Download Buku Acuan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berkualitas pdf
Buku Acuan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) disusun untuk membantu guru dan tenaga kependidikan PAUD semoga sanggup melaksanakan PAUD secara berkualitas.
Buku Acuan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berkualitas ini menjadi bab yang tidak terpisahkan dari sepuluh buku pedoman kurikulum, yakni: (1) Kurikulum PAUD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana; (2) Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD; (3) Pedoman Penyusunan Kurikulum KTSP PAUD; (4) Pedoman Penyusunan SOP PAUD; (5) Pedoman Penanaman Sikap PAUD; (6) Pedoman Pengelolaan Kelas PAUD; (7) Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran; (8) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; (9) Pedoman Pengelolaan Pembelajaran; dan (10) Pedoman Penilaian Pembelajaran. Terutama berkaitan dengan pengelolaan kelas.
Buku ini merupakan bab dari pengembangan potensi penerima didik anak usia dini yang terdiri atas: Gerak, Main, Olahraga, Bicara, Pamer, Lagu, dan Tari atau “Gemar Berlari”
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan buku ini. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua dan sanggup menunjukkan yang terbaik bagi kemajuan pendidikan anak usia dini.
Berikut ialah daftar isi dari buku tersebut:
Kata Pengantar ............................................................................................ iii
Daftar Isi ...................................................................................................... v
I. PENDAHULUAN........................................................................... 1
A. Untuk Apa Buku Ini? ............................................................ 1
B. Untuk Siapa Buku Ini? .......................................................... 2
C. Apa Isi Buku Ini? ................................................................... 3
D. Apa yang sanggup mendorong anak akƟf bermain sambil belajar?. 4
F. Apa yang sanggup dilakukan oleh guru untuk membantu anak aktif bermain sambil belajar? .............................................. 5
II. MULAI IKUT PAUD ...................................................................... 7
A. Cara apa dan anak yang mana yang perlu dibantu? ........... 8
B. Merencanakan Kegiatan Belajar .......................................... 11
III. PENGELOLAAN KELAS ................................................................ 13
A. Penataan Pajangan ............................................................. 14
B. Pengelolaan Kegiatan Belajar ............................................. 16
C. Belajar di Ruang Kelas ......................................................... 19
D. Belajar di Luar Kelas ............................................................ 21
Berikut ialah tautan Download Buku Acuan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berkualitas pdf:
Berikut ialah kutipan dari sebagian isi buku tersebut:
Buku ini untuk membantu guru PAUD :
• Melaksanakan acara bermain yang mengakƟŅan pembelajaran.
• Menumbuhkan kemampuan berbahasa dengan metode yang beragam
• Mendorong anak mencar ilmu bahasa lisan
• MemperhaƟkan perbedaan perseorangan
• Mengelola bermain sambil belajar
• Membuat dan memakai alat bantu mencar ilmu yang murah dan sederhana
• Menggunakan pengalaman anak dan lingkungan sebagai sumber belajar
• Mengaitkan bahasa Indonesia dengan banyak sekali bidang pengembangan lain.
Buku ini akan membantu guru merencanakan acara belajar-mengajar untuk anak usia dini. Di dalamnya akan disajikan bagaimana melaksanakan acara menumbuhkan kemampuan berbahasa.
Selain itu, juga akan disajikan beberapa gagasan untuk membuatkan semua aspek keterampilan berbahasa, sehingga belum dewasa akan lebih bernafsu di dalam mencar ilmu sambil bermain.
Cara membuatkan acara mencar ilmu akƟf yang menumbuhkan kemampuan berbahasa secara aktif:
• Anak mencar ilmu dengan melaksanakan suatu permainan yang kongkret
• Anak mencar ilmu sesuatu yang menyenangkan dan sanggup menciptakan mereka aktif
• Anak memperoleh kesempatan untuk mencari, memproses dan menemukan pengetahuan sendiri
• Anak mencar ilmu dengan memakai pengalamannya atau pengalaman anak lain sebagai sumber belajar
• Anak mencar ilmu dengan memakai lingkungan Anak mencar ilmu dengan memakai alat dan materi main yang sederhana
• Anak mencar ilmu melalui pajangan
Apa yang sanggup dilakukan oleh guru untuk membantu anak akƟf sambil mencar ilmu ?
• Guru memberi fasilitas seperƟ menyediakan alat dan materi main, belajar, buku-buku bergambar dengan bacaan singkat dan sumber mencar ilmu lainnya.
• Guru mendorong anak mencar ilmu dalam kelompok dengan acara yang beragam.
• Guru menunjukkan pertanyaan, memberi kiprah pelengkap bagi anak yang cepat, memberi acara (remedial) bagi anak yang lambat, dan membangkitkan dorongan semoga anak bahagia belajar.
• Guru sanggup menunjukkan santunan secara perseorangan pada waktu isƟrahat atau waktu senggang lainnya.
• Guru memakai bahasa Ibu sebagaimana diperlukan.
• Bagaimana menumbuhkan kemampuan berbahasa dalam banyak sekali kegiatan.
Mengenali Perbedaan Perseorangan
Ringkasan klarifikasi di halaman sebelumnya, hanya berupa contoh-contoh perbedaan perseorangan.
Sejak hari pertama belum dewasa usia dini mulai ikut PAUD, guru perlu mengamaƟ dan mendalami perbedaan potensi anak usai dini satu persatu. Dengan demikian guru sanggup memahami perbedaan perseorangan semenjak awal dan sanggup segera mengetahui minat dan talenta seƟap anak. Pemahaman ini sanggup melandasi layanan terbaik yang sanggup diberikan bagi mereka.
Buatlah daŌar acara bermain untuk masing-masing anak usia dini, sehingga anda gampang membimbing dan membantu mereka.
Sebagai contoh, anak yang pemalu dengan anak yang banyak bicara dan gampang berteman berhubungan sanggup dikumpulkan dalam satu kelompok atau diberikan acara bermain berpasangan. Misalnya melaksanakan percakapan wacana diri dan kesenangan mereka masing- masing melalui permainan boneka atau mainan puzle. Setelah itu masing-masing menceritakan percakapan dan permainan yang dilakukannya. Demikian pula anak yang kurang lancar berbahasa Indonesia sanggup saling mencar ilmu bersama teman-teman lain untuk menyebut nama benda di dalam kelas sambil menunjuk dan menghampiri benda itu dalam bahasa Ibu dan dalam bahasa Indonesia.
Banyak acara belajar-mengajar sanggup direncanakan dan dilakukan oleh guru untuk membantu anak yang mempunyai perbedaan perseorangan.
Demikian goresan pena wacana
0 Response to "Buku Pola Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Pdf"
Post a Comment