Download Kisi-kisi Soal Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB Mapel Fisika-IPA SMP/MTs, SMA/MA
Tulisan kali ini ditujukan kepada para guru yang akan menjalani pretest uji kompetensi guru tahun 2017, khususnya ditujukan kepada para kepala sekolah, pengawas, dan guru yang pindah mata pelajaran.
Pretest UKG rencananya akan diadakan pada bulan Agustus tahun 2017 ini. Mengingat pentingnya UKG ini bagi setiap guru Mapel Fisika-IPA SMP/MTs, SMA/MA , maka persiapan semestinya dilakukan secara cermat dan seksama. Persiapan sanggup dilakukan dengan terus menerus membaca materi bacaan yang penting. Salah satu materi persiapan yang penting yaitu dengan membaca kisi-kisi UKG tersebut.
Bagi Anda para guru Mapel Fisika-IPA SMP/MTs, SMA/MA yang akan menjalani pretest UKG tahun 2017 ini, goresan pena ini menyediakan tautan download penting, yaitu: Kisi-kisi Soal Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB Mapel Fisika-IPA SMP/MTs, SMA/MA:
Berikut yaitu kutipan dari Download Kisi-kisi Soal Pretest UKG Tahun 2017-SIMPKB Mapel Fisika-IPA SMP/MTs, SMA/MA:
KISI KISI UKG 2015 | ||||
---|---|---|---|---|
MATA PELAJARAN FISIKA | ||||
Kompetensi Utama | Standar Kompetensi Guru | Indikator Esensial/ | ||
Kompetensi Inti | Kompetensi Guru Mapel | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | ||
a | b | c | d | e |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.1. Menjelaskan tahapan perkembangan sikap dan pribadipeserta didik |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.2. Menjelaskan implikasi prinsip-prinsip perkembanganperilaku dan langsung akseptor didik terhadap pendidikan |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.3. Membedakan aneka macam jenis kecerdasan akseptor didikberdasarkan ciri-cirinya |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.4. Membedakan aneka macam aspek perkembangan akseptor didikberdasarkan ciri-cirnya (EH) |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.5. Menjelaskan tahapan perkembangan kemampuanintelektual akseptor didik |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.6. Mendeskripsikan keragaman akseptor didik dalamkemampuan intelektual menurut ciri-cirinya |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.7. Menjelaskan tahapan perkembangan kecerdasan emosipeserta didik |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.8. Mendeskripsikan keragaman akseptor didik dalamkecerdasan emosi menurut ciri-cirinya |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.9. Mendeskripsikan tahapan perkembangan kecerdasanspiritual akseptor didik. |
1 | KompetensiPedagogik | 1. Menguasai karakteristikpeserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual | 1.1. Memahami karakteristikpeserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial- budaya | 1.1.10. Mendeskripsikan keragaman akseptor didik dalamkecerdasan spiritual menurut ciri-cirinya. |
KompetensiPedagogik | 2. Menguasai teori berguru danprinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | 2.1 Memahami aneka macam teori belajardan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 2.1.1 Membedakan pengertian teori belajar, model, pendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran | |
KompetensiPedagogik | 2. Menguasai teori berguru danprinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | 2.1 Memahami aneka macam teori belajardan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 2.1.2 Mendeskripsikan teori-teori belajar | |
KompetensiPedagogik | 2. Menguasai teori berguru danprinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | 2.1 Memahami aneka macam teori belajardan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu | 2.1.3 Menerapkan teori-teori berguru dalam aktivitas pembelajaran | |
KompetensiPedagogik | 2. Menguasai teori berguru danprinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik | 2.1 Memahami aneka macam teori belajardan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu | ||
2.2 Menerapkan berbagaipendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | 2.2.6 Menjelaskan metode-metode yang sesuai denganpembelajaran IPA | |||
2.2 Menerapkan berbagaipendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | 2.2.7 Menjelaskan kelebihan atau kekurangan penerapan suatumetode dalam pembelajaran IPA | |||
2.2 Menerapkan berbagaipendekatan,strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. | 2.2.8 Mengidentifikasi jenis metode pembelajaran yang sesuaikarakteristik suatu konsep IPA | |||
2.2.9 Mengidentifikasi karakteristik pendekatan –pendekatan padapembelajaran IPA | ||||
2.2.10 Menganalisis materi pelajaran kimia yang sesuai disajikandengan suatu pendekatan pembelajaran | ||||
2.2.11 Membedakan aktivitas berguru sesuaidengan suatuketerampilan dalam pendekatan keterampilan proses | ||||
2.2.12 Membedakan aktivitas berguru sesuai dengan suatuketerampilan dalam pendekatan STM | ||||
2.2.13 Menjelaskan konsep model pembelajaran DiscoveryLearning | ||||
2.2.14 Mendeskripsikan sintak model Discovery Learning | ||||
4.3 Menyusun rancanganpembelajaran yang lengkap, baik untuk aktivitas di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | 4.3.1 Menyusun RPP dengan lengkap sesuai peraturan pada (Permendiknas nomor 16 Tahun 2007) (SY) | |||
4.3 Menyusun rancanganpembelajaran yang lengkap, baik untuk aktivitas di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | 4.3.2 Merancang lembar aktivitas siswa untuk eksperimen dan noneksperimen | |||
4.4 Melaksanakan pembelajaran yangmendidik di kelas, di laboratorium, dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yangdipersyaratkan. | 4.4.1 Menentukan cara yang sempurna untuk malaksanakan kegiatanbelajar di laboratorium sesuai topik fisika/kimia/biologi (AN) | |||
4.5 Menggunakan mediapembelajaran dan sumber berguru yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | 4.5.1 Menjelaskan pengertian media pembelajaran secara umum; | |||
4.5 Menggunakan mediapembelajaran dan sumber berguru yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | 4.5.2 Menjelaskan fungsi dan manfaat media dalam pembelajaran | |||
4.5 Menggunakan mediapembelajaran dan sumber berguru yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | 4.5.3 Menjelaskan jenis-jenis media pembelajaran | |||
4.5 Menggunakan mediapembelajaran dan sumber berguru yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | 4.5.4 Menentukan media pembelajaran yang sempurna dalam prosespembelajaran | |||
4.5 Menggunakan mediapembelajaran dan sumber berguru yang relevan dengan karakteristik akseptor didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | (IY) | |||
4.5.5 Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihanmedia pembelajaran visual | ||||
4.5.6 Menjelaskan seni administrasi penggunaan media pembelajaran visual | ||||
4.5.7 Menerapkan media pembelajaran berbasis visual dalampembelajaran IPA | ||||
4.5.8 Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dan kelebihanmedia pembelajaran realita | ||||
4.5.9 Menjelaskan seni administrasi penggunaan media pembelajaran realita | ||||
4.5.10 Menerapkan media pembelajaran realita dalam prosespembelajaran IPA | ||||
4.5.11 Menjelaskan pengertian, fungsi, jenis, kelemahan dankelebihan media pembelajaran audio-visual | ||||
10.3 Melakukan penelitian tindakankelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | 10.2.5 Membuat rancangan tindakan yang akan dilaksanakan | |||
10.3 Melakukan penelitian tindakankelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | (SL) | |||
10.3 Melakukan penelitian tindakankelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | 10.2.6 Menyusun kerangka pikir dalam bentuk diagram | |||
10.3 Melakukan penelitian tindakankelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | 10.2.7 Merancang draft ajuan PTK | |||
10.3 Melakukan penelitian tindakankelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. | ||||
2 | Profesional | 20. Menguasai materi, struktur,konsep, dan rujukan pikir keilmuan | 20.1. Memahami konsep-konsep,hukum-hukum, dan teori-teori fisika | menentukan hasil pengukuran memakai alat ukur panjang |
Profesional | 20.1. Memahami konsep-konsep, | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, | ||||
20.1. Memahami konsep-konsep,hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta penerapannya secara fleksibel. | - memilih resultan vektor. | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, | ||||
20.2. Memahami proses berpikir fisikadalam mempelajari proses dan gejala | ||||
20.1. Memahami konsep-konsep,hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta penerapannya secara fleksibel. | - Menganalisis insiden gerak lurus | |||
20.1. Memahami konsep-konsep,hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta penerapannya secara fleksibel. | - | |||
20.1. Memahami konsep-konsep, | - | |||
- | ||||
20.1. Memahami konsep-konsep,hukum-hukum, dan teori-teori fisika | - Menerapkan aturan newton dalam perhitungan | |||
menerapkan konsep gelombang dalam perhitungan |
Demikian goresan pena tentang:
0 Response to "Download Kisi-Kisi Soal Pretest Ukg Tahun 2017-Simpkb Mapel Fisika-Ipa Smp/Mts, Sma/Ma"
Post a Comment