Adapun klarifikasi mengenai 4 tahap perkembangan anak berdasarkan Stanley Hall, sebagai berkut:
1. Masa kanak-kanak / infancy (umur 0-4 tahun)
Pada usia-usia ini, perkembangan anak disamakan dengan binatang, yaitu melata atau berjalan.
2. Masa anak / childhood (umur 4-8 tahun)
Menurut Stanley Hall, masa ini disebut masa pemburu, anak haus akan pemahaman lingkungannya, sehingga akan berburu kemanapun, mempelajari lingkungan sekitarnya.
3. Masa puber / youth (umur 8-12 tahun)
Pada masa ini anak tumbuh dan berkembang tetapi sebagai makhluk yang belum beradab. Banyak hal yang masih harus dipelajari untuk menjadi makhluk yang beradab di lingkungannya, ibarat yang berkaitan dengan sosial, emosi, moral, dan intelektual.
4. Masa remaja / adolescence (umur 12 – dewasa)
Pada masa ini, anak mestinya sudah menjadi insan beradab yang sanggup mengikuti keadaan dengan lingkungan dan dunia yang selalu berubah. Perspektif life span ibarat yang dipelopori oleh Stanley Hall dkk.
Dapat dibuktikan pada tahap masa remaja hingga dewasa. Misalnya, pada masyarakat tertentu yang masih terbelakang, anak justru cepat menjadi dewasa.
Karena pendidikan hanya tersedia hingga sekolah dasar, masyarakat cenderung mulai bekerja dan berkeluarga dalam usia muda.
Sebaliknya, pada masyarakat yang semua warga negaranya mencapai pendidikan tinggi, belum dewasa menjadi remaja pada usia yang lebih lanjut.
Artikel terkait :
- 4 Tahapan Perkembangan Berpikir Anak Menurut Piaget
- 5 Tahap Perkembangan Anak Menurut Havighurst
- 4 Tahap Perkembangan Anak Menurut Rousseau
0 Response to "4 Tahap Perkembangan Psikologi Anak Berdasarkan Granville Stanley Hall"
Post a Comment