Delapan Belas (18) Nilai dalam Pendidikan Karakter Versi Kemendiknas dan Penjelasannya
1. Religius: sikap dan sikap yang patuh dalam melaksanakan aliran agama dan dogma yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama (kepercayaan) lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama (kepercayaan) lain.
2. Jujur: perilaku yang didasarkan pada upaya mengakibatkan dirinya sebagai orang yang selalu sanggup diandalkan dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi: sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama (kepercayaan), suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin: tindakan yang memperlihatkan sikap tertib dan patuh
5. Kerja Keras: sikap yang memperlihatkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi banyak sekali kendala berguru dan tugas, serta menuntaskan kiprah dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif: berpikir dan melaksanakan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil gres dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri: sikap dan sikap yang tidak gampang tergantung pada orang lain dalam menuntaskan tugas-tugas.
8. Demokratis: cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu: sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan: cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompok/golongannya.
11. Cinta Tanah Air: cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang memperlihatkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi: sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berkhasiat bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/Komuniktif: tindakan yang memperlihatkan rasa bahagia berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai: sikap, perkataan, dan tindakan yang menimbulkan orang lain merasa bahagia dan kondusif atas kehadiran dirinya.
15. Gemar Membaca: kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca banyak sekali bacaan yang menawarkan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan: sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan menyebarkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial: sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi pertolongan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-jawab: sikap dan sikap seseorang untuk melaksanakan kiprah dan kewajibannya, yang seharusnya beliau lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Itulah nilai-nilai dalam pendidikan abjad berdasarkan Kemendiknas. Semoga 18 nilai abjad tersebut sanggup diterapkan pada dunia pendidikan di Indonesia baik pada kurikulum 2013 maupun disisipkan pada KTSP 2006.
Baca juga: 5 Nilai Utama dalam Pendidikan Karakter Menurut Mendikbud
0 Response to "18 Nilai Dalam Pendidikan Abjad Versi Kemendiknas Dan Penjelasannya"
Post a Comment