Komplit - 60+ Teladan Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Namecheap.com 60+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Adik yang baik, pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan beberapa referensi soal UTS dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/MA yang disusun sebanyak 60 soal terdiri dari 50 soal pilihan ganda dan 10 soal essay dimana setiap soal sudah disediakan kunci jawabannya. Oiya Menurut Keraf dalam Smarapradhipa (2005:1), menunjukkan dua pengertian bahasa. Pengertian pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kedua, bahasa ialah sistem komunikasi yang mempergunakan simbol-simbol vokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.

 Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas  Komplit - 60+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
60+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru


Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA


60+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Pernyataan berikut yang tidak benar wacana sebuah isu ialah ....
a. Berita ialah kejadian penting yang dilaporkan wartawan untuk menerima perhatian pembaca, pendengar, atau pemirsa.
b. Sebuah isu harus disampaikan dengan benar, tidak memihak, san objektif.
c. Peristiwa yang memiliki nilai isu biasanya mengandung kriteria, menyerupai kedekatan, hangat/baru, penting, konflik, atau menarik perhatian.
d. Peristiwa yang memiliki nilai isu mengandung kriteria, menyerupai tempat yang jauh, hangat/baru, penting, adanya konflik, atau menarik perhatian.
e. Kejadian yang sudah usang kejadiannya cenderung kurang menarik lantaran dianggap sudah basi.
Jawaban: d

2. Rencana peningkatan sarana dan prasarana pendidikan guna menunjang pendidikan sekolah dasar (SD) di Kulonprogo dengan memakai Dana Alokasi Khusus (DAK) sepertinya bakal menuai permasalahan. Sebab, antara petunjuk alokasi penggunaan dan kebutuhan tenyata tidak sama dengan kebutuhan yang dialokasikan pemerintah pusat.
Unsur-unsur yang terdapat dalam isu di atas ialah ....
a. apa, siapa, dan di mana
b. apa, di mana, dan mengapa
c. siapa, kapan, dan bagaimana
d. bagaimana, kapan, dan siapa
e. bagaimana, kapan, dan mengapa
Jawaban: b

3. (1) Hasil ujian memilih kualitas seseorang dan dengan sendirinya menen tukan kualitas pendidikan dalam suatu negara. (2) Kualitas pendidikan dalam suatu negara menetukan kualitas sumber daya manusia. (3) Jadi, ujian tamat yang diadakan di sekolah-sekolah merupakan keharusan, lantaran memilih standar pendidikan di negara tersebut. (4) Di samping itu, perguruan tinggi swasta telah menetukan standar nilai calon mahasiswa yang sanggup diterima di perguruan tinggi tersebut.
Fakta pada paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (1) dan (4)
Jawaban: e

4. Kalimat berikut yang tidak memiliki nilai isu ialah ....
a. Dika, siswa Sekolah Menengan Atas Harapan, jatuh dari gedung lantai dua ketika hendak menuruni tangga.
b. Di Arizona seorang anak jatuh dari pohon.
c. Pukul sepuluh tadi pagi terjadi ukiran beruntun yang menewaskan 10 orang.
d. Agus Susanto dan calon istrinya, keduanya dokter rumah sakit terkenal, mengalami luka parah  dalam kecelakaan kendaraan beroda empat yang terbakar kemari. Sekarang pasangan itu masih berbaring di Rumah Sakit Pertamina.
e. Bom meledak dengan keras di pasar swalayan yang sedang ramai di kunjungi orang.
Jawaban: b

5. Jumlah gedung SD yang akan direhabilitasi mencapai 88 gedung. Rehabilitas akan memakai dana dari APBN yang dituangkan dalam APBD maupun dana dari APBN Provinsi DIY atau APBD Kulonprogo. “Termasuk di dalamnya gedung SD yang mengalami kerusakan akhir gempa bumi yang terjadi pada bulan Mei silam.”
Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan isu di atas ialah ....
a. Gedung SD yang akan direhabilitasi mencapai 88 gedung.
b. Rehabilitas gedung akan memakai dana dari APBN maupun APBD.
c. Gedung yang akan dibangun termasuk gedung SD yang mengalami kerusakan akhir gempa bumi pada bulan Mei silam.
d. Jumlah gedung SD yang akan direhabilitasi kurang dari 88 gedung.
e. Gempa bumi pada bulan Mei silam merusakkan sebagian gedung SD di Provinsi DIY.
Jawaban: d

6. Dalam upaya membuatkan pembangunan wilayah Solo belahan utara, mau tidak mau harus diikuti dengan penambahan sarana dan prasarana serta banyak sekali fasilitas. Djoko mencontohkan, menyerupai pembangunan pusat perbelanjaan, peningkatan jalan, bahkan hingga rencana pembangunan stasiun pengisian materi bakar umum (SPBU).
Kalimat utama paragraf di atas ialah ....
a. Dalam upaya membuatkan pembangunan di wilayah Solo belahan utara, mau tidak mau harus diikuti dengan penambahan sarana dan prasarana serta banyak sekali fasilitas.
b. Djoko mencontohkan, menyerupai pembangunan pusat perbelanjaan, peningkatan jalan, bahkan hingga rencana pembangunan stasiun pengisian materi bakar umum (SPBU).
c. Pembangunan wilayah Solo belahan utara harus diikuti dengan penambahan sarana dan prasarana serta banyak sekali fasilitas.
d. Pembangunan pusat perbelanjaan, peningkatan jalan, bahkan hingga rencana pembangunan stasiun pengisian materi bakar umum (SPBU) di wilayah Solo belahan utara sangatlah penting.
e. Pembangunan harus dilaksanakan merata di seluruh wilayah Solo.
Jawaban: c

7. Jika kalian tinggal di suatu kota, tentunya lebih tertarik pada isu wacana kejadian yang ada di kota kalian itu.
Hal ini berarti sesuai dengan ciri berita, yaitu ....
a. kedekatan
b. hangat dan baru
c. konflik
d. variasi
e. penting
Jawaban: a

8. Sampai kini minyak bumi merupakan energi utama. Berbagai macam industri memakai minyak bumi sebagai materi bakar untuk menggerakan mesin-mesin pabrik. Alat-alat transportasi, baik darat, laut, maupun udara, juga memakai minyak bumi sebagai materi bakarnya. Sumber energi yang lain, menyerupai gas bumi dan kerikil bara memang merupakan sumber energi yang penting pula. Namun, baik dilihat dari segi nilai irit maupun praktis, minyak bumi masih merupakan sumber energi utama untuk mengatasi gas bumi maupun kerikil bara.
Gagasan utama wacana tersebut ialah ....
a. Nilai irit minyak bumi.
b. Gas bumi sebagai sumber energi.
c. Minyak bumi sebagai sumber energi utama.
d. Penggunaan minyak bumi bagi industri.
e. Minyak bumi sebagai materi bakar alat-alat transportasi.
Jawaban: c

9. Di bawah ini beberapa kendala yang sering menganggu keberhasilan membaca cepat, kecuali ....
a. menggerakkan bibir
b. menggerakkan kepala ke kanan dan kiri mengikuti tulisan
c. membaca ulang
d. berkonsentrasi penuh
e. membaca tidak pada tempatnya
Jawaban: a

10. Budaya kawasan yang beraneka ragam merupakan kekayaan bangsa. Dari keaneka ragaman tersebut masih tampak adanya persamaan. Keanekaragaman budaya memang masuk akal lantaran kebudayaan itu masing-masing dikembangkan sesuai tuntunan lingkungan dan kebutuhan individual. Keanekaragaman itu balasannya menuju pada kesatuan lantaran intinya bangsa Indonesia ialah satu.
Gagasan yang dikembangkan dalam paragraf di atas ialah ....
a. Budaya kawasan yang beraneka ragam dikembangkan sesuai tuntunan lingkungan.
b. Keanekaragaman budaya kawasan sebagai sarana kesatuan bangsa.
c. Adanya persamaan antara budaya-budaya daerah.
d. Keanekaragaman budaya menggambarkan majemuk pola pikir masyarakat.
e. Budaya kawasan merupakan kekayaan bangsa.
Jawaban: e

11. Secara umum struktur ekonomi Indonesia ringkih lantaran basis ekonomi rakyat sangat lemah, sementara usaha-usaha besar tumbuh. Tiga sektor utama di Indonesia yang kini dijangkiti ciri ekonomi informal yang secara umum dikuasai ialah perdagangan, transportasi, dan industri. Sektor ini menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang makin besar, tetapi produktivitasnya rendah, menyerupai tampak dalam sensus tahun 1990 yang lalu.
Pernyataan berikut ini sesuai dengan paragraf di atas, kecuali ....
a. Perusahaan besar tumbuh.
b. Ciri ekonomi informal berjangkit.
c. Pada tahun 1990 diadakan sensus penduduk.
d. Basis perekonomi rakyat Indonesia sangat lemah.
e. Perdagangan, transportasi, dan industri sangat produktif.
Jawaban: c

12. Kalimat berikut yang termasuk penolakan pedapat yang sopan ialah ....
a. Usul Anda tidak masuk logika dan sangat sulit diterima.
b. Berdasarkan pengamatan kami, anjuran Saudara tidak cocok dilaksanakan di sekolah ini.
c. Pendapat Anda sungguh dangkal, menyerupai pendapat anak-anak.
d. Pendapat Saudara memang memiliki nilai praktis, tetapi kita perlu juga memperhatikan pendapat orang lain.
e. Saya tidak sanggup mendapatkan anjuran yang terbelakang itu.
Jawaban: d

(Penggalan indeks untuk soal nomor 13 dan 14)
Bangsa 3 : 31
Bangsa Indonesia 3 : 32
Bangunan Suci Agama Hindu 4 : 17
Bani Israel 15 : 1, 19 : 52
Banjar Baru, Kota 11 : 26
Banjar, Kerajaan 11 : 27, 11 : 28
Banjar, Suku 16 : 16
Banjarmasin, Kalimantan Selatan 2 : 26, 5 : 34, 11 : 1, 11 : 25

13. Informasi mengenai Kerajaan Banjar sanggup ditemukan pada halaman ....
a. 16 dan 26
b. 27 dan 28
c. 26 dan 27
d. 11 dan 27
e. 26 dan 11
Jawaban: b

14. Ensiklopedia jilid 15 halaman 1 memuat informasi wacana ....
a.  Suku Banjar
b. Banjarmasin
c. Kota Banjar Baru
d. Bani Israel
e. Bangunan Suci Agama Hindu
Jawaban: d

15. Rahman medesak pemerintah Indonesia untuk mengambil potensi dampak negatif dari tansaksi PMI itu. Namun berdasarkan Rahman, pemerintah tak perlu menghalangi akuisisi itu dengan alasan kesehatan.
Pokok informasi yang ada pada paragraf di atas ialah ....
a. Rahman medesak pemerintah.
b. Pemerintah mengambil langkah mengurangi potensi dampak negatif dari tansaksi PMI.
c. Pemerintah perlu menghalangi akuisisi.
d. Rahman medesak pemerintah guna mengurangi potensi dampak negatif dari tansaksi PMI.
e. Menghalangi akuisisi itu dengan alasan kesehatan.
Jawaban: d

 (Grafik untuk soal nomor 16 dan 17)


16. Pernyataan berikut yang sesuai dengan grafik di atas ialah ....
a. Jumlah angkatan kerja yang tamat SD lebih tinggi dari pada tidak tamat SD.
b. Persentase angkatan kerja dari perguruan tinggi tinggi tidak mencapai 10%.
b. Angkatan kerja yang tamat Sekolah Menengah Pertama mencapai 10%.
d. Jumlah angkatan kerja dari yang tidak sekolah meduduki peringkat paling tinggi.
e. Persentase angkatan kerja dari yang tidak tamat SD lebih rendah dari yang tamat SD.
Jawaban: c

17. Persentase angkatan kerja tamat Sekolah Menengan Atas mencapai .... %
a. 5
b. 10
c. 14
d. 15
e. 16
Jawaban: c

18.  “Adanya pendidikan nonformal merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal. Dengan kata lain, pendidikan nonformal ialah salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia. Oleh lantaran itu, tidak ada alasan bagi institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo untuk membedakan lulusan Kejar Paket,” ujar Kelik kepada wartawan di ruang kerjanya pekan lalu.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari paragraf di atas ialah ....
a. Pendidikan nonformal untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal.
b. Pendidikan nonformal ialah salah satu pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
c. Institusi pendidikan ataupun dunia industri di Solo dimohon untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket.
d. Kelik menghimbau untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket dengan lulusan pendidikan lainnya.
e. Pendidikan nonformal satu-satunya pilihan dalam mengakses pendidikan di Indonesia.
Jawaban: e

19. Kepala Subdinas (Kasubdin) Pendidikan Masyarakat Pemuda dan Olahraga (PMPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Drs. Kelik Isnawan mengungkap, jangan hingga ada anggapan jikalau kualitas lulusan Kejar Paket yang notabene belahan dari pendidikan nonformal lebih rendah daripada lulusan pendidikan formal.
Unsur-unsur yang terdapat dalam isu di atas ialah ....
a. siapa dan apa
b. kapan dan dimana
c. mengapa dan bagaimana
d. mengapa dan di mana
e. kapan dan mengapa
Jawaban: a

20. Lembaga pendidikan yang setara dengan Sekolah Menengah Pertama ialah ....
a. kejar paket A
c. kejar paket B
d. kejar paket C
d. sekolah penyetaraan A
e. sekolah penyetaraan B
Jawaban: b

21.    Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN eksklusif disambut bangga Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Meraka untuk merealisasikan seluruh kegiatan pendidikan, mulai BOS (bantuan oprasional sekolah) hingga rehabilitasi gedung sekolah.
    Sekretaris Jenderal Depdiknas, Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika mengatakan, putusan MK itu sangat cerdik lantaran sudah mengikuti sejumlah pertimbangan yang matang. “Saya sempat mengikuti beberapa kali sidang MK. Putusan yang disampaikan MK sudah melalui pertimbangan dan harus kita cermati,” papar Dodi ketika dihubungi Jawa Pos tadi malam.
Hal berikut yang bukan merupakan isi dari wacana di atas ialah ....
a. MK memerintahkan pemerintah untuk menambah anggaran pendidikan di APBN.
b. Putusan MK yang memerintahkan pemerintah menambah anggaran pendidikan di APBN disambut bangga Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
c. Depdiknas akan memakai alokasi dana itu untuk merealisasikan seluruh kegiatan pendidikan, mulai dari dukungan oprasional sekolah hingga rehabilitasi gedung sekolah.
d. Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika sempat mengikuti beberapa kali sidang MK.
e. Putusan yang disampaikan MK harus dipertimbangkan lagi.
Jawaban: e

22. Membaca sesuatu dengan cara melihat dengan cermat atas sesuatu yang dibaca disebut membaca....
a. indah
b. intensif
c. dalam hati
d. bersuara
e. memindai
Jawaban: e

23.    Gamelan Terpengaruh Musik Eropa
    Adjunt Profesor Musik Departemen Wesleyan University USA, Prof. Dr. Sumarsam mengatakan, di Amerika ada radio yang menyiarkan gending-gending Jawa. Juga ada perguruan tinggi tinggi yang menunjukkan mata kuliah gamelan. Namun, mata kuliah gamelan hanya mata kuliah pilihan. Umumnya mata kuliah tingkat S1 sifatnya umum. Dikatakan Prof. Dr. Sumarsam, perguruan tinggi tinggi disana juga memiliki keterbatasan. Jadi, ia sepakat kalau ada yang menyatakan suatu ketika sanggup terjadi orang Jawa mencar ilmu gamelan di Amerika. “Mereka hanya untuk mengungkapkan bahwa di AS gamelan menerima perhatian, sementara di Jawa sendiri menyerupai tersisih,” kata Sumarsam di pusat kebudayaan UGM.
    Menurut Sumarsam, sudah semenjak kala ke-19 musik gamelan terpengaruh musik Eropa. Waktu itu lagu kebangsaan Belanda “Wihelmus” diiringi gamelan untuk mengiringi miyos-nya raja dan keluarganya di hadapan umum. Sejak itu, musik Eropa masuk keraton.
Berikut yang bukan merupakan pokok-pokok isi dalam teks isu tersebut ialah ....
a. Gending-gending Jawa telah usang dipelajari di Amerika.
b. Gending-gending Jawa kurang menerima perhatian di Jawa.
c. Gending-gending Jawa terpengaruh musik Eropa.
d. Gending-gending Jawa akan menerima perhatian di Jawa.
e. Gending-gending Jawa disukai anak cukup umur di Amerika.
Jawaban: d

24. Pernyataan yang salah wacana penyajian data melalui tabel atau grafik ialah ....
a. Data yang disajikan dalam bentuk tabel sanggup menarik perhatian pembaca.
b. Data jumlah siswa, jumlah lulusan, kependudukan, dan sejenisnya lebih gampang dilihat secara visual jikalau dinyatakan dalam bentuk angka-angka.
c. Table menyajikan data yang diklasifikasikan secara sistematis berdasarkan kesatuan tertentu.
d. Dari tabel kita mengetahui secara panjang lebar uraian data atau sesuatu.
e. Dari judul tabel kita sanggup mengetahui mengenai apa, di mana, dan bagaimana perkembangan sesuatu.
Jawaban: d

25.    Saya pulang sekolah. Waktu itu cuaca cerah. Dalam perjalanan saya melihat jalan-jalan dan pohon-pohon berair semua. Pekarangan pun tampak becek. Bahkan di sana-sini air kecokelatan tampak menggenang.
Dari paragraf di atas sanggup disimpulkan bahwa ....
a. air kali meluap
b. tadi turun hujan
c. ada bendungan jebol
d. banyak orang berteduh
e. orang buang sampah di selokan
Jawaban: b

26.    Sebagai tempat hidup, bahari memiliki kelebihan dibandingkan darat. Kelebihan-kelebihan laut, antara lain suhu yang berubah-ubah, dukungan yang banyak untuk melawan gravitasi bumi, dan air yang cukup tersedia. Dengan air yang cukup tersebut, makhluk hidup di bahari sanggup menyerap air eksklusif masuk ke sistem tubuh. Makhluk hidup di bahari sanggup memperoleh oksigen dan karbon.
Paragraf di atas memakai pola pengembang ....
a. deduksi
b. induksi
c. deskripsi
d. narasi
e. silogisme
Jawaban: c

27. Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas. Ketika itu bunga-bunga sudah bermunculan. Putik tipis terumbai-umbai bergerak ditiup angin, menyerupai busa air kali yang deras.
Jika ditinjau dari cara pemaparannya, paragraf di atas merupakan karangan ....
a. narasi
b. deskripsi
c. argumentasi
d. persuasi
e. eksposisi
Jawaban: b

28. (1) Polisi kemudian lintas sibuk mengatur kemacetan kemudian lintas.
(2) Di jalan samping, empat orang siswa berkendara menyerempet kendaraan beroda empat hingga pingsan dan luka-luka.
(3) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(5) Untung tidak menjadikan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas ialah ....
a. (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(2)-(5)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(5)
e. (1)-(2)-(3)-(5)-(4)
Jawaban: c

(Paragraf untuk soal nomor 29 dan 30)
    Lomba Karya Cipta dan Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA/SMK wilayah eks Keresidenan Pekalongan dimaksudkan untuk menunjukkan wadah kreativitas bagi para siswa Sekolah Menengan Atas dalam berkarya puisi. Selama ini, sebagian besar lomba yang ada hanyalah pembacaan puisi. Oleh lantaran itu, semoga para siswa juga sanggup menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.

29. Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas di sebut paragraf ....
a. deduktif
b. induktif
c. campuran
d. naratif
e. deskripsi
Jawaban: c

30. Paragraf di atas membahas wacana ....
a. manfaat lomba
b. maksud lomba
c. rencana lomba
d. juara terbaik
e. akseptor lomba
Jawaban: b

31. Di bawah ini merupakan nilai-nilai yang ada dalam karya sastra, kecuali ....
a. nilai moral
b. nilai estetika
c. nilai sosial
d. nilai budaya
e. nilai hukum
Jawaban: e

32. Paragraf yang isinya dimaksudkan untuk memengaruhi pembaca semoga mendapatkan ilham atau pernyataan yang dikemukakan, baik yang didasarkan pada pertimbangan logis meupun emosional disebut paragraf ....
a. argumentasi
b. persuasi
c. deskripsi
d. eksposisi
e. narasi
Jawaban: b

33.


Pengembangan paragraf menyerupai pada gambar di atas ialah pengembangan paragraf secara ....
a. deduktif
b. induktif
c. deduktif-induktif
d. alasannya ialah akibat
e. akhir sebab
Jawaban: b

34. Cerita yang di dalamnya mengandung kisah lain disebut ....
a. kisah rakyat
b. kisah berbingkai
c. kisah binatang
d. legenda
e. kisah lama
Jawaban: b

35. Cerita yang tokoh-tokohnya ialah hewan disebut ....
a. fabel
b. legenda
c. mite
d. sage
e. parabel
Jawaban: a

36. Aspek-aspek keindahan yang menempel pada karya sastra, contohnya pilihan gaya bahasa merupakan aspek karya sastra yang disebut dengan nilai ....
a. moral
b. estetika
c. sosial budaya
d. ketuhanan
e. kemanusiaan
Jawaban: b

37. Jenis karangan yang dalam penyajiannya sangat mengutamakan gaya bahasa disebut ....
a. cerpen
b. novel
c. roman
d. prosa
e. puisi
Jawaban: e

38. Anak kecil itu sangat keras tangisnya, sehingga diberi pula kaki yang besar untuk dimakan. Unsur yang menonjol pada penggalan kisah rakyat di atas ialah ....
a. setting
b. gaya bahasa
c. tema
d. pesan
e. penokohan
Jawaban: e

39. Pemeliharaan dan proteksi sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan dan melestarikan disebut ....
a. kondusif
b. konstruksi
c. konservasi
d. konservatori
e. konservatif
Jawaban: c

40. Setelah menemui jejak ibunya, dikejarnya hingga melihat bahwa ibunya meletakkan air susu, telur ayam, dan nasi berbakul-bakul. Sehabis makan, ibunya dikejar lagi.
Alur yang dipakai dalam penggalan hikayat di atas ialah alur ....
a. mundur
b. flash back
c. meloncat-loncat
d. campuran
e. maju
Jawaban: e

41.    Hatta akan dengan takdir Alloh menganugerahi kepada hamba-Nya, maka si miskin pun menggali tanah hendak berbuat tempatnya tiga beranak itu. Maka digalinyalah tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itu maka tergalilah kepada sebuah tajau yang besar berisi emas terlalu banyak. Maka si istri itu pun datanglah meihat akan emas itu, seraya berkata suaminya, “Adapun akan emas itu, hingga kepada anak cucu kita tidak habis dibentuk belanja.”
Makna kata tajau dalam penggalan hikayat tersebut ialah ....
a. perhiasan
b. barang antik
c. harta karun
d. topi mahkota
e. tempayan besar
Jawaban: e

42. Unsur tempat, waktu, suasana, budaya, adat, dan situasi yang melatarbelakangi terjadinya kisah disebut ...
a. latar
b. tema
c. amanat
d. alur
e. plot
Jawaban: a

43. Fajar timur tiba menjelang
      Membawa pertama ke atas dunia
      Seri berseri sepantun mutia
      Bebagai warna bersilang-silang
Makna bait puisi di atas yaitu ....
a. Bangsa-bangsa di wilayah timur mulai bergolak sehingga menggoyahkan kedudukan penjajah, antara kuasa dan tiada.
b. Pergerakan kebangsaan mulia menuntut kemerdekaan yang menjadi haknya. Berbagai cara dan berganti taktik memperjuangkannya.
c. Dengan gigih berusaha balasannya tercapai juga kemerdekaan itu. Kemerdekaan memacu semangat membangun negara di negeri sendiri yang diinginkannya.
d. Bunga bangsa (pergerakan kebangsaan) menggelora memberi semangat juang rakyat untuk mengisi kemerdekaan.
e. Bunga bangsa keguguran memperjuangkan nasib bangsa yang sedang dijajah.
Jawaban: b

44. Perangkat kata berikut bersinonim, kecuali ....
a. tafakur, taat, dan pasrah
b. infiltrasi, perembesan, dan penyuapan
c. autentik, orisinil, dan asli
d. leksikon, kamus, dan daftar pustaka
e. kaidah, aturan, dan norma
Jawaban: d

45. Pernyataan yang memakai kata bermakna denotatif ialah ....
a. Iman ialah kemudi dalam mengaruhi zaman.
b. Ia meninggal lantaran terkena anak panah penduduk pedalaman.
c. Cerita itu telah digeraminya.
d. Pemuda selalu berdarah panas.
e. Ia sibuk mengukir  prestasi.
Jawaban: b

46. Paragraf yang bertujuan memengaruhi pembaca untuk melaksanakan tindakan sesuai yang diperlukan penulisnya disebut paragraf ....
a. argumentasi
b. persuasi
c. deskripsi
d. eksposisi
e. narasi
Jawaban: b

47.Pengumpulan materi dalam penulisan karangan sanggup dilakukan dengan cara berikut, kecuali ....
a. melaksanakan studi pustaka
b. mengadakan pengamatan
c. melaksanakan wawancara
d. mengadakan observasi
e. menyalin goresan pena orang lain
Jawaban: e

48. Kampanye pilitik dan iklan merupakan salah satu referensi penggunaan wacana jenis ....
a. argumentasi
b. persuasi
c. deskripsi
d. eksposisi
e. narasi
Jawaban: b

49. Berikut ini yang bukan merupakan unsur intrinsik karya sastra ialah ....
a. alur dtau jalan cerita
b. latar atau setting
c. tema atau topik
d. perwatakan dan penokohan
e. keadaan sosial politik sekitar pengarang
Jawaban: e

50. Hubungan yang mengatur suatu insiden dengan perstiwa lain atau antara satu adegan dengan adegan lain dalam kisah disebut ....
a. alur atau jalan cerita
b. latar atau setting
c. tema atau topik
d. perwatakan dan penokohan
e. pusat pengisahan
Jawaban: a


II. SOAL ESSAY

1. Suatu penyajian singkat dengan mempertahankan urutan karangan asli disebut….
Jawaban: ringkasan atau rangkuman

2. Teknik membaca yang sempurna dipakai untuk mencari entri pada indeks adalah….
Jawaban: memindai

3. Buku yang menghimpun uraian wacana banyak sekali cabang ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam bentuk artikel-artikel terpisah dan biasanya tersusun berdasarkan aksara disebut….
Jawaban: Ensiklopedia

4. Peristiwa yang melibatkan orang-orang populer atau ternama merupakan isu yang menarik. Hal ini berarti ciri isu menonjolkan….
Jawaban: nama

5. Daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya pada belahan tamat buku) disebut…
Jawaban: indeks

6. Jelaskan perbedaan antara ringkasan dan ikhtisar!
Jawaban:  Ringkasan merupakan penyajian yang lebih singkat dari suatu karangan asli dan tetap mempertahankan urutan isi serta sudut pandang pengarang asli. Sedangkan ikhtisar ialah pandangan secara ringkas terhadap hal-hal yang penting-penting saja.

7. Sebutkan dan jelaskan unsur 5W + 1H dalam berita!
Jawaban:
a. Apa yang terjadi dalam isu tersebut?
b. Siapa yang terlibat dalam insiden itu?
c. Kapan insiden itu terjadi?
d. Di mana insiden itu terjadi?
e. Mengapa insiden itu sanggup terjadi?
f. Bagaimana insiden itu terjadi?

8. Mengapa kita harus kritis dalam mendapatkan berita?
Jawaban: semoga kita tidak salah dalam memperoleh informasi

9. Apakah yang dimaksud dengan indeks?
Jawaban: Indeks ialah daftar kata atau istilah penting yang terdapat di buku cetakan (biasanya pada belahan tamat buku), tersusun berdasarkan aksara yang menunjukkan informasi mengena halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

10. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mendengarkan pembacaan berita!
Jawaban:
a. mencatat pokok-pokok informasi tersebut;
b. memilih fakta dan opini;
c. mengajukan pertanyaan;
d. memberikan informasi dan menyimpulkannya


Demikianlah informasi yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 60+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam mencar ilmu demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas  Komplit - 60+ Contoh Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 32Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Pencarian yang paling banyak dicari
  • soal Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2 beserta jawabannya
  • soal Bahasa Indonesia kelas 10 smk beserta jawabannya
  • bank soal pai sma kurikulum 2013
  • soal Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 tahun 2017
  • soal essay Bahasa Indonesia kelas 10 beserta jawabannya
  • kunci jawaban lks Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2
  • soal uas sma pai
  • soal Bahasa Indonesia kelas 10 semester 2 beserta jawabannya
  • 2018,2019,2020,2021,2022


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komplit - 60+ Teladan Soal Uts Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru"

Post a Comment