A. Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) ialah pembelajaran yang memakai problem nyata sehari-hari (otentik) yang bersifat terbuka (open-ended) untuk diselesaikan oleh akseptor didik dalam rangka berbagi keterampilan berpikir, keterampilan menuntaskan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk mencar ilmu mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Pemilihan problem nyata tersebut dilakukan atas pertimbangan kesesuaiannya dengan pencapaian kompetensi dasar.
B. Contoh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Contoh problem nyata yang sanggup dipakai dalam Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran matematika: Dalam keadaan darurat seseorang harus diselamatkan melalui pintu jendela yang tingginya 4m dengan memakai tangga. Dengan pertimbangan keselamatan, tangga tersebut harus ditempatkan minimum 1m dari dasar bangunan. Berapa panjang tangga yang mungkin?
C. Tujuan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Tujuan utama Pembelajaran Berbasis Masalah ialah berbagi keterampilan menuntaskan masalah, keterampilan berpikir, keterampilan sosial, keterampilan untuk mencar ilmu mandiri, dan membentuk atau memperoleh pengetahuan baru.
D. Prinsip Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
1. Penggunaan problem nyata (otentik)
2. Berpusat pada akseptor didik (student-centered)
3. Guru berperan sebagai fasilitator
4. Kolaborasi antarpeserta didik
5. Sesuai dengan paham konstruktivisme yang menekankan akseptor didik untuk secara aktif memperoleh pengetahuannya sendiri.
Demikian tentang Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Prinsip Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Semoga bermanfaat.
0 Response to "Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Dilema (Problem Based Learning) Beserta Contoh, Tujuan, Dan Prinsipnya"
Post a Comment