Cara Mendidik Anak Sesuai Dengan Tumbuh Kembangnya

Namecheap.com Cara Mendidik Anak sesuai dengan Tumbuh Kembangnya_ Anak ialah amanah yang diberikan kepada orang tua. Setiap anak mempunyai keunikan dan  keistimewaan sendiri. Pola asuh yang baik dari orang renta sanggup menumbuhkan sisi keunikan dan keistimewaan mereka dan menyebabkan mereka sebagai orang yang sukses di masa depan Mendidik anak wajib dimulai semenjak dini. Untuk memperoleh keberhasilan yang optimal, Anda sebagai orang renta perlu menyesuaiakan dengan fase tumbuh kembang mereka. Oleh alasannya ialah itu disini kami akan membahas cara mendidik anak sesuai dengan tumbuh kembangnya.
Cara Mendidik Anak sesuai dengan Tumbuh Kembangnya Cara Mendidik Anak sesuai dengan Tumbuh Kembangnya

Fase Tumbuh Kembang anak
1. 7 tahun pertama (usia 0-7 tahun)
Anak yang berada pada tahapan usia ini mengalami tumbuh kembang yang sangat cepat, bahkan di katakan bahwa masa ini ialah masa golden age bagi anak.

Rangsangan motorik, emosional dan kognitif sangat gampang dipelajari anak pada masa ini. Oleh alasannya ialah itu hendaknya orang renta menyediakan waktu yang banyak untuk mencurahkan perhatiannya pada sang buah hati.

Pada masa ini perlakukan anak bagai raja. Penuhi kebutuhan nutrisinya, biarkan mereka berkreatifitas, jangan banyak marah-marah dan gampang memberi larangan. Pahamilah posisi mereka yang pada ketika itu otaknya sedang berkembang pesat. Biarlah mereka mencoba segala hal yang baru,namun tentunya tetap dibawah pengawasan Anda. Memperlakukan anak bagai raja disini bukan berarti lantas memanjakan mereka dalam batas yang tidak wajar.

Pada masa ini, hendaknya Anda mulai mengajarkan nilai-nilai tanggung jawab dan kemandirian tanpa adanya paksaan, menyerupai makan sendiri, menggunakan sepatu sendiri dan menggunakan pakaian sendiri. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan mereka memasuki sekolah dasar

Pada masa ini juga ajarkan nilai kejujuran yang dimulai dari keluarga terdekat. Jika Anda menciptakan akad dengan anak, hendaknya Anda harus berusaha menepatinya. Jangan hingga Anda lupa dan Anda tidak lagi dipercaya oleh anak.

2. 7 tahun kedua (usia 7 - 14)
Pada usia ini anak akan menghadapi pubertas. Oleh alasannya ialah itu anak harus dipersiapkan untuk disiplin. Anak juga harus dikenalkan mana yang baik dan mana yang buruk. Ajarkan pada mereka untuk konsekuen terhadap apa yang mereka lakukan.

Jika pada masa sebelumnya, tugas orang renta hanya mengawasi anak mereka. Maka pada usia ini tugas orang renta ialah untuk membimbing mereka. Orang renta juga boleh memperlihatkan reward atau punishmet atas apa yang dilakukan anak mereka.

Hukuman disini bersifat meluruskan hal yang belum benar dan memberi pola mana yang benar. Reward tidak harus selalu berupa materi, tetapi sanggup juga dengan ucapan yang nrimo memuji anaknya bahwa anaknya telah membanggakan mereka. Orang renta juga sanggup memperlihatkan kasih sayang Anda dengan mengacungkan jempol dan memeluk anaknya.

Pada masa ini orang renta juga harus mengajarkan anak untuk lebih berdikari dengan mengurus dirinya sendiri supaya ia tidak bergantung pada orang renta di masa depannya. Latihlah mereka mencuci piring sendiri, mencuci pakaian sendiri, menyetrika, dan membantu orang renta dalam pekerjaan rumah sehari-hari ketika melihat orang renta susah.

3. 7 tahun ketiga (usia 14 - 21)
Pada masa ini perlakukan anak sebagai sahabat. Ajaklah ia untuk bekerja sama. Lepaslah mereka untuk mandiri.

Pada masa ini anak sudah mulai mencari jati dirinya. Ia sanggup dengan gampang terpengaruh dengan lingkungan. Ia akan mulai mengalami banyak kejadian emosional dan sensitif terkait dirinya. Oleh alasannya ialah itu Anda harus peka terhadap kondisi anak.

Orang renta harus sanggup menjadi sahabat sekaligus memberi teladan yang baik. Ajak anak untuk saling bercerita perihal kesehariannya. Namun disini bukan memaksa mereka dongeng tapi berinisiatiflah bercerita kepadanya sehingga ia pun tidak aib untuk bercerita kepada Anda.

Pada masa ini, ajak pula teman-teman anak untuk bersahabat dengan Anda, sehingga Anda sanggup mengontrol mereka tanpa harus mengekangnya.

4. Usia 21 tahun ke atas.
Pada usia ini, berikanlah dogma dan kebebasan pada anak. Kebebasan disini bukan berati menciptakan anak berbuat sebebas-bebasnya. Biarkanlah anak bertindak dengan alasan yang terang dan masuk nalar dan tidak menyalahi aturan.

Anda sebagai orang renta hanya perlu mengarahkan mereka kalau mereka mengalami kesulitan. Latihlah anak untuk menciptakan keputusan dan melaksanakannya, dan doakanlah mereka selalu.
Setiap orang renta niscaya menginginkan anaknya berhasil, Oleh alasannya ialah itu perhatikanlah fase tumbuh kembang mereka, rawatlah, didiklah, dan doakan mereka supaya di masa depan Anda tinggal memetik hasilnya. Anda tidak akan menemukan penyesalan di masa renta Anda. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mendidik Anak Sesuai Dengan Tumbuh Kembangnya"

Post a Comment