Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 4, 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap pdf
Silabus Mata Pelajaran (Mapel) Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 4, 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap ialah kerangka contoh penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran di madrasah ibtidaiyah (MI) mapel Sejarah Kebudayaan Islam berisi komponen identitas mata pelajaran, yaitu Sejarah Kebudayaan Islam, identitas satuan pendidikan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pokok, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu dan alternatif penilaian.
Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 4, 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap juga merupakan citra umum kegiatan serta sasaran yang akan dicapai mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, di samping sebagai dokumentasi tertulis dalam rangka akuntabilitas kegiatan pembelajaran.
Keberadaan Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 4, 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap menjadi penting lantaran akan menjadi contoh dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengelolaan media, sumber mencar ilmu dan pengembangan sistem evaluasi yang ada di madrasah ibtidaiyah (MI).
Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 4, 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap yang tertulis di sini mengacu pada update terbaru 2017 dari Direktorat KKSK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Berikut ialah link Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kelas 4, 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap pdf:
Berikut ialah kutipan dari sebagian isi Silabus Sejarah Kebudayaan Islam MI Kelas 4,5 Semester I dan II tersebut:
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1.1 Meyakinipertolongan AllahSWT. akan tiba sebagai implementasi nilai- nilai dakwah Rasulullah di tahun-tahun awal kenabian | Menghayatipertolongan AllahSWT. akan tiba sebagai implementasi nilai-nilai dakwah Rasulullah SAW. di tahun-tahun awal kenabian | KeyakinanpertolonganAllah SWT. akan tiba sebagai implementa si nilai-nilai dakwah Rasulullah SAW. di tahun-tahun awal kenabian | Membiasakan keyakinanpertolongan Allah SWT.akan tiba sebagai implementasi nilai-nilai dakwah Rasulullah SAW. di tahun-tahun awal kenabian. | Non Tes- Observasi- PenilaianDiri- Penilaianantar siswa- Jurnal | ||
2.1 Membiasakanbersikap sabar sebagai | Memiliki kebiasaanbersikap sabar sebagai implementasi dari | Kebiasaanbersikap tabah | Membimbingmembiasakan bersikap sabar sebagai | Non Tes- Observasi | ||
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
implementasi daripemahamantentang ketabahan Nabi Muhammad SAW. dan para sobat dalam berdakwah | pemahaman tentangketabahan NabiMuhammad SAW. dan para sobat dalam berdakwah | sebagaiimplementasi dari pemahaman wacana ketabahan Nabi Muhammad SAW. dan para sobat dalam berdakwah | implementasi daripemahaman tentangketabahan Nabi Muhammad SAW. dan para sobat dalam berdakwah | - PenilaianDiri- Penilaian antar siswa- Jurnal | ||
3.1. Mengetahuicontoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW. dan para sobat dalam berdakwah.4.1 Menceritakan ketabahan Nabi Muhammad SAW. dan sobat dalam berdakwah. | 3.1.1 Menjelaskantantangan yang dialami Nabi Muhammad SAW. dalam berdakwah3.1.2.Mendeskripsikanketabahan Nabi Muhammad SAW. dalam berdakwah.3.1.3Menjelaskantantangan yang dialami para sobat dalam berdakwah3.1.4.Mendeskripsikan ketabahan para sobat dalam berdakwah.4.1.1.Menceritakan | KetabahanNabi Muhammad SAW. dan parasahabatdalam berdakwah | Mengamati:- Mengamati dengan cermat gambar/media/ cerita/ buku wacana dakwah Nabi Muhammad SAW. dan sahabat.Menanyakan:- Menanyakan hal-halatau insiden yang bekerjasama dengan isi gambar/ cerita.Mengeksplorasi:- Membaca materipelajaran dalam buku didik dengan cermat.- Memahami materi pelajaran dalam buku | - Tulis- Lisan- Penugasan | 4 TM( 8x 35 ) | - Al-QuranTerjemahanKemenag RI- Buku Pedoman Guru Mapel SKI MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI, Kelas 4, Kemenag RI,2014- Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai- Poster/ gambar |
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
ketabahan NabiMuhammad SAW.dalam berdakwah.4.1.2.Menceritakanketabahan sobat dalam berdakwah. | ajar denganmelakukan tanyajawab.- Mengidentifikasicontoh-contoh tantangan Nabi Muhammad SAW. dan para sobat dalam berdakwah.- Mengidentifikasicontoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW. dan para sobat dalam berdakwah.- Mendiskusikan materipelajaran secara berkelompok.Mengasosiasi:- Merumuskan bentuk tan-tangan NabiMuhammad SAW. dan para sahabat- Merumuskan bukti keta-bahan NabiMuhammad SAW. dan para sahabatdalam berdakwah.- Menghubungkanhikmah dari contoh ketabahan Nabi | - Unjuk Kerja- Produk- Portofolio | sesuai materi- Media cetak dan elektronik sesuai materi- Lingkungan sekitar yang mendukung | |||
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Muhammad SAW.dan para sahabatdengan tantangan berdakwah sekarang.- Bersama-sama menciptakan kesimpulanMengkomunikasi:- Membacakan bentuk tan-tangan NabiMuhammad SAW. berdakwah.- Membacakan bukti keta-bahan NabiMuhammad SAW. dan sobat dalamberdakwah.- Membacakan hasildiskusi secara bergantian.- Memajang goresan pena pada papan pajangan kelas.- Melakukan refleksi. | ||||||
1.2 Meyakini NabiMuhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam. | Menerima NabiMuhammad SAW. sebagai nabi dan rahmat bagi seluruh alam. | Keyakinantentang Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam. | Menanamkan kepercayaan bahwa Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam. | Non Tes- Observasi- PenilaianDiri- Penilaian antar siswa- Jurnal | ||
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
2.2 Membiasakanperilaku terpujisebagaiimplementasi daripemahaman wacana kepribadian Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam . | Memiliki perilakuterpuji sebagaiimplementasi dari pemahaman wacana kepribadian Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam. | Kebiasaanperilakuterpuji sebagai implementa si dari pemahaman wacana kepribadian Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam. | Membiasakan sikap terpuji sebagai implementasi dari pemahaman wacana kepribadian Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam. | Non Tes- Observasi- PenilaianDiri- Penilaianantar siswa- Jurnal | ||
3.2 Memahami ciri-cirikepribadian NabiMuhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam.4.2.Menceritakan kemuliaan etika Nabi Muhammad SAW. dan sobat dalam berdakwah. | 3.2.1Menyebutkanbeberapa contoh kepribadian Nabi MuhammadSAW.3.2.2. Menjelaskan maksud dari pengertian Nabi MuhammadSAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam.3.2.3. Menunjukkan ciri-ciri | KepribadianNabiMuhammadSAW. | Mengamati:- Mengamati dengancermat gambar/ media/ kisah wacana Kepribadian Nabi SAW.Menanya:- Menanyakan hal-hal atau insiden yangberhubungan dengan gambar/ ceritaMengeksplorasi:- Membaca materi pelajaran dalam buku | - Tulis- Lisan- Penugasan | 4 TM( 8x 35) | - Buku PedomanGuru MapelSKI MI, Kelas4, Kemenag RI,2014- Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI, Kelas4, Kemenag RI,2014- Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai |
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
kepribadian NabiMuhammadSAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam.3.2.4.Menunjukkan bukti kepribadian Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam.4.2.1. Menceritakan kemuliaanakhlak NabiMuhammadSAW. dalam berdakwah. | ajar dengan cermat.- Memahamikepribadian Nabi Muhammad SAW. dengan melaksanakan tanya jawab.- Bersama-sama mengidentifikasi Kepribadian Nabi Muhammad SAW.- Mendiskusikan kepribadian Nabi Muhammad SAW. secara berkelompok.Mengasosiasi:- Merumuskan maknaNabi MuhammadSAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam.- Merumuskan ciri-ciri kepribadian NabiMuhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam.- Merumuskan bukti-bukti Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam.- Merumuskan hasil diskusi tentang | - Kerja | - Poster/ gambarsesuai materi- Media cetak dan elektroniksesuai materi- Lingkungan sekitar yang mendukung | |||
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
kepribadian NabiMuhammad SAW.- Menghubungkan kepribadian Nabi Muhammad SAW. dengan kehidupan sekarang.Mengkomunikasi:- Menulis danmenyebutkan secara bergantian tentang: kepribadian Nabi SAW. dan makna Nabi Muhammad SAW. sebagai rahmat bagi seluruh alam.- Membacakan hasil diskusi wacana kepribadian Nabi Muhammad SAW. secara bergiliran di depan kelas.- Melakukan refleksi. | - Proyek- Produk- Portofolio | |||||
1.3Mengamalkankemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk implementasi semangat hijrah para | Memiliki kemauanuntuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk implementasisemangat hijrah para | Pengamalankemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai | Membiasakan kemauanuntuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk implementasi semangat hijrah para sobat Rasulullah ke Habasyah. | Non Tes- Observasi- PenilaianDiri- Penilaian antar siswa | ||
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
sahabat Rasulullahke Habasyah. | sahabat RasulullahSAW. ke Habasyah. | bentukimplementasi semangat hijrah para sobat Rasulullah keHabasyah. | - Jurnal | |||
2.3 Membiasakanbersikap sabar dan sabar sebagai implementasi dari pemahaman wacana hijrah sobat ke Habasyah dalam kehidupan sehari- hari. | Menerapkan sikapsabar dan sabar sebagai implementasi dari pemahaman wacana hijrah sobat ke Habasyah dalam kehidupan sehari-hari. | Pembiasaansikap sabar dan sabar sebagai implementa si dari pemahaman wacana hijrah sobat ke Habasyah dalam kehidupan sehari-hari. | Menanamkanpembiasaan sikap sabar dan sabar sebagai implementasi dari pemahaman wacana hijrah sobat ke Habasyah dalam kehidupan sehari-hari. | Non Tes- Observasi- PenilaianDiri- Penilaian antar siswa- Jurnal | ||
3.3 Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW. menganjurkan sobat hijrah ke Habasyah.4.3.Menceritakan insiden hijrah sobat ke | 3.1.1 Menyebutkantantangan yang dihadapi kaum muslimin pada masa-masa permulaandakwah Islam.3.1.2.Mendeskripsikan secara sederhana keadaan negeri | Hijrah keHabasyah. | Mengamati:- Mengamati dengan cermat gambar/ media/peta / kisah wacana hijrah ke Habasyah.Menanyakan:- Menanyakan hal-hal atau sebab/ kejadianyang berhubungan | - Tulis- Lisan- Penugasan | 4 TM(8 x 35) | - Buku PedomanGuru MapelSKI MI, Kelas4, Kemenag RI,2014- Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MI, Kelas4, Kemenag RI, |
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
Habasyah. | Habasyah.3.1.3.Mengidentifikasisebab-sebabNabi MuhammadSAW. Menganjurkan sobat hijrah ke Habasyah.3.1. 4.Menyebutkan tujuan Sahabat hijrah ke Habasyah4.3.1.Menceritakan insiden hijrah Sahabat ke Habasyah. | dengan isi gambar/cerita.Mengekplorasi:- Membaca materipelajaran dalam buku didik dengan cermat.- Memahami materi pelajaran dalam bukuajar dengan melaksanakan tanya jawab.- Mengidentifikasisebab-sebab Nabi Muhammad SAW. menganjurkan sobat hijrah ke Habasyah.- Mengidentifikasi tujuan Sahabat hijrah ke HabasyahMengasosiasi:- Merumuskan hasiltanya jawab wacana hijrah ke Habasyah.- Merumuskan hasil diskusi tentangperistiwa hijrah keHabasyah.- Menghubungkanhikmah hijrah ke Habasyah dengan kehidupan sekarang. | - Unjuk Kerja- Proyek- Produk- Portofolio | 2014- Buku Penunjang Lainnya Yang Sesuai- Poster/ gambarsesuai materi- Media cetak dan elektroniksesuai materi- Lingkungan sekitar yang mendukung | ||
Kompetensi Dasar | Indikator | MateriPokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | AlokasiWaktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
- Bersama-samamembuat kesimpulan.Mengkomunikasi:- Menulis danmembacakan hasil tanya jawab secara bergiliran di depan kelas.- Mempresentasikanhasil diskusi wacana insiden hijrah.- Bercerita secara bergantian tentangperistiwa hijrahSahabat ke Habasyah didepan kelas.- Menulis cerita/ paparansederhana wacana insiden hijrah Sahabat ke Habasyah dalam lembar kerja/ buku tugas.- Memajang tulisan/paparan pada papan pajangan di kelas. |
Demikian goresan pena wacana
0 Response to "Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam Mi Kelas 4,5 Semester I Dan Ii Pdf"
Post a Comment