Gagasan utama dibalik model pembelajaran TGT ialah untuk memotivasi para siswa untuk mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan-keterampilan yang disajikan oleh guru. Jika para siswa menginginkan biar kelompok mereka memperoleh peng-hargaan, mereka harus membantu sobat sekelompoknya mempelajari bahan yang diberikan.
Mereka harus mendorong sobat meraka untuk melaksanakan yang terbaik dan menyatakan suatu norma bahwa berguru itu merupakan suatu yang penting, berharga, dan menyenangkan. Menurut Hamdani (2011:92), model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) ialah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang gampang diterapkan, melibatkan kegiatan seluruh siswa tanpa ada perbedaan status, melibatkan tugas siswa sebagai tutor sebaya, dan mengandung unsur permainan dan reinforcement. Menurut Hamdani (2011:92-93) komponen / unsur utama dalam pembelajaran TGT, yaitu sebagai berikut:
1. Penyajian Kelas
Pada awal pembelajaran, guru memberikan bahan dalam penyajian kelas. Biasanya, dilakukan dengan pengajaran eksklusif atau ceramah dan diskusi yang dipimpin guru.
2. Kelompok (tim)
Kelompok biasanya terdiri atas empat hingga enam siswa yang anggotanya heterogen dilihat dari presensi akademik, jenis kelamin, ras, atau etnik.
3. Game
Game terdiri atas pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk menguji pengetahuan yang didapat siswa dari penyajian kelas dan berguru kelompok.
4. Tournament
Tournament dilakukan pada simpulan ahad atau pada setiap unit sehabis guru melaksanakan presentasi kelas dan kelompok sudah mengerjakan lembar kerja.
5. Team recognize (penghargaan kelompok)
Penghargaan diberikan kepada kelompok yang memperoleh rata-rata skor tertinggi dari kegiatan game pada meja turnamen. Penghargaan yang diberikan bisa berupa hadiah atau sertifikat.
Langkah-langkah Model Pembelajaran TGT
Langkah-langkah model pembelajaran TGT sanggup dijelaskan dengan gambar dan keterangan sebagai berikut:
Berdasarkan skema di atas, sanggup dijelaskan bahwa, penempatan siswa pada meja turnamen diadaptasi dengan tingkat prestasinya di kelas. A-1 ialah siswa berprestasi tinggi, A-2 ialah siswa berprestasi sedang, A-3 ialah siswa berprestasi sedang, dan A-4 ialah siswa berprestasi rendah, begitu juga untuk tim B dan tim C. Jadi, meja turnamen 1 ditempati A-1 dari tim A, B-1 dari tim B, dan C-1 dari tim C, begitu juga untuk meja turnamen 2, 3, dan 4.
Pembelajaran kooperatif tipe TGT mempunyai kelebihan dan kelemahan. Menurut Asyirint (2010:65) kelebihan model Teams Games Tournaments ialah sebagai berikut:
a. Kegiatannya bersifat kompetisi
b. Kegiatan dengan berguru dan diskusi secara menyenangkan menyerupai dalam kondisi permainan
c. Aktivitas berguru memungkinkan siswa untuk sanggup berguru lebih rileks
d. Aktivitas sanggup menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat, dan keterlibatan belajar
Selain mempunyai kelebihan, pembelajaran TGT juga mempunyai kelemahan baik bagi guru maupun siswanya. Menurut Asyirint (2010:65), kelemahan model TGT adalah:
a. Bagi Guru
Sulitnya pengelompokan siswa yang mempunyai kemampuan heterogen dari segi akademis. Waktu yang dihabiskan untuk diskusi oleh siswa cukup banyak sehingga melewati waktu yang sudah ditetapkan.
b. Bagi Siswa
Masih adanya siswa berkemampuan tinggi kurang terbiasa dan sulit memperlihatkan klarifikasi kepada siswa lainnya.
Solusi untuk mengatasi kelemahan pembelajaran TGT ialah sebagai berikut:
a. Guru harus mengklasifikasikan hasil berguru siswa menurut tingkat prestasinya dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah sehingga guru bisa mengetahui karakteristik siswanya dari segi akademik. Kegiatan tersebut harus dilakukan guru sebelum melaksanakan proses pembelajaran sehingga tidak menyita waktu proses pembelajaran. Selanjutnya, guru harus menganggarkan waktu pada setiap sesi kegiatan selama proses pembelajaran menurut jam pelajaran yang tersedia.
b. Guru harus membimbing dengan baik siswa yang mempunyai kemampuan akademik tinggi biar bisa menularkan pengetahuannya kepada siswa yang mempunyai akademik rendah dengan cara memperlihatkan motivasi pada setiap siswa di dalam kelompok bahwa kemenangan tim pada kegiatan game turnamen ditentukan oleh setiap anggota tim, jadi setiap anggota tim harus bisa menguasai bahan dengan cara mengajari satu sama lain.
0 Response to "Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournaments (Tgt) Lengkap"
Post a Comment