengah Pertama pada umumnya sudah merencanakan apakah mau masuk SMA/MA dan/atau masuk SMK. Biasanya juga, mereka sudah mulai berpikir, contohnya bila masuk Sekolah Menengan Atas IPA nanti sehabis lulus akan masuk kuliah jurusan apa.  Sebenarnya sih baik lulusan Sekolah Menengan Atas IPA maupun IPS itu sama-sama banyak peluang bagus untuk eksklusif bekerja maupun akan melanjutkan ke sekolah tinggi tinggi. Namun, yang sering dilakukan yakni masuk Sekolah Menengan Atas lantaran niatnya nantinya akan kuliah. Sedangkan lulusan Sekolah Menengah Pertama yang menentukan SMK, umumnya niatnya akan eksklusif mencari pekerjaan, apabila telah lulus SMK. Nah itu niatan awal, adapun sehabis lulus SMA/SMK tentunya bisa berubah pikiran.

Bagi lulusan Sekolah Menengah kejuruan  yang mau eksklusif bekerja mungkin lebih berpeluang, lantaran banyak perusahaan milik  pemerintah maupun swasta yang merekrut mereka bahkan semenjak di kursi kelas XII. Dari agenda magang yang telah dibentuk oleh sekolah mereka terseleksi secara alami.. sehingga ketika lulus mereka sanggup eksklusif kerja dan banyak yang mendapatkan akomodasi untuk melanjutkan kuliah.
Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak Lulusan Sekolah Menengan Atas IPA 11 Jurusan Kuliah yang Tepat dan Menjanjikan bagi Anak Lulusan Sekolah Menengan Atas IPA
Ya, bawah umur ini yakni  sebagian dari mereka yang beruntung. Mereka bisa bekerja mendapatkan honor dan sekolah dengan biaya perusahaan. Namun, bukan berarti para lulusan Sekolah Menengan Atas IPA tidak punya peluang bagus, lantaran banyak juga perusahaan yang membutuhkan karyawan dari lulusan SMA. Nah untuk Sekolah Menengan Atas IPS bagaimana?, nah bagi Anda lulusan Sekolah Menengan Atas IPS, tidak perlu berkecil hati lantaran kini mulai banyak juga perusahaan yang menerimanya.

Pembahasan kita kali ini bukan pada lulusan SMK, tapi lebih spesifik lagi pada lulusan Sekolah Menengan Atas IPA, yang masih ragu hendak ke mana.  Akan tetapi sebelum dilanjutkan  perlu diketahui dulu apa motivasi melanjutkan kuliah.  Berkumpul dengan teman sekelas,  bertemu pacar atau bersatu lagi dengan geng waktu SMA, mungkin itu salah satu motivasinya. Tapi motivasi ibarat itu terperinci keliru, alasannya yakni bila seorang mahasiswa tak mempunyai passion yang baik dalam kuliah , ia akan berhenti di tengah jalan dan gagallah rencananya untuk menggapai masa depan.

Melanjutkan kuliah pada bidang yang disenangi dan diminati yakni motivasi utama bagi seorang mahasiswa. Dengan ini seorang mahasiswa tidak akan mengeluh ketika meghadapi kesulitan  dan menganggapnya sebagai tantangan untuk meraih masa depan.

Berikut ini yakni daftar jurusan perkuliahan yang diyakini bisa mengarahkan mahasiswa menuju gerbang kesuksesan di masa datang.

1. Kedokteran
“Cita-citaku kepengin jadi dokter” begitu lagu yang dinyanyikan oleh boneka Susan besutan Ria Enes, seniman berbakat asal Surabaya yang nge-hits pada periode 90-an. Setelah kita arif balig cukup akal gres tahu bahwa profesi dokter sangat dibutuhkan.

Tiap hari banyak orang sakit dan terjangkit penyakit (walaupun ini bukan harapan masyarakat Indonesia, tentunya). Bahkan iklan obat pun mempunyai jargon khusus yaitu “bila sakit berlanjut hubungi dokter” Pertanyaannya, mengapa tidak disuruh menghubungi yang lain ya? Misalnya pak lurah atau pak RT? ha ha ha

Memang dengan segala proses dan perjalanan yang memakan waktu panjang, bahkan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, profesi dokter mempunyai proses yang sangat cerah.

Saat ini saja  sedang booming dokter andal bedah kecantikan yang kehadirannya sangat ditungggu oleh masyarakat. Apalagi dokter  spesialis anak, mata, kandungan, penyakit dalam ,dan specialis yang lain tak kalah pentingnya.

Kalau  tidak ingin melanjutkan pendidikannya,  seorang dokter masih bisa menentukan menjadi dokter umum.  Ia bisa buka praktek klinik kesehatan, menjadi staff di rumah sakit, atau  menjadi konsultan kesehatan.

2. Guru
Kenapa si Boneka Susan tidak menjawab dengan balasan "Susan pengin jadi Guru"?, ya ya tampaknya sudah mendarah daging di kalangan anak kecil Indonesia semenjak zaman nenek moyang, sehingga sangat umum ketika anak kecil ditanya perihal cita-citanya, maka jawabannya  adalah ingin menjadi dokter, tentara, polisi, dan kadang ada yang eksklusif jawab ingin jadi orang kaya. he he.

Hmmm, alasan yang punya anak kecil pada zaman sebelum periode tahun 2006/2007 jarang yang mengarahkan anaknya menjadi guru dikarenakan memang sebelum tahun itu, bisa dikatakan honor PNS Guru relatif pas-pasan. Nah, apalagi bagi Guru Tidak Tetap yang ketika itu lebih banyak didominasi masih di bawah 100 ribu, dan bagi GWB atau guru honorer pun hingga kini pun honornya masih  antara 200 ribu hingga sekitar 700 ribu per bulan.

Namun, jangan mengecilkan keniatan Anda, bila Anda memang niat menjadi Guru, lantaran semenjak tahun 2006/2007 pemerintah telah mempunyai agenda Sertifikasi Guru, di mana bagi Guru Non PNS bertitle Sarjana yang bertugas di sekolahan swasata bisa punya honor yang tidak mengecewakan banyak. Terlebih bagi Guru PNS, maka selain honor bulanan, juga mendapat pemberian sertifikasi guru yang jumlahnya sama dengan honor pokok, nah kan berlipat-lipat gajiannya. Belum lagi bagi PNS juga berhak mendapatkan honor ke-13 dan honor ke-14/THR.

Ahaa, apakah nyambung lulusan Sekolah Menengan Atas IPA kok masuk kuliah jurusan guru yakni masuk Universitas/Institut/Perguruan Tinggi ,,,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ???

Ya tentunya nyambung banget, Anda bisa ambil kuliah jurusan guru mapel IPA, yang nantinya Anda bisa jadi Guru Mapel IPA di SMP/SMA. Dan lebih mantap lagi Anda melanjutkan kuliah ke jenjang S2/S3 supaya bisa menjadi Dosen.

Selain itu, Anda juga bisa masuk jurusan Guru Kelas SD, di mana peluang untuk menjadi Guru PNS nantinya lebih berpeluang bagi para Guru SD dengan alasan yang sangat terperinci yakni jumlah sekolahan SD niscaya lebih banyak dibanding  sekolahan SMP/SMA, sehingga kebutuhan Guru Kelas SD tentunya lebih banyak juga.

Hmm, itu rumusan perihal honor bila Anda ingin jadi Guru. Adapun rumus utamanya yakni bila Anda jadi guru, maka Anda termasuk orang yang ikut mencerdaskan anak bangsa. Yang barang tentu, ilmu Anda akan lebih bermanfaat.

3. MIPA
Jurusan ini tampaknya menampung orang-orang yang super brillian. Tugas banyak sekali mata kuliah yang berkutat pada hitungan angka dan rumus-rumus, akan menciptakan para mahasiswa piawai dalam menciptakan formulasi dengan hitungan-hitungan yang tepat. Banyak industri besar yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Pertambangan dan perminyakan yakni salah satunya.

4. Teknik Sipil
Kalau  zaman dahulu, para lulusan jurusan ini bertitel Ir/Insinyur. Mencetak andal tata bangunan dan tata ruang profesional. Dari jurusan ini didapat  orang-orang yang cerdik mengakumulasi  setiap bidang bangunan. Dari ukuran, RAB, kekuatan bangunan dengan bahan-bahan tertentu. Bahkan mereka bisa menciptakan sebuah prediksi perihal umur sebuah bangunan  bila memakai materi tertentu. Lapangan kerja dari output jurusan ini sangat luas. Contoh yang paling gampang yakni sebagai kontraktor dan Arsitek. Apalagi pemerintah Indonesia ketika ini sedang giat-giatnya melaksanakan agenda pembangunan fisik, ibarat jembatan, jalan raya, dan sebagainya. Prospek kalian di jurusan ini sudah terlihat sangat cerah.

5. Teknik Elektro
Apakah anda tidak takut strum? Ya, di jurusan ini  hampir semuanya berafiliasi dengan arus listrik. Gelombang atau frekwensi yang mengalir lewat pantulan satelit dan disalurkan lewat  serat optic maupun pada menara-menara BTS, berawal pembelajarannya dari sini. Di masa lampau orang-orang hanya mengenal  televise dan radio, tapi dari hasil pengembangan teknologi, muncul perangkat-perangkat gres yang lebih berdaya guna. Kalau Anda lulus dari jurusan ini selain jadi ilmuwan teknik, Anda juga berkesempatan menjadi operator dan Vendor ternama.

6. Teknik Mesin
Pernahkah anda berpikir bagaimana kendaraan yang Anda tumpangi baik  roda dua maupun roda empat bisa terwujud  sampai sekarang? Setiap  mesin mempunyai bagian-bagian rumit   yang fungsinya terkait satu sama lain.

Hadirnya mobil-mobil baru, alat-alat pabrik yang super cangggih, juga alat-alat multiguna yang berbasis mesin, diciptakan oleh orang-orang piawai dari jurusan ini.

Mengenal alat-alat yang sudah ada, meneliti, lalu mengembangkannya yakni kiprah dari mahasiswa dari teknik mesin.Bekerja sama dengan jurusan lain, para mahasiswa dari jurusan ini dicetak untuk menjadi andal  mesin yang handal.

Teknisi dan karyawan industry yakni pekerjaan bermasa depan cerah yang sudah menanti anda bila lulus dari jurusan ini

7. Teknik Komputer dan Teknik Informatika
Ini yakni jurusan yang paling menjanjikan di periode informasi global ibarat ini. Keberadaan alat super canggih berjulukan smart phone takkan mengurangi fungsi dari jurusan ini. Bahkan semakin melebarkan lapangan pekerjaan. Mempelajari kode-kode script, menggabungkannya, lalu menciptakan formula gres dalam penerapannya itu bukan pekerjaan mudah. Meskipun untuk ketika ini dengan alat yang berbasis internet semua bisa diwujudkan dalam sekali sentuh. Tapi semua itu takkan berfungsi dengan baik tanpa kiprah orang-orang  yang andal dalam bidang ini.

Kebutuhan masyarakat luas dengan adanya teknologi informasi menciptakan  para lulusan jurusan ini sangat laris di pasaran. Ahli IT, maintenance, web design, dan lain lain yakni lapangan pekerjaan yang sangat menjanjikan.

8. Teknik Nuklir
Apa yang terbayang ketika mendengar kata ini? Hirosima dan Nagasaki yang dibom oleh Amerika pada perang dunia kedua yang menciptakan jepang hengkang dari Indonesia?. Atau Anda membayangkan reactor Nuklir di Chernobil yang meledak dan radiasinya telah menewaskan banyak orang? Oh no. Kita tidak membahas perihal itu. Ini yakni jurusan yang sedang diharapkan oleh negeri ini, tapi peminatnya sangat sedikit. Satu-satunya sekolah tinggi tinggi yang membuka jurusan ini di Indonesia gres UGM. Karena jarang peminatnya sudah niscaya ahli-ahli dalam bidang ini akan dilirik banyak orang.

9. Desain Komunikasi  Visual Interior dan Arsitek
Kalau Anda melihat sebuah bangunan yang menarik, mempunyai nilai seni yang sangat tinggi, berdiri kokoh dan ibarat bisa berkomunikasi itu yakni hasil kerja orang-orang yang andal dalam bidang ini.

Para mahasiswa yang kuliah di bidang ini biasanya memang bawah umur cerdas. Yang bisa menciptakan imajinasi menjadi nyata. Lapangan pekerjaannya sangat luas, dan ketika kuliah banyak yang sudah mulai bekerja secara freelance . Dan sehabis kuliah simpulan gres mereka bekerja pada perusahaan yang sebenarnya. Kalau anda berminat , kuliah di bidang ini akan menciptakan anda populer dengan hasil karya anda. Menjanjikan bukan?

10.  Pertanian dan Agribisnis
Kita ini hidup di negeri agraris, mitra tentu masih ingat lagu kolam susu, “tanah kita tanah surga, kayu dan watu dilempar  jadi tanaman-tanaman” Intinya daratan punya negeri ini punya potensi sebagai lahan pertanian.

Ahli-ahli bidang pertanian dan teknologi pangan sangat dibutuhkan. Banyak petani tapi kita masih kekurangan andal dalam bidang pertanian. Dan tentu saja hal ini menciptakan para lulusan Pertanian dan agribisnis akan sangat dinantikan kiprahnya oleh masyarakat luas.

11. Farmasi
Tiap hari banyak orang sakit. Semuanya butuh obat. Ahli farmasi bertanggung jawab menciptakan obat yang akan mengendalikan penyakit. Industri obat sangat membutuhkan para andal Farmasi. Dan lapangan pekerjaan dari lulusan ini akan diterima mulai dari apoteker, pembuat formulasi obat di pabrik-pabrik. Bahkan berpeluang mendirikan perjuangan peramu  obat. Semua orang sangat membutuhkan hal  ini, sehingga para lulusan Farmasi akan memperoleh pekerjaan yang sangat baik.

11 jurusan di atas meruapakan sebagian teladan  jurusan yang bisa diambil ketika Anda lulus Sekolah Menengan Atas IPA nanti. Masih banyak jurusan yang lain yang juga bagus untuk Anak IPA. Yang penting apapun jurusanya, sesuaikan dengan talenta dan minat yang Anda miliki. Agar masa depan hening  sejahtera bisa dimiliki.

Ini  sekedar acuan bagi Anda yang ketika ini sedang berfikir dan mencari jurusan apakah yang akan diambil ketika daftar kuliah nanti. Semoga goresan pena ini menginspirasi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "11 Jurusan Kuliah Yang Sempurna Dan Menjanjikan Bagi Anak Lulusan Sma Ipa"

  1. Izin ya admin..:)
    Suntuk di rumah yuk gabung dan menangkan permainan kartu bersama kami hanya di ARENADOMINO 9 game kami sediakan untuk kalian semua so tunggu ap lagi yukk... WA +855 96 4967353

    ReplyDelete