Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013 Kelas X, XI, XII
Kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA, MA, SMK, dan MAK ini menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 yang mengacu pada kurikulum 2013.Kompetensi inti dan kompetensi dasar mapel Bahasa Indonesia ini terdiri atas umum dan peminatan.
Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi perilaku spiritual, (2) perilaku sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Berikut yaitu tautan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013 Kelas X XI XII: Umum dan Peminatan:
Berikut yaitu kami kutipkan sebagian dari isi Dasar Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013 Kelas X XI XII: Umum dan Peminatan tersebut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
---|---|
3. Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah | 4. Mengolah, menalar, danmenyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.1 Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis | 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baiksecara verbal maupun tulis |
KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR |
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi | 4.2 Mengkonstruksi-kan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik verbal maupun tulis |
3.3 Mengidentifikasi(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | 4.3 Mengembangkan isi(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara verbal dan/tulis |
3.4 Menganalisis struktur dankebahasaan teks eksposisi | 4.4 Mengonstruksikan tekseksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan |
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dariaspek makna tersirat | 4.5 Mengonstruksi makna tersiratdalam sebuah teks anekdot baik verbal maupun tulis |
3.6 Menganalisis struktur dankebahasaan teks anekdot. | 4.6 Menciptakan kembali teksanekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik verbal maupun tulis |
3.7 Mengidentifikasi nilai-nilai danisi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik verbal maupun tulis | 4.7 Menceritakan kembali isi ceritarakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca |
3.8 Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dancerpen | 4.8 Mengembangkan dongeng rakyat(hikayat) ke dalam bentukcerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. |
3.9 Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca.gkan nilai- nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen | 4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca |
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuandalam teks perundingan verbal maupun tertulis. | 4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan danpenutup dalam teks perundingan secara verbal atau tulis |
3.11 Menganalisis isi, struktur(orientasi, pengajuan,penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi | 4.11 Mengkonstruksikan teks perundingan denganmemerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan |
3.12 Menghubungkanpermasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan tamat dari debat untuk menemukan esensi dari debat | 4.12 Mengonstruksipermasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan tamat dari debat secara verbal untukmenunjukkan esensi dari debat |
Demikian goresan pena tentang
Download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK Kurikulum 2013 Kelas X XI XII: Umum dan Peminatan
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
0 Response to "Download Kompetensi Inti Dan Dasar Bahasa Indonesia Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013"
Post a Comment