Soal Dan Kunci Jawab Ukk/ Uas Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8

Namecheap.com
 kini waktunya untuk beranjak menuju kelas  Soal dan Kunci Jawab UKK/ UAS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8

Setelah materi soal dan kunci jawab UKK/ UAS semester II jenjang Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 semua mapel yang sudah bertubi-tubi kami bagikan, kini waktunya untuk beranjak menuju kelas 8. Kali ini kami menyajikan goresan pena berjudul Soal dan Kunci Jawab UKK/ UAS Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8.

Di bawah ini kami sajikan tautan downloadnya dan bisa dengan mudah eksklusif diunduh tanpa harus dipusingkan/ diarahkan ke halaman yang penuh jebakan Batman, hehehe. Dipersilahkan....




Baca Juga:


Langsung saja, di bawah ini kami sadurkan beberapa pola soal plus kunci jawabnya biar Anda bisa sedikit tahu citra isi file yang akan didownload. Untuk melihat file secara utuh, silahkan lakukan proses download dengan Klik tautan yang kami sediakan di atas ya?

 I. Pilihlah aksara A, B, C atau D  sebagai balasan yang benar!

1. Perasaan cemas dan gundah banyak dialami oleh bawah umur Indonesia menjelang Ujian Nasional. Ini dilarang dibiarkan begitu saja, perlu ditindaklanjuti terutama oleh pihak-pihak terkait. Jangan hingga generasi penerus bangsa menjadi generasi pemurung bahkan hingga tahap stres hanya untuk menghadapi 4 mata pelajaran. Hal ini perlu adanya ramuan khusus biar siswa bisa lulus dengan nilai yang memuaskan dan siswa tetap tersenyum.
Gagasan utama paragraf di atas adalah….
A. Perasaan cemas dan gundah menghadapi ujian nasional.
B. Perlu adanya tindak lanjut oleh pihak-pihak terkait.
C. Generasi penerus bangsa menjadi generasi pemurung.
D. Perlu adanya ramuan khusus.
2. Pernyataan yang jawabannya terdapat pada info di atas adalah….
A. Perlu ada bimbingan khusus untuk siswa kelas IX
B. Mata pelajaran ujian nasional sangat sulit.
C. Perasaan cemas dialami anak Indonesia menjelang ujian nasional
D. Semua siswa semua lulus ujian nasional
3. Pertanyaan yang jawabannya ada di info di atas adalah….
A. Apa yang dirasakan siswa menjelang ujian nasional?
B. Bagaimana persiapan siswa menjelang ujian nasional?
C. Berapa waktu yang dipakai untuk persiapan ujian nasional?
D. Siapa yang membimbing siswa dalam menghadapi ujian nasional?
4. Teks 1
Krisis global yang dialami dunia ketika ini mensugesti perekonomian dunia. Banyak sekali        perusahaan-perusahaan home industry yang mem-PHK atau menurunkan honor para pegawainya demi kelangsungan perusahaan atau home industry tersebut.
Teks 2
Akhir-akhir ini angka pengangguran meningkat tajam, hal ini merupakan efek dari krisis global yang melanda dunia. banyak di antara mereka di-PHK oleh suatu perusahaan. nasib mereka sungguh memprihatinkan, kalau mereka tidak memiliki keterampilan atau keahlian yang bisa diterapkan di kemudian hari.
Kesamaan topik yang dibahas dalam kedua teks info di tersebut adalah….
A. Pengaruh perekonomian dunia.
B. Akibat krisis global.
C. Nasib karyawan yang di-PHK sungguh memprihatinkan.
D. Masa depan perusahaan dan karyawan perlu dipikirkan.
5. Perbedaan penyajian kedua teks info di atas adalah….
A. Teks info 1 dimulai unsur apa sedangkan teks 2 dimulai unsur bagaimana.
B. Teks info 1 dimulai unsur apa sedangkan teks 2 dimulai unsur apa.
C. Teks info 1 dimulai unsur siapa sedangkan teks 2 dimulai unsur bagaimana.
D. Teks info 1 dimulai unsur apa sedangkan teks 2 dimulai unsur dimana.
6. Kini populasi spesies burung yang berbulu megah dan manis ini kian berkurang akhir perburuan,  habitatnya terpecah alasannya perubahan lahan. Burung tersebut lebih dikenal dengan nama Merak Hijau atau Merak Jawa populasinya terus menurun.
Pokok info di atas adalah….
A. Populasi burung Merak Hijau makin banyak
B. Punahnya burung Merak Hijau.
C. Populasi burung Merak Hijau terus menurun
D. Burung Merak Hijau mulai terdesak.
7. Keluarga kami hidup sederhana . Pakaian yang kami kenakan tidak ada yang berharga mahal. Lauk – pauk untuk makan sehari-hari pun hanya sekedar memenuhi kriteria gizi. Bila kami mengalami   kejenuhan dalam bekerja, kami berekreasi dengan membuat permainan sendiri.
      Gagasan pokok paragraf  tersebut adalah....
A. hidup sederhana C. lauk-pauk apa adanya
B. pakaian tidak ada yang berharga D. penciptaan hiburan untuk rekreasi
8. Cerita wacana orang yang mengaku petugas dan merampas harta milik korbannya sudah sering terdengar. Akan tetapi, kali ini lain alasannya sang korban ialah orang asing. Amest (45) yang dipecundangi ini ialah warga negara Kamerun. Rupanya sasaran bangsa sendiri sudah sulit digarap sehingga mereka pun mengincar orang yang boleh dianggap sebagai tamu. Hebatnya, mereka beraksi di waktu siang bolong.
      Tanggapan yang logis terhadap problem dalam info di atas adalah...
A. Penjahat itu udik alasannya beraksi pada siang hari.
B. Korban tidak hati – hati dan kurang pengalaman sehingga harta miliknya bisa dirampas penjahat.
C. Bangsa absurd memang gampang dijadikan sasaran penjahat.
D. Tindakan penjahat itu bisa memunculkan kesan tak kondusif bagi warga  asing di Indonesia.
9. Aksi kekerasan dan tawuran kini semakin marak dan memprihatinkan banyak sekali pihak. Untuk            mencegah tindak kekerasan ini, banyak sekali kalangan mendesak perlunya komunikasi di kalangan            masyarakat dan juga penanaman nilai–nilai agama dan keimanan secara terus–menerus. Pengasuh pondok pesantren Al Itishom, Marzuki Arman Abdul mengutarakan agresi kekerasan dan tawuran sanggup dihindari jikalau pendidikan agama dan nilai keimanan ditanamkan semenjak dini pada anak – anak.
Tanggapan yang sempurna terhadap info tersebut adalah...
A. Aksi kekerasan dan tawuran sebaiknya ditindak dengan aturan secara tegas. Penanaman nilai – nilai agama tidak berperan banyak kalau aturan tidak tegak.
B. Aksi kekerasan dan tawuran sanggup dicegah  dengan pendidikan agama dan nilai keimanan yang dilakukan bukan hanya di sekolah saja, tetapi di rumah dan masyarakat.
C. Pendidikan agama tidak ada artinya kalau anak – anak itu tidak mau menyadari kelemahan dirinya.
D. Cara yang sempurna untuk mengatasi tawuran ialah dengan memperbanyak jam pelajaran PPKn.
10. Kalimat yang santun dalam memberikan penolakan adalah….
A. Pendapat Anda menyimpang dari tema.
B. Saya sangat tidak baiklah dengan pendapat Saudara alasannya tidak disertai dengan bukti yang kuat.
C. Usulmu baik tetapi tidak bermutu.
D. Saya sangat memahami pendapat Anda. Namun hal itu belum bisa dilakukan sekarang.
11. Susunan program :
1. Pembukaan
2. Pembacaan kitab suci Al’Qur’an
3. Sambutan-sambutan
a. Ketua Panitia
b. Perwakilan kelas IX
c. Kepala Sekolah
4. Penyerahan kenang-kenangan bagi siswa berprestasi
5. Hiburan
6. Do’a
7. Bersalam-salaman
8. Penutup
Berdasarkan susunan program di atas sesuai untuk keperluan….
A. Pembukaan training siswa C. Perpisahan kelas IX/pawidya
B. Pemberian kenang-kenangan D. Peresmian sekolah baru
12. Kalimat pembuka program yang sempurna untuk acara program di atas adalah….
A. Yang terhormat rekan-rekan semua yang telah hadir di program ini.
B. Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, yang terhormati Bapak dan Ibu guru, serta teman-teman sekalian yang berbahagia.
C. Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru dan teman-teman.
D. Yang saya hormati Bapak Pejabat dan teman-teman yang berbahagia.
13. Kalimat epilog yang sempurna untuk mengakhiri program di atas adalah….
A. Acara selanjutnya ialah hiburan.
B. Acara demi program telah kita lalui bersama tibalah saatnya kita berpisah.
C. Acara demi program telah kita lalui bersama tibalah saatnya kita untuk mengakhiri program ini.
D. Acara demi program telah kita lalui bersama tibalah saatnya kita bersalam-salaman
14. Hal-hal yang perlu kita perhatikan untuk memilih masalah/informasi untuk materi diskusi adalah….
A. Bahan diskusi hendaknya materi yang sulit sehingga menarik.
B. Bahan diskusi hendaknya diadaptasi dengan kemampuan siswa dan menarik.
C. Bahan diskusi yang mengandung konflik yang hangat.
D. Bahan diskusi yang mendorong siswa sanggup berdebat.
15. Para siswa gres menggunakan seragam putih biru.
Berdasarkan kalimat tersebut, bila yang dimaksud para siswa belum pernah menggunakan seragam  putih biru, penjedaan yang sempurna adalah...
A. Para  siswa gres / menggunakan seragam / putih biru
B. Para siswa gres menggunakan / seragam putih biru
C. Para siswa gres / menggunakan / seragam putih biru
D. Para siswa / gres menggunakan seragam / putih biru

KUNCI JAWABAN:

I. Pilihan Ganda
1. A 11. C
2. C 12. B
3. A 13. C
4. B 14. B
5. A 15. D
6. C
7. A
8. D
9. B
10. D

Semoga materi yang kami sajikan ini bermanfaat dalam menghadapi soal UKK/ UAS semester II pada tahun ini khusus mapel Bahasa Indonesia dan terima kasih telah mengunjungi laman yang berjudul

Akhir kata, salam sukses selalu untuk Anda dan maju terus dunia pendidikan Indonesia!


(Redaksi)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Dan Kunci Jawab Ukk/ Uas Semester 2 Bahasa Indonesia Kelas 8"

Post a Comment