Download Silabus Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mata Pelajaran (Mapel) Fikih Kelas 4 dan 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap pdf
Silabus Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mata Pelajaran (Mapel) Fikih Kelas 4 dan 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap adalah kerangka pola penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran di madrasah ibtidaiyah (MI) mapel Fikih berisi komponen identitas mata pelajaran, yaitu Fikih, identitas satuan pendidikan, kompetensi inti dan kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, bahan pokok, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu dan alternatif penilaian.
Silabus Fikih MI Kelas 4 dan 5 MI Semester I-Ganjil dan II-Genap juga merupakan citra umum aktivitas serta sasaran yang akan dicapai mata pelajaran Fikih, di samping sebagai dokumentasi tertulis dalam rangka akuntabilitas aktivitas pembelajaran.
Keberadaan Silabus Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mata Pelajaran (Mapel) Fikih Kelas 4 dan 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap menjadi penting alasannya akan menjadi pola dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengelolaan media, sumber mencar ilmu dan pengembangan sistem evaluasi yang ada di madrasah ibtidaiyah (MI).
Silabus Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mata Pelajaran (Mapel) Fikih Kelas 4 dan 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap yang tertulis di sini mengacu pada update terbaru 2017 dari Direktorat KKSK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Berikut yakni link Download Silabus Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mata Pelajaran (Mapel) Fikih Kelas 4 dan 5 Semester I-Ganjil dan II-Genap pdf:
BACA JUGA:
- Download Silabus Sejarah Kebudayaan Islam MI Kelas 4,5 Semester I dan II pdf
- Download Silabus Mapel Al-Qur'an Hadis MI Kelas 1,4,5 Semester 1-Ganjil dan 2-Genap
- Download Silabus Akidah Akhlak MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kelas 2, 4, 5 | pdf
- Download Silabus Akidah Akhlak MI Kelas 1 Semester I (Ganjil) dan II (Genap) | pdf
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|
(1) | (2) | (3) | (4 | (5) | (6) |
1.1. Meyakini kebenaranperintah zakat fitrah | Keyakinan akan kebenaran zakatfitrah | Menanamkan keyakinan akan nilai-nilai kebenaran zakat fitrah | Non Tes- Observasi- Penilaian Diri- Penilaian antarsiswa- Jurnal | ||
2.1 Membiasakanperilaku peduliterhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman terhadapketentuan zakat fitrah | Pembiasaan sikappeduli pada oranglain sebagai implementasi zakat fitrah | Membimbing penyesuaian sikap peduli terhadaporang lain sebagai implementasi zakat fitrah | Non Tes- Observasi- Penilaian Diri- Penilaian antarsiswa- Jurnal | ||
3.1 Memahamiketentuan zakatfitrah4.1 Mensimulasikan tata cara zakat fitrah | Zakat Fitrah | Mengamati- Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada buku siswa- Mendengarkan uraian guru perihal pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrahMenanya- Menanyakan ketentuan dan tata cara zakat fitrah- Memberi kan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman sekelas- Mengungkapkan pendapat atau komentar atas klarifikasi guru perihal pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrahMengeksplorasi- Menentukan sumber warta yang berkaitan dengan ketentuan dan tata cara zakat fitrah- Mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar perihal ketentuan dan tata cara zakat fitrahMengasosiasikan- Mencari hubungan antara ketentuan dan tata cara zakat fitrah dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari- Menganalisis hasil temuannya yang berkaitan dengan ketentuan dan tata cara zakat fitrahMengkomunikasikan- Mempresentasikan kesimpulan menurut hasil | - Tulis- Lisan- Penugasan | 4 TM(8 x 35) | - Al-Quranul Karim- Buku Pedoman GuruMapel Fikih MI, Kelas4, Kemenag RI, 2014- Buku fikih sunah- Buku fikih SulaimanRasyid- Buku penunjang lainnya yang relevan- Lingkungan sekitar yang mendukungpembelajaran |
temuan atau wawancara di lapangan- Menyampaikan hasil mencar ilmu atau hasil temuan perihal pengertian, ketentuan dan tata cara zakat fitrah- Mensimulasikan tata cara zakat fitrah | - Unjuk Kerja- Proyek- Produk- Portofolio | ||||
1.2. Menghayatinilai-nilai yang terkandung dalam infak | Penghayatanterhadap nilai-nilai nyata yang terkandung dalam infak | Menanamkan nilai-nilai dari pedoman infak dalamkehidupan sehari-hari | Non Tes- Observasi- Penilaian Diri- Penilaian antar siswa- Jurnal | ||
2.2 Membiasakanperilaku tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman terhadap ketentuan infak | Pembiasaan sikaptanggung jawab sebagai implementasi infak | Membimbing kepemilikan sikap tanggung jawabsebagai implementasi infak | Non Tes- Observasi- Penilaian Diri- Penilaian antar siswa- Jurnal | ||
3.2 Memahamiketentuan infak4.2 Mensimulasikan tata cara infak | Ketentuan Infak | Mengamati- Mengamati ilustrasi gambar yang berkaitan dengan bahan yang dibahas- Mendengarkan uraian guru perihal pengertian, ketentuan dan tata cara infakMenanya- Menanyakan ketentuan dan tata cara infak- Mengungkapkan pendapat atau komentar atas klarifikasi guru perihal pengertian, ketentuan dan tata cara infakMengeksplorasi | - Tulis- Lisan- Penugasan | 4 TM(8 x 35) | - Al-Quranul Karim- Buku Pedoman GuruMapel Fikih MI, Kelas4, Kemenag RI, 2014- Buku fikih sunah- Buku fikih SulaimanRasyid- Buku penunjang lainnya yang relevan- Lingkungan sekitar yang mendukungpembelajaran |
- Menentukan sumber warta yang berkaitandengan ketentuan dan tata cara infak- Mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar perihal ketentuan dan tata cara infakMengasosiasikan- Mencari hubungan antara ketentuan dan tata cara infak dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari- Menganalisis hasil temuannya yang berkaitan dengan ketentuan dan tata cara infakMengkomunikasikan- Mempresentasikan kesimpulan menurut hasil temuan atau wawancara di lapangan- Menyampaikan hasil mencar ilmu atau hasil temuan perihal pengertian, ketentuan dan tata cara infak- Mensimulasikan tata cara infak | - Unjuk Kerja- Proyek- Produk- Portofolio | ||||
1.3. Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam sedekah | Penghayatanmanfaat dan pesan tersirat bersedekah | Membimbing penghayatan manfaat dan hikmahbersedekah | Non Tes- Observasi- Penilaian Diri- Penilaian antar siswa- Jurnal | ||
2.3. Membiasakanperilaku kebersamaan dan kekeluargaan sebagai implementasi dari pemahaman | Pembiasaan sikapkebersamaan dan kekeluargaan sebagai implementasi sedekah | Membimbing penyesuaian sikap kebersamaan dankekeluargaan sebagai implementasi sedekah | Non Tes- Observasi- Penilaian Diri- Penilaian antar siswa- Jurnal | ||
terhadapketentuan sedekah | |||||
3.3 Memahamiketentuan sedekah4.3. Mensimulasikan tata cara sedekah | Sedekah | Mengamati- Mengamati ilustrasi gambar yang bekerjasama dengan sedekah- Mendengarkan uraian guru perihal pengertian, ketentuan dan tata cara sedekahMenanya- Menanyakan beberapa ketentuan dan tata cara sedekah- Memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru atau teman sekelas- Mengungkapkan pendapat atau komentar ataspenjelasan guru perihal pengertian, ketentuan dan tata cara sedekahMengeksplorasi- Menentukan sumber warta yang berkaitan dengan ketentuan dan tata cara sedekah- Mengumpulkan warta dari banyak sekali sumber termasuk buku penunjang dan lingkungan sekitar perihal ketentuan dan tata cara sedekahMengasosiasikan- Mencari hubungan antara ketentuan dan tata cara sedekah dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan sehari-hari- Menganalisis hasil temuannya yang berkaitan dengan ketentuan dan tata cara sedekah | - Tulis- Lisan- Penugasan | 4 TM(8 x 35) | - Al-Quranul Karim- Buku Pedoman GuruMapel Fikih MI, Kelas4, Kemenag RI, 2014- Buku Pegangan SiswaMapel Fikih MI, Kelas4, Kemenag RI, 2014- Buku penunjang lainnya yang relevan- Lingkungan sekitar yang mendukung pembelajaran |
Demikian goresan pena tentang
0 Response to "Download Silabus Fikih Mi Kelas 4 Dan 5 Mi Semester I-Ganjil Dan Ii-Genap | Pdf"
Post a Comment