Download Silabus Bahasa Arab MTs Kelas Tujuh (VII/7) Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 pdf
SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MTs KELAS TUJUH (VII/7) KURIKULUM 2013 SEMESTER I
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya
terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangka i, memodifikasi dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca,
menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori
SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MTs KELAS TUJUH (VII/7) KURIKULUM 2013 SEMESTER II
Kompetensi Inti :
KI-1 : Menghargai dan menghayati fatwa agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah ajaib (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sud ut pandang/teori
Berikut ialah tautan Download Silabus Bahasa Arab MTs Kelas Tujuh (VII/7) Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 pdf:
Berikut ialah kutipan dari isi Silabus Bahasa Arab MTs Kelas Tujuh (VII/7) Kurikulum 2013 tersebut:
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) |
1.1 Menyadari pentingnyakejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah | - Membiasakan akseptor didik untuk jujurdan percaya diri | Afektif:- Guru membiasakan akseptor didik biar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi memakai bahasa Arab- Guru memotivasi akseptor didik untuk jujur dan percaya diri . | - Pengamatan- Penilaian diri- Penilaian antarteman- Jurnal | 16 JP | - Buku paketBahasa Arab kelasVII Kurma 13.- Kamus bahasa arab- Benda-benda di lingkunganpeserta didik yangterjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema/topik- Internet/VCD |
2.1 Menunjukkan perilakujujur dan percaya diridalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah | - Memberi motivasi akseptor didik untukjujur dan percaya diri | Afektif:- Guru membiasakan akseptor didik biar bersikap jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi memakai bahasa Arab- Guru memotivasi akseptor didik untuk jujur dan percaya diri . | - Pengamatan- Penilaian diri- Penilaian antarteman- Jurnal | 16 JP | - Buku paketBahasa Arab kelasVII Kurma 13.- Kamus bahasa arab- Benda-benda di lingkunganpeserta didik yangterjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema/topik- Internet/VCD |
3.1 Mengidentifikasi bunyikata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: | - Bacaan ihwal topikسفنلبا فيرعتلا | Mengamati :- Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat- Mendengarkan kata-kata yang seakan-akan pengucapannya- Menyimak wacana sambil memperhatikan model | - Bentuk Penilaian Tes tulis Tes lisan Penugasan | 16 JP | - Buku paketBahasa Arab kelasVII Kurma 13.- Kamus bahasa arab- Benda-benda di lingkunganpeserta didik yangterjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema/topik- Internet/VCD |
سفنلبا فيرعتلا؛ةسردلما في ينلماعلباو تاودلأاو قفارلما ناوللأا ؛ةيسردلماbaik secara verbal maupun tertulis | في ينلماعلباوةسردلما- Pengenalan tarkibsebagai berikut:رئامض( أدتبلما ةدرفم ةراشإ ؛)ةدرفم)ةفصلا( برلخا + رئامضلا ؛تاهلجاو ةلصتلما ةدرفلما | ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan danintonasinya.- Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.- Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyahMenanya:- Melakukan tanya jawab sederhana ihwal tema/topikat-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah- Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.- Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil‘amiliina fil madrasah- Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sahabat atau guru sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah secara lisan.Mengeksplorasi:- Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.- Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil- Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil- Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.- Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang memakai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.Mengasosiasikan:- Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah- Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topikat-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah | |||
4.1 Mendemonstrasikanungkapan sederhanatentang topikسفنلبا فيرعتلا؛ةسردلما في ينلماعلباوتاودلأاو قفارلما ناوللأا ؛ةيسردلماdengan memperhatikan struktur teks dan | في ينلماعلباوةسردلما- Pengenalan tarkibsebagai berikut:رئامض( أدتبلما ةدرفم ةراشإ ؛)ةدرفم)ةفصلا( برلخا + رئامضلا ؛تاهلجاو ةلصتلما ةدرفلما | ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan danintonasinya.- Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.- Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyahMenanya:- Melakukan tanya jawab sederhana ihwal tema/topikat-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah- Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.- Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil‘amiliina fil madrasah- Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sahabat atau guru sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah secara lisan.Mengeksplorasi:- Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.- Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil- Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil- Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.- Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang memakai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.Mengasosiasikan:- Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabar terkait topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah- Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topikat-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah | - Bentuk Penilaian Praktek Proyek Unjuk Kerja Portofolio | ||
- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkaittema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina filmadrasah- Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats danmudzakkar- Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.- Menemukan makna kata dalam teks- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun tulisan.Mengkomunikasikan:- Mengungkapkan perintah dan berita- Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topikat-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah secaralisan atau tulisan.- Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ dan khabar- Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik at- ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah dan sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.- Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik secara verbal maupun tulisan.- Menghafal kosa kata gres sesuai tema/topik at-ta’rif binnafsi wa bil ‘amiliina fil madrasah | |||||
1.2 Meyakini adanyamotivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab | - Motifasi untukberbicara bahasaArab | Afektif:- Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab- Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dantanggungjawab. | - Pengamatan- Penilaian diri- Penilaian antarteman- Jurnal | 16 JP | - Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma13.- Kamus bahasaArab- Benda-benda dilingkungan akseptor didik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai |
2.2 Menunjukkan perilakumotivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan | - Penanaman sikaprajin, disiplin, dantanggungjawab | Afektif:- Guru memotifasi untuk berbicara bahasa Arab- Guru menanamkan sikap rajin, disiplin, dantanggungjawab. | - Pengamatan- Penilaian diri- Penilaian antarteman- Jurnal | 16 JP | - Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma13.- Kamus bahasaArab- Benda-benda dilingkungan akseptor didik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai |
kemampuan berbahasa | tema/topik- Internet/VCD | ||||
3.2 Memahami lafal bunyihuruf, kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:سفنلبا فيرعتلا؛ةسردلما في ينلماعلباوتاودلأاو قفارلما ناوللأا ؛ةيسردلما | - Bacaan tentangtopikتاودلأاو قفارلما ةيسردلما- Pengenalan tarkibsebagai berikut:رئامض( أدتبلما ةدرفم ةراشإ ؛)ةدرفم و )ةفصلا( برلخا + رئامضلا ؛تاهلجا ةلصتلما ةدرفلما | Mengamati :- Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat- Mendengarkan kata-kata yang seakan-akan pengucapannya- Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan danintonasinya.- Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.- Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyahMenanya:- Melakukan tanya jawab sederhana ihwal tema/topikal-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah- Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.- Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al- madrasiyah- Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sahabat atau guru sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara lisan.Mengeksplorasi:- Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.- Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidahmubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (katasifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.- Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil- Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.- Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang memakai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufradmuttashil | - Bentuk Penilaian Tes tulis Tes lisan Penugasan | tema/topik- Internet/VCD | |
4.2 Menunjukkan contohungkapan sederhanauntuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:سفنلبا فيرعتلا؛ةسردلما في ينلماعلباو تاودلأاو قفارلما ناوللأا ؛ةيسردلماdengan memerhatikanstruktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | - Bacaan tentangtopikتاودلأاو قفارلما ةيسردلما- Pengenalan tarkibsebagai berikut:رئامض( أدتبلما ةدرفم ةراشإ ؛)ةدرفم و )ةفصلا( برلخا + رئامضلا ؛تاهلجا ةلصتلما ةدرفلما | Mengamati :- Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat- Mendengarkan kata-kata yang seakan-akan pengucapannya- Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan danintonasinya.- Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.- Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyahMenanya:- Melakukan tanya jawab sederhana ihwal tema/topikal-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah- Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.- Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al- madrasiyah- Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sahabat atau guru sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara lisan.Mengeksplorasi:- Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang diperdengarkan guru/kaset/film.- Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidahmubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (katasifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil.- Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil- Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.- Mencoba mengungkapkan dan memahami kata yang memakai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufradmuttashil | - Bentuk Penilaian Praktek Proyek Unjuk Kerja Portofolio | tema/topik- Internet/VCD | |
Mengasosiasikan:- Membandingkan antara kalimat mubtada’ dan khabarterkait topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah- Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topikal-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkait tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah- Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats danmudzakkar- Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.- Menemukan makna kata dalam teks- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun tulisan.Mengkomunikasikan:- Mengungkapkan perintah dan isu ihwal tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah- Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik al-maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara verbal atau tulisan.- Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil- Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al- maraafiq wal adawaat al-madrasiyah dan sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan arah; dhamir mufrad muttashil- Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik al- maraafiq wal adawaat al-madrasiyah secara verbal maupun tulisan.- Menghafal kosa kata gres sesuai tema/topik al- maraafiq wal adawaat al-madrasiyah | |||||
1.3 Mengamalkan sikapamanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa | - Membiasakan sikapamanah | Afektif:- Guru membiasakan sikap amanah- Guru memotifasi untuk berbicara memakai bahasa arab | - Pengamatan- Penilaian diri- Penilaian antar teman | 16 JP | - Buku paket Bahasa Arab kealas VII Kurma13. |
komunikasiinternasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman | - Jurnal | - Kamus bahasa arab- Benda-benda dilingkungan akseptor didik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema/topik- Internet/VCD | |||
2.3 Menunjukkan sikapbertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman | - Menumbuhkan kesadaran untukbicara dengan memakai bahasa Arab | - Jurnal | - Kamus bahasa arab- Benda-benda dilingkungan akseptor didik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema/topik- Internet/VCD | ||
3.3 Menemukan maknaatau gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:سفنلبا فيرعتلا؛ةسردلما في ينلماعلباوتاودلأاو قفارلما ناوللأا ؛ةيسردلما | - Bacaan tentangtopicناوللأا- Pengenalan tarkibsebagai berikut:رئامض( أدتبلما ةدرفم ةراشإ ؛)ةدرفم)ةفصلا( برلخا +رئامضلا ؛ناوللأاو | Mengamati :- Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat- Mendengarkan kata-kata yang seakan-akan pengucapannya- Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan danintonasinya- Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.- Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyahMenanya:- Melakukan tanya jawab sederhana ihwal tema/topikal-alwan- Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.- Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik al-alwan- Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sahabat atau guru sesuai tema/topik al-alwan secara lisan.Mengeksplorasi:- Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang | - Bentuk Penilaian Tes tulis Tes lisan Penugasan | - Kamus bahasa arab- Benda-benda dilingkungan akseptor didik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema/topik- Internet/VCD | |
4.3 Mempresentasikanberbagai informasi verbal sederhana tentang:سفنلبا فيرعتلا؛ةسردلما في ينلماعلباو | - Bacaan tentangtopicناوللأا- Pengenalan tarkibsebagai berikut:رئامض( أدتبلما ةدرفم ةراشإ ؛)ةدرفم)ةفصلا( برلخا +رئامضلا ؛ناوللأاو | Mengamati :- Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat- Mendengarkan kata-kata yang seakan-akan pengucapannya- Menyimak wacana sambil memperhatikan model ucapan guru/kaset/film dan menirukan pelafalan danintonasinya- Mencocokkan gambar dengan apa yang didengar.- Mengamati teks yang terdapat jumlah ismiyahMenanya:- Melakukan tanya jawab sederhana ihwal tema/topikal-alwan- Menjawab pertanyaan dalam wacana sederhana secara tertulis/lisan.- Menjawab pertanyaan verbal yang diajukan lawan bicara sesuai tema/topik al-alwan- Menanyakan kata/kalimat yang belum difahami kepada sahabat atau guru sesuai tema/topik al-alwan secara lisan.Mengeksplorasi:- Melafalkan kalimat sesuai dengan model ucapan yang | - Bentuk Penilaian Praktek Proyek Unjuk Kerja Portofolio | - Kamus bahasa arab- Benda-benda dilingkungan akseptor didik yang terjangkau- Gambar-gambar yang sesuai tema/topik- Internet/VCD | |
تاودلأاو قفارلماناوللأا ؛ةيسردلما | ةلصتلما ةدرفلما | diperdengarkan guru/kaset/film.- Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil- Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil- Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.- Mencoba memahami dan mengungkapkan kata yang memakai mubtada’ (dhamir mufrad); ismisyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamirmufrad muttashilMengasosiasikan:- Membandingkan antara kalimat mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil terkait tema/topik al-alwan- Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topikal-alwan- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkait topik al-alwan- Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats danmudzakkar- Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.- Menemukan makna kata dalam teks- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun tulisan.Mengkomunikasikan:- Mengungkapkan perintah dan isu ihwal al-alwan- Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik secara verbal atau tulisan.- Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.- Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al- alwan dan sesuai kaidah yang dipelajari.- Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik al-alwansecara verbal maupun tulisan.- Menghafal kosa kata gres sesuai tema/topik al-alwan | |||
4.4 Mengungkapkaninformasi secara tertulistentang:سفنلبا فيرعتلا؛ةسردلما في ينلماعلباوتاودلأاو قفارلما ناوللأا ؛ةيسردلماdalam banyak sekali struktur bahasa sederhana secaratepat | ةلصتلما ةدرفلما | diperdengarkan guru/kaset/film.- Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil- Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil- Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.- Mencoba memahami dan mengungkapkan kata yang memakai mubtada’ (dhamir mufrad); ismisyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamirmufrad muttashilMengasosiasikan:- Membandingkan antara kalimat mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil terkait tema/topik al-alwan- Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topikal-alwan- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkait topik al-alwan- Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats danmudzakkar- Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.- Menemukan makna kata dalam teks- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun tulisan.Mengkomunikasikan:- Mengungkapkan perintah dan isu ihwal al-alwan- Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik secara verbal atau tulisan.- Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.- Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al- alwan dan sesuai kaidah yang dipelajari.- Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik al-alwansecara verbal maupun tulisan.- Menghafal kosa kata gres sesuai tema/topik al-alwan | |||
4.5 Menyusun tekssederhana ihwal topikسفنلبا فيرعتلا؛ةسردلما في ينلماعلباوتاودلأاو قفارلما ناوللأا ؛ةيسردلما dengan memerhatikanstruktur teks dan unsurkebahasaan yang benar sesuai konteks | ةلصتلما ةدرفلما | diperdengarkan guru/kaset/film.- Merangkai kata menjadi kalimat sesuai dengan kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil- Menyusun kata dan kalimat sederhana sesuai kaidah mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil- Melafalkan kalimat sesuai dengan yang diperdengarkan.- Mencoba memahami dan mengungkapkan kata yang memakai mubtada’ (dhamir mufrad); ismisyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamirmufrad muttashilMengasosiasikan:- Membandingkan antara kalimat mubtada’ (dhamir mufrad); ism isyarah+khabar (kata sifat) dan warna; dhamir mufrad muttashil terkait tema/topik al-alwan- Menemukan makna kata dalam teks sesuai tema/topikal-alwan- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun goresan pena terkait topik al-alwan- Membedakan penggunakan kata untuk mu’annats danmudzakkar- Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.- Menemukan makna kata dalam teks- Menyimpulkan isi wacana verbal maupun tulisan.Mengkomunikasikan:- Mengungkapkan perintah dan isu ihwal al-alwan- Menyampaikan isi wacana tertulis sesuai tema/topik secara verbal atau tulisan.- Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat sesuai dengan kaidah yang dpelajari.- Menyusun karangan sederhana sesuai tema/topik al- alwan dan sesuai kaidah yang dipelajari.- Menyampaikan isi wacana sesuai tema/topik al-alwansecara verbal maupun tulisan.- Menghafal kosa kata gres sesuai tema/topik al-alwan | |||
Kompetensi Dasar | |||||
(1) | |||||
1.1 Menyadari pentingnyakejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan madrasah | |||||
2.1 Menunjukkan perilakujujur dan percaya diridalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah | |||||
3.1 Mengidentifikasibunyi kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: | |||||
؛تييب ؛ناونعلاةرسلأا تايموي نم baik secara verbal maupun tertulis | |||||
4.1 Mendemonstrasikanungkapan sederhana ihwal topik:؛تييب ؛ناونعلا ةرسلأا تايموي نمdengan memperhatikanstruktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | |||||
1.2 Meyakini adanya motivasi internal(intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangankemampuan berbahasaArab | |||||
2.2 Menunjukkan perilakumotivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa | |||||
3.2 Memahami lafal bunyihuruf, kata, frase dan kalimat bahasa Arab | |||||
yang berkaitan dengan:؛تييب ؛ناونعلا ةرسلأا تايموي نم | |||||
4.2 Menunjukkan contohungkapan sederhanauntuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:؛تييب ؛ناونعلا ةرسلأا تايموي نمdengan memerhatikanstruktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks | |||||
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagaianugerah Allah untuk mempraktikkan bahasaArab sebagai bahasa | |||||
komunikasiinternasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman | |||||
2.3 Menunjukkan sikapbertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman | |||||
3.3 Menemukan maknaatau gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:؛تييب ؛ناونعلا ةرسلأا تايموي نم | |||||
4.3 Mempresentasikanberbagai informasi lisansederhana tentang:؛تييب ؛ناونعلا ةرسلأا تايموي نم | |||||
4.4 Mengungkapkaninformasi secara tertulis tentang: | |||||
؛تييب ؛ناونعلاةرسلأا تايموي نم dalam banyak sekali struktur bahasa sederhana secara tepat | |||||
4.5 Menyusun tekssederhana ihwal topik؛تييب ؛ناونعلا ةرسلأا تايموي نمdengan memerhatikanstruktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks | |||||
Demikian goresan pena ihwal
Download Silabus Bahasa Arab MTs Kelas Tujuh (VII/7) Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 pdf
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!Sumber: Sistem Informasi Kurikulum Madrasah Kemenag RI
0 Response to "Download Silabus Bahasa Arab Mts Kelas Tujuh (Vii/7) Kurikulum 2013"
Post a Comment