60+ Contoh Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru |
Pengertian Geografi
Apa pengertian geografi? Terdapat banyak tafsir dan pendapat mengenai pengertian geografi. Beberapa klarifikasi pengertian geografi memang hampir sama dan identik, meski ada juga pendapat yang berbeda dan tidak selaras. Kali ini akan dijelaskan pengertian geografi beserta definisi dan penjelasannya lengkap.
Definisi Geografi
Apa bantu-membantu definisi geografi? Untuk menjawabnya bisa dilihat dari pengertian geografi berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berdasarkan KBBI, definisi geografi yakni ilmu wacana permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.
Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA
60+ Contoh Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yakni rincian Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Bagaimana upaya mengatasi persoalan rendahnya tingkat kesehatan di Indonesia?
Jawaban: meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan, memperlihatkan penyuluhan pada masyarakat wacana arti pentignya menjaga kesehatan, dan lain-lain.
2. Jelaskan pengertian indeks pembangunan manusia!
Jawaban: pengertian indeks pembangunan insan (IPM) atau Human Development Indeks (HDI) yakni pengukuran perbandingan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.
3. Jelaskan aneka macam permasalahan kependudukan di Indonesia dilihat dari segi kualitas!
Jawaban: aneka macam permasalahan kependudukan di Indonesia dilihat dari segi kualitas antara lain tingkat kesehatan dan tingkat pendidikan yang rendah.
4. Sebutkan beberapa dampak dari jumlah penduduk yang besar!
Jawaban: permasalahan penduduk yang timbul dari jumlah penduduk yang terlalu besar, yatu diantaranya:
a. Jumlah lapangan pekerjaan yang minim sehingga tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Indonesia. Hal ini mengakibatkan banyaknya pengangguran tersebar luas di Indonesia.
b. Kebutuhan hidup yang semakin tinggi sementara kemampuan pemerintah dalam penanggulangan persoalan masih terbatas mengakibatkan adanya pemukiman kumuh dan penduduk yang kekurangan gizi.
5. Apakah yang dimaksud mobilitas penduduk?
Jawaban: mobilitas penduduk yakni perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya.
6. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk!
Jawaban: kelahiran, kematian, dan migrasi
7. Migrasi terbagi menjadi beberapa jenis. Sebutkan!
Jawaban:
a. Emigrasi yakni keluarnya penduduk dari dalam negeri ke luar negeri untuk menetap.
b. Imigrasi yakni perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap
c. Transmigrasi yakni perpindahan penduduk dari suatu kawasan ke kawasan lain dalam suatu negara
d. Urbanisasi yakni perpindahan penduduk dari desa ke kota.
8. Jelaskan pengertian angkatan kerja!
Jawaban: angkatan kerja yakni mereka yang mempunyai pekerjaan, baik sedang bekerja maupun yang sementara tidak sedang bekerja lantaran suatu sebab, menyerupai petani yang sedang menunggu panen/hujan, pegawai yang sedang cuti, sakit, dan sebagainya.
9. Sebutkan ciri-ciri piramida penduduk muda!
Jawaban:ciri-ciri komposisi penduduk ekspansif (muda) antara lain sebagai berikut.
a. Jumlah penduduk usia muda (0-19 tahun)
b. Angka kelahiran jauh lebih tinggi juka dibandingkan dengan angka kematian.
c. Pertumbuhan penduduk relative tinggi.
d. Sebagian besar terdapat di negara-negara berkembang, menyerupai Indonesia, Malaysia, Thailand, Republik Rakyat Cina (RRC), India, dan Mesir.
10. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi kualitas penduduk!
Jawaban: tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan
11. Dinamika penduduk atau perubahan jumlah penduduk dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu….
Jawaban: kelahiran, kematian, dan migrasi
12. Munculnya peperangan, wabah penyakit, pembunuhan merupakan faktor…. Kematian
Jawaban: penunjang, pendorong
13. Perpindahan penduduk dari suatu kawasan ke kawasan lain dalam suatu negara disebut….
Jawaban: transmigrasi
14. Persebaran penduduk sanggup dikenali dari….
Jawaban: kepadatan penduduk
15. Pengelompokkan atau susunan penduduk suatu negara atau suatu wilayah berdasarkan kriteria-kriteria tertentu disebut….
Jawaban: komposisi penduduk
16. Suatu wilayah yang mempunyai angka kelahiran yang tinggi dan angka tamat hidup yang rendah sehingga kawasan ini mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat dan digambarkan dengan tipe piramida….
Jawaban: piramida penduduk muda
17. Perpindahan penduduk yang sifatnya sementara pada hari yang sama disebut….
Jawaban: komutasi
18. Makin sempitnya lahan pertanian di pedesaan lantaran semakin banyaknya penduduk dan permukimannya mernjadi faktor pendorong penduduk melakukan…..
Jawaban: urbanisasi
19. Untuk mengukur dimensi hidup layak dipakai indicator berupa….
Jawaban: angka keinginan hidup dan tingkat pendidikan
20. Permasalahan penduduk di Indonesia dari segi kuantitas berupa….
Jawaban: jumlah penduduk yang besar dan persebaran penduduk yang tidak merata
21. Faktor penunjang tamat hidup penduduk diantaranya adalah….
Jawaban: terjadinya musibah menyerupai gunung meletus, gempa bumi, banjir
22. Perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap disebut…
Jawaban: imigrasi
23. Pulau di Indonesia dengan kepadatan penduduk yang tinggi adalah….
Jawaban: Jawa
24. Suatu wilayah yang mempunyai angka kelahiran yang tinggi dan angka tamat hidup yang rendah sehingga kawasan ini mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat, yakni citra dari….
Jawaban: piramida penduduk muda
25. Salah satu faktor penarik urbanisasi adalah….
Jawaban: lapangan kerja di kota jauh lebih bermacam-macam dibandingkan dengan di desa yang umumnya hanya pertanian.
26. Sebutkan faktor yang memengaruhi indeks pembangunan manusia!
Jawaban: umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan yang layak.
27. Persebaran penduduk yang tidak merata mengakibatkan munculnya persoalan baru. Sebutkan!
Jawaban:
a. lahan pertanian di pulau Jawa dan Madura semakin sempit lantaran banyak beralih fungsi menjadi perumahan dan industri.
b. banyak lahan dan area di luar pulau Jawa dan Madura yang belum sanggup dimanfaatkan secara maksimal lantaran minimnya sumber desa insan yang mumpuni untuk mengelola lahan tersebut.
c. Ketimpangan dalam pembangunan infrastruktur, lantaran orientasi pembangunan lebih terpusat di wilayah yang lebih banyak penduduknya, sehingga satu wilayah semakin maju sedangkan wilayah lainnya semakin terbelakang.
28. Bagaimana upaya mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata?
Jawaban:
a. menggalakkan jadwal transmigrasi dengan menyediakan akomodasi bagi transmigran, menyerupai tempat tinggal, penyediaan lahan dan mempermudah proses pelaksanaan transmigrasi.
b. mempermudah pelayanan kepada penduduk yang akan bertransmigrasi.
c. untuk mengatasi kepadatan penduduk terutama di kota-kota besar pemerintah melaksanakan pembangunan dengan membuka lapangan kerja di kawasan pedesaan.
29. Sebutkan aneka macam usaha untuk memperbaiki tingkat kesehatan penduduk!
Jawaban:
a. peningkatan gizi keluarga melalui pemberian subsidi kesehatan, aneka macam penyuluhan dan pengobatan secara cuma-cuma
b. peningkatan kesehatan terutama ditujukan pada peningkatan kualitas permukiman. Di sini tersirat perlunya usaha penyediaan dan pemasyarakatan penggunaan jamban keluarga, tersedianya air bersih, dan pola hidup sehat serta upaya penanganan medis.
c. memasyarakatkan penggunaan obat murah yang bermutu (generik) dan pemberian Asuransi Kesehatan (Askes) bagi masyarakat kurang mampu.
d. menempatkan tenaga medis ke seluruh rumah sakit dan puskesmas yang tersebar ke seluruh pelosok tanah air.
30. Jelaskan dampak rendahnya tingkat kesehatan terhadap pembangunan!
Jawaban:
a. terhambatnya pembangunan fisik lantaran perhatian tercurah pada perbaikan kesehatan yang lebih utama lantaran menyangkut jiwa manusia.
b. kalau tingkat kesehatan insan sebagai objek dan subjek pembangunan rendah, maka dalam melaksanakan apa pun khususnya pada ketika bekerja, hasilnya pun akan tidak optimal.
31. Jelaskan pengertian komposisi penduduk?
Jawaban: komposisi penduduk yakni pengelompokkan atau susunan penduduk suatu negara atau suwatu wilayah berdasarkan kriteraia-kriteria tertentu.
32. Bagaimana manfaat mengetahui komposisi penduduk berdasarkan usia?
Jawaban: manfaat adanya komposisi penduduk:
a. untuk mengklasifikasikan penduduk dengan aneka macam kriteria
b. sebagai arah dalam pencapaian pembangunan nasional
c. sebagai tolok ukur evaluasi struktur ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan suatu bangsa atau negara
d. supaya mengetahui bagaimana potensi sumber daya insan (aspek pendidikan)
e. berdasarkan umur dan jenis kelamin sanggup dipakai untuk mengetahui angka ketergantungan
f. bisa mengetahui tingkat kepadatan penduduk
33. Jelaskan faktor-faktor yang mensugesti kualitas penduduk di Indonesia?
Jawaban: tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan lain-lain.
34. Bagaimana cara mengendalikan pertumbuhan penduduk di Indonesia?
Jawaban:
a. Mensosialisasikan jadwal keluarga berencana dari masyarakat desa hingga masyarakat kota
b. Pengingkatan proaduksi pertanian dengna pemberian sumbangan bibit, obat-obat, serta pupuk.
c. Menyebarluaskan pendidikan kependudukan ke aneka macam jenjang pendidikan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam bidang kependudukan.
35. Bagaimana efek kualitas penduduk terhadap pembangunan nasional bangsa Indonesia?
Jawaban: penduduk yang berkualitas sanggup meningkatkan proses berlangsungnya pembangunan nasional
36. Sebutkan faktor-faktor yang menghambat tingginya angka kelahiran!
Jawaban: pelaksanaan jadwal keluarga berencana (KB), penundaan usia perkawinan denga alasan menuntaskan pendidikan, semakin banyak perempuan karir.
37. Sebutkan ciri-ciri piramida penduduk stasioner!
Jawaban:
a. perbandingan jumlah penduduk pada kelompok usia muda dan cukup umur relative seimbang
b. tingkat kelahiran umumya tidak begitu tinggi, demikian pula dengan angka tamat hidup relative lebih rendah.
c. pertumbuhan penduduk kecil
d. terdapat di beberapa negara maju antara lain Amerika Serikat, Belanda, dan Inggris
38. Jelaskan perbedaan komutasi dan sirkulasi!
Jawaban: komutasi yakni perpindahan penduduk yang sifatnya sementara pada hari yang sama. Sedangkan sirkulasi yakni mobilitas penduduk sementara ada juga yang melakukannya dengan menginap di tempat tujuan atau sering disebut mobilitas non permanen musiman.
39. Apa saja dampak negatif dari urbanisasi!
Jawaban: dampak negatif dari urbanisasi yakni sebagai berikut:
a. Berkurangnya tenaga kerja di desa yang masih produktif dan mau bekerja dalam bidang pertanian
b. Berkurangnya tenaga kerja yang mempunyai keterampilan dan pendidikan yang tinggi di desa
c. Aktivitas pertanian cenderung kurang berkembang lantaran kurangnya tenaga kerja muda yang masih produktif dan berpendidikan.
d. Banyaknya tindak kejahatan di perkotaan
e. Meningkatnya pengangguran di kota lantaran sebagian besar urbanisan kesulitan memperoleh pekerjaan di kota
f. Berkembangnya permukiman kumuh di kota
g. Munculnya persoalan kemacetan lantaran makin banyaknya orang yang melaksanakan mobilitas
h. Munculnya persoalan lingkungan menyerupai persoalan sampah lantaran sebagian penduduk yang pindah ke kota belum bisa mengikuti keadaan dengan cara hidup di kota.
40. Apa saja faktor penyebab rendahnya tingkat pendidikan pada penduduk Indonesia?
Jawaban:
a. tingkat pendapatan penduduk rendah
b. tidak seimbangnya jumlah murid dengan sarana dan prasarana pendidikan
c. masih kurangnya kesadaran orang bau tanah untuk menyekolahkan anak-anaknya.
41. Proses pembentukan identitas nasional di Indonesia memerlukan proses cukup panjang yang diwakili oleh….
Jawaban: adanya perasaan senasib sepananggungan “bangsa Indonesia” jawaban kekejaman penjajah Belanda, kemudian memunculkan komitmen bangsa (tekad, dan kemudian menjadi janji bersama) untuk berjuang dengan upaya yang lebih teratur melalui organisasi-organisasi usaha (pergerakan) Kemerdekaan mengusir penjajah hingga hasilnya Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dan membentuk negara.
42. Bentuk negara kita sehabis memperoleh kemerdekaan dari Belanda adalah….
Jawaban: Negara Kesatuan Republik Indonesia
43. Dalam konsepsi wawasan nusantara, identitas bangsa Indonesia tercermin dari kesatuan wilayah pulau-pulau di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu faktor pembentuk identitas nasional yang terwujud dari….
Jawaban: kondisi geografis wilayah Indonesia
44. Nilai-nilai esensial yang terkandung dalam Pancasila adalah….
Jawaban: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan serta Keadilan
45. Akar-akar nasionalisme Indonesia yang berkembang dalam perspektif sejarah sekaligus juga merupakan unsur-unsur identitas nasional adalah….
Jawaban: Nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam sejarah terbentuknya bangsa Indonesia.
46. Dimanakah suku bangsa Toraja bertempat tinggal?
Jawaban: Sulawesi Selatan
47. Apakah yang dimaksud dengan multikulturisme itu? Jelaskan!
Jawaban: multikulturisme yakni istilah yang diunakan untuk menjelaskan pandangan seseorang wacana ragam kehidupan di dunia, atuapun kebijakan kebudayaan yang menekankan wacana penerimaan terhadap realitas keragaman, dan aneka macam macam budaya (multicultural) yang ada dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, dan politik yang mereka anut.
48. Berasal dari rumpun manakah bahasa Indonesia dan Melayu?
Jawaban: Austronesia barat
49. Sebutkan macam-macam alat pemersatu bangsa yang Anda ketahui!
Jawaban:
a. Dasar Negara Pancasila
b. Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan
c. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan
d. Lambang Negara Burung Garuda
e. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
f. Lagu-lagu perjuangan
50. Sebutkan perilaku yang harus dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa!
Jawaban:
a. tidak memandang rendah suku atau budaya yang lain.
b. tidak menganggap suku dan budayanya paling tinggi dan paling baik
c. mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.
d. lebih mengutamakan negara daripada kepentingan kawasan atau suku masing-masing.
51. Sebutkan definisi kebudayaan tradisional secara etimologis berdasarkan para ahli! Jelaskan!
Jawaban:
a. Superculture, yakni kebudayaan yang berlaku bagi seluruh masyarakat. Contoh: kebudayaan nasional.
b. Culture, lebih khusus, contohnya berdasarkan golongan etnik, profesi, wilayah atau daerah. Contoh: budaya Sunda.
c. Subculture, merupakan kebudayaan khusus dalam sebuah culture, namun kebudayaan ini tidak bertentangan dengan kebudayaan induknya. Contoh: budaya gotong-royong.
d. Counter-culture, tingkatannya sama dengan sub-culture yaitu merupakan potongan turunan dari culture, namun counter-culture ini bertentangan dengan kebudayaan induknya. Contoh: budaya individualisme.
52. Sebutkan jenis-jenis kebudayaan tradisional beserta contohnya!
Jawaban:
a. pakaian adat: kebaya pada masyarakat Jawa dan Sunda, Baju Bodo pada masyarakat Bugis, ulos dari Batak dan lain-lain.
b. rumah adat: joglo/limasan pada suku Jawa, rumah gadang pada suku Minangkabau, Tongkonan pada masyarakat bugis, Honai pada suku di Papua.
c. senjata: keris pada suku Jawad an Bali, Badik pada suku Bugis, Mandau pada suku Dayak, Rencong pada suku Gayo/Aceh, dan lain-lain.
d. Kesenian: Tari Seudati dan Saman dari Aceh. Tari Tor-tor dari Tapanuli, Tari Piring dari Minang, Kethoprak dari Jawa Tengah dan DIY, Ludruk dari Jawa Timur, dan lain-lain.
53. Sebutkan jenis perayaan/upacara yang ada di Indonesia beserta asalnya!
Jawaban:
a. Upacara sekaten
Upacara sekaten merupakan perayaan keraton kasunanan di Surakarta dan Kasultanan di Yogyakarta yang diadakan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad saw. Perayaan ini biasanya diadakan satu bulan penuh yang diakhiri dengan prosesi kirab hasil bumi yang banyak diperbutkan wisatawan domestik dan asing.
b. Perayaan satu sura
Hampir sama denga perayaan sekaten tetapi proses upacaranya yang berbeda. Perayaan satu sura biasanya di isi dengan upacara jamasan benda-benda pusaka keraton dan kirab kerbau Kyai Slamet mengelilingi kota
c. Upacara tabot
Upacara Tabot atau Tabuik dalam bahasa Minang merupakan perayaan satu sura pada masyarakat Minangkabu dan Bengkulu. Perayaan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas limpahan berkah dan karunia kepada masyarakat.
d. Upacara Ngaben
Upacara Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah umat Hindu di Bali. Upacara ini diadakan apabila ada seseorang yang meninggal dan pihak keluargalah yang bertanggung jawab atas upacara ini. Ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Bali.
e. Upacara Ruwat Rambut Gembel
Upacara ini terdapat di masyarakat lereng Gunung Sindoro dan Sumbing. Keunikan dari ritual ini yakni setiap anak yang berambuat gembel/gimbal akan diruwat biar agar terhindar dari mara bahaya.
54. Sebutkan bagaimana tugas siswa dalam melestarikan budaya tradisional!
Jawaban:
a. Mempelajari dan memahami aneka macam keberagaman budaya yang ada di Indonesia
b. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan budaya, misal: ikut sanggar tari, kesenian karawitan, dan lain-lain.
c. berpartisipasi dalam promosi kebudayaan tradisional Indonesia dengan cara mengikuti pameran budaya daerah, misal: ikut berpartisipasi dalam batik carnival, pameran reog, dan lain-lain.
d. Senantiasa menjaga nilai-nilai luhur dsari kebudayaan tradisional.
55. Jelaskan mengapa budaya tradisional merupakan akar dari kebudayaan nasional!
Jawaban: lantaran kebudayaan tradisional bersumber dari nilai-nilai kepribadian rakyat Indonesia yang beraneka ragam dan termanifestasikan dalam semangat kebhinekaan sebagai kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.
56. Sebutkan dampak aktual dari globalisasi!
Jawaban:
a. gampang memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
b. gampang melaksanakan komunikasi, lantaran sudah tersedianya aneka macam alat komunikasi
c. mobilitas tinggi
d. gampang memenuhi kebutuhannya masing-masing
e. terjadinya peningkatan kualitas diri SDM lantaran individu harus mempunyai kualitas diri yang baik dlaam menghadapi persaingan global
57. Pada pada dasarnya secara umum permasalahan globalisasi memeliki dua sifat, sebutkan dan jelaskan!
Jawaban: unsur interrelasi yang sangat berpengaruh dan dan keterjangkauan berskala global.
Unsur interrelasi yang sangat kuat, artinya permasalahan globalisasi itu, sangat berpautan bersahabat antara satu negara dengan negara lain. Sedangkan keterjangkauan yakni menyangkut segala aspek kehidupan manusia.
58. Bagaimana efek globalisasi di bidang ekonomi cukup umur ini? Jelaskan!
Jawaban: aspek globaliasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dampak negatifnya, masyarakat cenderung konsumtif, SDM Indonesia yang kurang kompeten akan tergilas oleh tenaga absurd yang bekerja di Indonesia. Sehingga, pengangguran makin meningkat, dan hal ini juga mengakibatkan tindak kejahatan makin meningkat.
59. Sebutkan efek negatif globalisasi terhadap nasionalisme bangsa!
Jawaban:
a. Globalisasi bisa menyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme sanggup membawa kemajuan dan kemakmuran. Hal ini menciptakan bangsa Indonesia cenderung menerapkan asas liberalisme daripada asas Pancasila.
b. Dari aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dlaam negeri lantaran banyaknya produk luar negeri (seperti Mc. Donald, Coca Cola, dan Pizza Hut) membanjiri Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri memperlihatkan tanda-tanda berkurangnya rasa nasionalisme.
c. Masyarakat kita, khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, lantaran gaya hidupnya cenderung menggandakan budaya barat yang oleh masyarakat dianggap sebagai kiblatnya.
d. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin lantaran adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi.
60. Bagaimana cara mengatasi efek negatif terhadap nasionalisme bangsa? Sebutkan!
Jawaban:
a. menumbuhkan semangat nasionalisme melalui penanaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya, misal semangat menyayangi produk dalam negeri
b. Menanamkan dan melaksanakan anutan agama dengan sebaik-baiknya
c. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan huku dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya.
d. Selektif terhadap efek globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.
e. Menanamkan semenjak dini rasa besar hati dan penghargaan terhadap segala kebudayaan Indonesia.
f. Mendidik anak sedini mungkin dengan kebudayaan Indonesia, sehingga mereka sanggup menyayangi kebudayaan Indonesia.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 60+ Contoh Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Jawaban: meningkatkan sarana dan prasarana kesehatan, memperlihatkan penyuluhan pada masyarakat wacana arti pentignya menjaga kesehatan, dan lain-lain.
2. Jelaskan pengertian indeks pembangunan manusia!
Jawaban: pengertian indeks pembangunan insan (IPM) atau Human Development Indeks (HDI) yakni pengukuran perbandingan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.
3. Jelaskan aneka macam permasalahan kependudukan di Indonesia dilihat dari segi kualitas!
Jawaban: aneka macam permasalahan kependudukan di Indonesia dilihat dari segi kualitas antara lain tingkat kesehatan dan tingkat pendidikan yang rendah.
4. Sebutkan beberapa dampak dari jumlah penduduk yang besar!
Jawaban: permasalahan penduduk yang timbul dari jumlah penduduk yang terlalu besar, yatu diantaranya:
a. Jumlah lapangan pekerjaan yang minim sehingga tidak sebanding dengan jumlah penduduk di Indonesia. Hal ini mengakibatkan banyaknya pengangguran tersebar luas di Indonesia.
b. Kebutuhan hidup yang semakin tinggi sementara kemampuan pemerintah dalam penanggulangan persoalan masih terbatas mengakibatkan adanya pemukiman kumuh dan penduduk yang kekurangan gizi.
5. Apakah yang dimaksud mobilitas penduduk?
Jawaban: mobilitas penduduk yakni perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya.
6. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi dinamika penduduk!
Jawaban: kelahiran, kematian, dan migrasi
7. Migrasi terbagi menjadi beberapa jenis. Sebutkan!
Jawaban:
a. Emigrasi yakni keluarnya penduduk dari dalam negeri ke luar negeri untuk menetap.
b. Imigrasi yakni perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap
c. Transmigrasi yakni perpindahan penduduk dari suatu kawasan ke kawasan lain dalam suatu negara
d. Urbanisasi yakni perpindahan penduduk dari desa ke kota.
8. Jelaskan pengertian angkatan kerja!
Jawaban: angkatan kerja yakni mereka yang mempunyai pekerjaan, baik sedang bekerja maupun yang sementara tidak sedang bekerja lantaran suatu sebab, menyerupai petani yang sedang menunggu panen/hujan, pegawai yang sedang cuti, sakit, dan sebagainya.
9. Sebutkan ciri-ciri piramida penduduk muda!
Jawaban:ciri-ciri komposisi penduduk ekspansif (muda) antara lain sebagai berikut.
a. Jumlah penduduk usia muda (0-19 tahun)
b. Angka kelahiran jauh lebih tinggi juka dibandingkan dengan angka kematian.
c. Pertumbuhan penduduk relative tinggi.
d. Sebagian besar terdapat di negara-negara berkembang, menyerupai Indonesia, Malaysia, Thailand, Republik Rakyat Cina (RRC), India, dan Mesir.
10. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi kualitas penduduk!
Jawaban: tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan
11. Dinamika penduduk atau perubahan jumlah penduduk dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu….
Jawaban: kelahiran, kematian, dan migrasi
12. Munculnya peperangan, wabah penyakit, pembunuhan merupakan faktor…. Kematian
Jawaban: penunjang, pendorong
13. Perpindahan penduduk dari suatu kawasan ke kawasan lain dalam suatu negara disebut….
Jawaban: transmigrasi
14. Persebaran penduduk sanggup dikenali dari….
Jawaban: kepadatan penduduk
15. Pengelompokkan atau susunan penduduk suatu negara atau suatu wilayah berdasarkan kriteria-kriteria tertentu disebut….
Jawaban: komposisi penduduk
16. Suatu wilayah yang mempunyai angka kelahiran yang tinggi dan angka tamat hidup yang rendah sehingga kawasan ini mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat dan digambarkan dengan tipe piramida….
Jawaban: piramida penduduk muda
17. Perpindahan penduduk yang sifatnya sementara pada hari yang sama disebut….
Jawaban: komutasi
18. Makin sempitnya lahan pertanian di pedesaan lantaran semakin banyaknya penduduk dan permukimannya mernjadi faktor pendorong penduduk melakukan…..
Jawaban: urbanisasi
19. Untuk mengukur dimensi hidup layak dipakai indicator berupa….
Jawaban: angka keinginan hidup dan tingkat pendidikan
20. Permasalahan penduduk di Indonesia dari segi kuantitas berupa….
Jawaban: jumlah penduduk yang besar dan persebaran penduduk yang tidak merata
21. Faktor penunjang tamat hidup penduduk diantaranya adalah….
Jawaban: terjadinya musibah menyerupai gunung meletus, gempa bumi, banjir
22. Perpindahan penduduk negara lain ke negara tertentu untuk menetap disebut…
Jawaban: imigrasi
23. Pulau di Indonesia dengan kepadatan penduduk yang tinggi adalah….
Jawaban: Jawa
24. Suatu wilayah yang mempunyai angka kelahiran yang tinggi dan angka tamat hidup yang rendah sehingga kawasan ini mengalami pertumbuhan penduduk yang cepat, yakni citra dari….
Jawaban: piramida penduduk muda
25. Salah satu faktor penarik urbanisasi adalah….
Jawaban: lapangan kerja di kota jauh lebih bermacam-macam dibandingkan dengan di desa yang umumnya hanya pertanian.
26. Sebutkan faktor yang memengaruhi indeks pembangunan manusia!
Jawaban: umur panjang dan sehat, pengetahuan, dan kehidupan yang layak.
27. Persebaran penduduk yang tidak merata mengakibatkan munculnya persoalan baru. Sebutkan!
Jawaban:
a. lahan pertanian di pulau Jawa dan Madura semakin sempit lantaran banyak beralih fungsi menjadi perumahan dan industri.
b. banyak lahan dan area di luar pulau Jawa dan Madura yang belum sanggup dimanfaatkan secara maksimal lantaran minimnya sumber desa insan yang mumpuni untuk mengelola lahan tersebut.
c. Ketimpangan dalam pembangunan infrastruktur, lantaran orientasi pembangunan lebih terpusat di wilayah yang lebih banyak penduduknya, sehingga satu wilayah semakin maju sedangkan wilayah lainnya semakin terbelakang.
28. Bagaimana upaya mengatasi persebaran penduduk yang tidak merata?
Jawaban:
a. menggalakkan jadwal transmigrasi dengan menyediakan akomodasi bagi transmigran, menyerupai tempat tinggal, penyediaan lahan dan mempermudah proses pelaksanaan transmigrasi.
b. mempermudah pelayanan kepada penduduk yang akan bertransmigrasi.
c. untuk mengatasi kepadatan penduduk terutama di kota-kota besar pemerintah melaksanakan pembangunan dengan membuka lapangan kerja di kawasan pedesaan.
29. Sebutkan aneka macam usaha untuk memperbaiki tingkat kesehatan penduduk!
Jawaban:
a. peningkatan gizi keluarga melalui pemberian subsidi kesehatan, aneka macam penyuluhan dan pengobatan secara cuma-cuma
b. peningkatan kesehatan terutama ditujukan pada peningkatan kualitas permukiman. Di sini tersirat perlunya usaha penyediaan dan pemasyarakatan penggunaan jamban keluarga, tersedianya air bersih, dan pola hidup sehat serta upaya penanganan medis.
c. memasyarakatkan penggunaan obat murah yang bermutu (generik) dan pemberian Asuransi Kesehatan (Askes) bagi masyarakat kurang mampu.
d. menempatkan tenaga medis ke seluruh rumah sakit dan puskesmas yang tersebar ke seluruh pelosok tanah air.
30. Jelaskan dampak rendahnya tingkat kesehatan terhadap pembangunan!
Jawaban:
a. terhambatnya pembangunan fisik lantaran perhatian tercurah pada perbaikan kesehatan yang lebih utama lantaran menyangkut jiwa manusia.
b. kalau tingkat kesehatan insan sebagai objek dan subjek pembangunan rendah, maka dalam melaksanakan apa pun khususnya pada ketika bekerja, hasilnya pun akan tidak optimal.
31. Jelaskan pengertian komposisi penduduk?
Jawaban: komposisi penduduk yakni pengelompokkan atau susunan penduduk suatu negara atau suwatu wilayah berdasarkan kriteraia-kriteria tertentu.
32. Bagaimana manfaat mengetahui komposisi penduduk berdasarkan usia?
Jawaban: manfaat adanya komposisi penduduk:
a. untuk mengklasifikasikan penduduk dengan aneka macam kriteria
b. sebagai arah dalam pencapaian pembangunan nasional
c. sebagai tolok ukur evaluasi struktur ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan suatu bangsa atau negara
d. supaya mengetahui bagaimana potensi sumber daya insan (aspek pendidikan)
e. berdasarkan umur dan jenis kelamin sanggup dipakai untuk mengetahui angka ketergantungan
f. bisa mengetahui tingkat kepadatan penduduk
33. Jelaskan faktor-faktor yang mensugesti kualitas penduduk di Indonesia?
Jawaban: tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan lain-lain.
34. Bagaimana cara mengendalikan pertumbuhan penduduk di Indonesia?
Jawaban:
a. Mensosialisasikan jadwal keluarga berencana dari masyarakat desa hingga masyarakat kota
b. Pengingkatan proaduksi pertanian dengna pemberian sumbangan bibit, obat-obat, serta pupuk.
c. Menyebarluaskan pendidikan kependudukan ke aneka macam jenjang pendidikan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam bidang kependudukan.
35. Bagaimana efek kualitas penduduk terhadap pembangunan nasional bangsa Indonesia?
Jawaban: penduduk yang berkualitas sanggup meningkatkan proses berlangsungnya pembangunan nasional
36. Sebutkan faktor-faktor yang menghambat tingginya angka kelahiran!
Jawaban: pelaksanaan jadwal keluarga berencana (KB), penundaan usia perkawinan denga alasan menuntaskan pendidikan, semakin banyak perempuan karir.
37. Sebutkan ciri-ciri piramida penduduk stasioner!
Jawaban:
a. perbandingan jumlah penduduk pada kelompok usia muda dan cukup umur relative seimbang
b. tingkat kelahiran umumya tidak begitu tinggi, demikian pula dengan angka tamat hidup relative lebih rendah.
c. pertumbuhan penduduk kecil
d. terdapat di beberapa negara maju antara lain Amerika Serikat, Belanda, dan Inggris
38. Jelaskan perbedaan komutasi dan sirkulasi!
Jawaban: komutasi yakni perpindahan penduduk yang sifatnya sementara pada hari yang sama. Sedangkan sirkulasi yakni mobilitas penduduk sementara ada juga yang melakukannya dengan menginap di tempat tujuan atau sering disebut mobilitas non permanen musiman.
39. Apa saja dampak negatif dari urbanisasi!
Jawaban: dampak negatif dari urbanisasi yakni sebagai berikut:
a. Berkurangnya tenaga kerja di desa yang masih produktif dan mau bekerja dalam bidang pertanian
b. Berkurangnya tenaga kerja yang mempunyai keterampilan dan pendidikan yang tinggi di desa
c. Aktivitas pertanian cenderung kurang berkembang lantaran kurangnya tenaga kerja muda yang masih produktif dan berpendidikan.
d. Banyaknya tindak kejahatan di perkotaan
e. Meningkatnya pengangguran di kota lantaran sebagian besar urbanisan kesulitan memperoleh pekerjaan di kota
f. Berkembangnya permukiman kumuh di kota
g. Munculnya persoalan kemacetan lantaran makin banyaknya orang yang melaksanakan mobilitas
h. Munculnya persoalan lingkungan menyerupai persoalan sampah lantaran sebagian penduduk yang pindah ke kota belum bisa mengikuti keadaan dengan cara hidup di kota.
40. Apa saja faktor penyebab rendahnya tingkat pendidikan pada penduduk Indonesia?
Jawaban:
a. tingkat pendapatan penduduk rendah
b. tidak seimbangnya jumlah murid dengan sarana dan prasarana pendidikan
c. masih kurangnya kesadaran orang bau tanah untuk menyekolahkan anak-anaknya.
41. Proses pembentukan identitas nasional di Indonesia memerlukan proses cukup panjang yang diwakili oleh….
Jawaban: adanya perasaan senasib sepananggungan “bangsa Indonesia” jawaban kekejaman penjajah Belanda, kemudian memunculkan komitmen bangsa (tekad, dan kemudian menjadi janji bersama) untuk berjuang dengan upaya yang lebih teratur melalui organisasi-organisasi usaha (pergerakan) Kemerdekaan mengusir penjajah hingga hasilnya Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dan membentuk negara.
42. Bentuk negara kita sehabis memperoleh kemerdekaan dari Belanda adalah….
Jawaban: Negara Kesatuan Republik Indonesia
43. Dalam konsepsi wawasan nusantara, identitas bangsa Indonesia tercermin dari kesatuan wilayah pulau-pulau di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu faktor pembentuk identitas nasional yang terwujud dari….
Jawaban: kondisi geografis wilayah Indonesia
44. Nilai-nilai esensial yang terkandung dalam Pancasila adalah….
Jawaban: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan serta Keadilan
45. Akar-akar nasionalisme Indonesia yang berkembang dalam perspektif sejarah sekaligus juga merupakan unsur-unsur identitas nasional adalah….
Jawaban: Nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam sejarah terbentuknya bangsa Indonesia.
46. Dimanakah suku bangsa Toraja bertempat tinggal?
Jawaban: Sulawesi Selatan
47. Apakah yang dimaksud dengan multikulturisme itu? Jelaskan!
Jawaban: multikulturisme yakni istilah yang diunakan untuk menjelaskan pandangan seseorang wacana ragam kehidupan di dunia, atuapun kebijakan kebudayaan yang menekankan wacana penerimaan terhadap realitas keragaman, dan aneka macam macam budaya (multicultural) yang ada dalam kehidupan masyarakat menyangkut nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, dan politik yang mereka anut.
48. Berasal dari rumpun manakah bahasa Indonesia dan Melayu?
Jawaban: Austronesia barat
49. Sebutkan macam-macam alat pemersatu bangsa yang Anda ketahui!
Jawaban:
a. Dasar Negara Pancasila
b. Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan
c. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan
d. Lambang Negara Burung Garuda
e. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
f. Lagu-lagu perjuangan
50. Sebutkan perilaku yang harus dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa!
Jawaban:
a. tidak memandang rendah suku atau budaya yang lain.
b. tidak menganggap suku dan budayanya paling tinggi dan paling baik
c. mendapatkan keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya.
d. lebih mengutamakan negara daripada kepentingan kawasan atau suku masing-masing.
51. Sebutkan definisi kebudayaan tradisional secara etimologis berdasarkan para ahli! Jelaskan!
Jawaban:
a. Superculture, yakni kebudayaan yang berlaku bagi seluruh masyarakat. Contoh: kebudayaan nasional.
b. Culture, lebih khusus, contohnya berdasarkan golongan etnik, profesi, wilayah atau daerah. Contoh: budaya Sunda.
c. Subculture, merupakan kebudayaan khusus dalam sebuah culture, namun kebudayaan ini tidak bertentangan dengan kebudayaan induknya. Contoh: budaya gotong-royong.
d. Counter-culture, tingkatannya sama dengan sub-culture yaitu merupakan potongan turunan dari culture, namun counter-culture ini bertentangan dengan kebudayaan induknya. Contoh: budaya individualisme.
52. Sebutkan jenis-jenis kebudayaan tradisional beserta contohnya!
Jawaban:
a. pakaian adat: kebaya pada masyarakat Jawa dan Sunda, Baju Bodo pada masyarakat Bugis, ulos dari Batak dan lain-lain.
b. rumah adat: joglo/limasan pada suku Jawa, rumah gadang pada suku Minangkabau, Tongkonan pada masyarakat bugis, Honai pada suku di Papua.
c. senjata: keris pada suku Jawad an Bali, Badik pada suku Bugis, Mandau pada suku Dayak, Rencong pada suku Gayo/Aceh, dan lain-lain.
d. Kesenian: Tari Seudati dan Saman dari Aceh. Tari Tor-tor dari Tapanuli, Tari Piring dari Minang, Kethoprak dari Jawa Tengah dan DIY, Ludruk dari Jawa Timur, dan lain-lain.
53. Sebutkan jenis perayaan/upacara yang ada di Indonesia beserta asalnya!
Jawaban:
a. Upacara sekaten
Upacara sekaten merupakan perayaan keraton kasunanan di Surakarta dan Kasultanan di Yogyakarta yang diadakan untuk memperingati maulid Nabi Muhammad saw. Perayaan ini biasanya diadakan satu bulan penuh yang diakhiri dengan prosesi kirab hasil bumi yang banyak diperbutkan wisatawan domestik dan asing.
b. Perayaan satu sura
Hampir sama denga perayaan sekaten tetapi proses upacaranya yang berbeda. Perayaan satu sura biasanya di isi dengan upacara jamasan benda-benda pusaka keraton dan kirab kerbau Kyai Slamet mengelilingi kota
c. Upacara tabot
Upacara Tabot atau Tabuik dalam bahasa Minang merupakan perayaan satu sura pada masyarakat Minangkabu dan Bengkulu. Perayaan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas limpahan berkah dan karunia kepada masyarakat.
d. Upacara Ngaben
Upacara Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah umat Hindu di Bali. Upacara ini diadakan apabila ada seseorang yang meninggal dan pihak keluargalah yang bertanggung jawab atas upacara ini. Ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Bali.
e. Upacara Ruwat Rambut Gembel
Upacara ini terdapat di masyarakat lereng Gunung Sindoro dan Sumbing. Keunikan dari ritual ini yakni setiap anak yang berambuat gembel/gimbal akan diruwat biar agar terhindar dari mara bahaya.
54. Sebutkan bagaimana tugas siswa dalam melestarikan budaya tradisional!
Jawaban:
a. Mempelajari dan memahami aneka macam keberagaman budaya yang ada di Indonesia
b. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan budaya, misal: ikut sanggar tari, kesenian karawitan, dan lain-lain.
c. berpartisipasi dalam promosi kebudayaan tradisional Indonesia dengan cara mengikuti pameran budaya daerah, misal: ikut berpartisipasi dalam batik carnival, pameran reog, dan lain-lain.
d. Senantiasa menjaga nilai-nilai luhur dsari kebudayaan tradisional.
55. Jelaskan mengapa budaya tradisional merupakan akar dari kebudayaan nasional!
Jawaban: lantaran kebudayaan tradisional bersumber dari nilai-nilai kepribadian rakyat Indonesia yang beraneka ragam dan termanifestasikan dalam semangat kebhinekaan sebagai kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.
56. Sebutkan dampak aktual dari globalisasi!
Jawaban:
a. gampang memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
b. gampang melaksanakan komunikasi, lantaran sudah tersedianya aneka macam alat komunikasi
c. mobilitas tinggi
d. gampang memenuhi kebutuhannya masing-masing
e. terjadinya peningkatan kualitas diri SDM lantaran individu harus mempunyai kualitas diri yang baik dlaam menghadapi persaingan global
57. Pada pada dasarnya secara umum permasalahan globalisasi memeliki dua sifat, sebutkan dan jelaskan!
Jawaban: unsur interrelasi yang sangat berpengaruh dan dan keterjangkauan berskala global.
Unsur interrelasi yang sangat kuat, artinya permasalahan globalisasi itu, sangat berpautan bersahabat antara satu negara dengan negara lain. Sedangkan keterjangkauan yakni menyangkut segala aspek kehidupan manusia.
58. Bagaimana efek globalisasi di bidang ekonomi cukup umur ini? Jelaskan!
Jawaban: aspek globaliasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dampak negatifnya, masyarakat cenderung konsumtif, SDM Indonesia yang kurang kompeten akan tergilas oleh tenaga absurd yang bekerja di Indonesia. Sehingga, pengangguran makin meningkat, dan hal ini juga mengakibatkan tindak kejahatan makin meningkat.
59. Sebutkan efek negatif globalisasi terhadap nasionalisme bangsa!
Jawaban:
a. Globalisasi bisa menyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme sanggup membawa kemajuan dan kemakmuran. Hal ini menciptakan bangsa Indonesia cenderung menerapkan asas liberalisme daripada asas Pancasila.
b. Dari aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dlaam negeri lantaran banyaknya produk luar negeri (seperti Mc. Donald, Coca Cola, dan Pizza Hut) membanjiri Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri memperlihatkan tanda-tanda berkurangnya rasa nasionalisme.
c. Masyarakat kita, khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, lantaran gaya hidupnya cenderung menggandakan budaya barat yang oleh masyarakat dianggap sebagai kiblatnya.
d. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin lantaran adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi.
60. Bagaimana cara mengatasi efek negatif terhadap nasionalisme bangsa? Sebutkan!
Jawaban:
a. menumbuhkan semangat nasionalisme melalui penanaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila dengan sebaik-baiknya, misal semangat menyayangi produk dalam negeri
b. Menanamkan dan melaksanakan anutan agama dengan sebaik-baiknya
c. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan huku dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya.
d. Selektif terhadap efek globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.
e. Menanamkan semenjak dini rasa besar hati dan penghargaan terhadap segala kebudayaan Indonesia.
f. Mendidik anak sedini mungkin dengan kebudayaan Indonesia, sehingga mereka sanggup menyayangi kebudayaan Indonesia.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 60+ Contoh Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA Semester Genap Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Essay Geografi Kelas 11 SMA/MA File ini dalam Bentuk .PDF File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal Geografi kelas 11 semester 1 kurikulum 2013
- soal essay Geografi kelas 11 semester 1
- soal Geografi kelas xi ips semester 1 beserta jawabannya
- soal uts Geografi kelas 11 semester 1
- soal dan jawaban Geografi kelas 11 semester 1
- soal Geografi kelas 11 potongan 1
- soal Geografi kelas xi semester 2 beserta jawabannya kurikulum 2013
- soal pilihan ganda Geografi kelas xi semester 2
- 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 60+ Referensi Soal Essay Geografi Kelas 11 Sma/Ma Semester Genap Terbaru"
Post a Comment