Download Buku Guru SD-MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 Tema 1, 2, 3, 4 pdf
Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini meliputi hal-hal sebagai berikut.
1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru ihwal suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dan indikator dari aneka macam mata pelajaran.
2. Ruang lingkup pembelajaran yang memperlihatkan citra ihwal kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
4. Media dan alat pembelajaran yang akan dipakai pada setiap kegiatan pembelajaran.
5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
6. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
7. Berbagai teknik penilaian siswa.
8. Informasi yang menjadi contoh kegiatan remedial dan pengayaan.
9. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Berikut ialah tautan download Download Buku Guru SD-MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 Tema 1, 2, 3, 4 pdf:
Download Buku Guru SD-MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 pdf Tema 1
Download Buku Guru SD-MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 pdf Tema 2
Download Buku Guru SD-MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 pdf Tema 3
Download Buku Guru SD-MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 pdf Tema 4
Berikut ialah kutipan kata pengantar dari Buku Guru SD-MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 Tema 1, 2, 3, 4 tersebut:
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa
di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang
berbasis acara disusun sebagai salah satu penunjang penerapan
Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan
pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang
ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan
Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan
memakai buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang
menjadi contoh dalam proses berguru mengajar di kelas. Isi dari Buku
Guru hanyalah contoh acara pembelajaran yang sanggup dilakukan
di kelas. Guru mempunyai keleluasaan untuk membangun kegiatan
pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan
siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan
Pemerintah khususnya berkaitan dengankonsep penilaian dan
pelaporan yang tidak sanggup diurai secara detil dalam buku ini.
Meski buku ini juga dilengkapi dengan materi aksesori untuk
pengayaan guru, kehadiran buku-buku penunjang guna memperkaya
wawasan dan keterampilan akseptor didik tetap dibutuhkan. Jika
perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah
dimiliki sekolah sebagai penunjang, mengingat ia memang didisain
sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun akseptor didik juga
sanggup memanfaatkan bahan-bahan berguru lainnya yang relevan,
termasuk ensiklopedia, aneka macam buku yang membahas topik terkait
pembelajaran, majalah, suratkabar, dan sebagainya.
Buku ini dibentuk dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang
telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui
proses review, evaluasi, editing, oleh dan mendapat catatan serta
saran-saran perbaikan yang dilakukan oleh penelaah maupun tim
editor di bawah pengawasan Kemendikbud.
Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas aba-aba dari
Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan
KI 2 kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru
tetap melaksanakan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual
dan sikap social akseptor didik.
Tentang Buku Guru
Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas I
Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan
pembelajaran tematik terpadu. Buku ini meliputi hal-hal sebagai berikut.
1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru ihwal suatu tema
yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dan
indikator dari aneka macam mata pelajaran.
2. Ruang lingkup pembelajaran yang memperlihatkan citra ihwal kegiatan
dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
4. Media dan alat pembelajaran yang akan dipakai pada setiap kegiatan
pembelajaran.
5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari
Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk
menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
6. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku
positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat
tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi
reflektif.
7. Berbagai teknik penilaian siswa.
8. Informasi yang menjadi contoh kegiatan remedial dan pengayaan.
9. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan
kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas
yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.
1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti
membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melaksanakan permainan,
demonstrasi, dan pemecahan masalah.
2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa sanggup mengorganisir
informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan
dikerjakan).
3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya semoga siswa bisa
mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
4. Memberi kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu siswa memahami konsep.
5. Memberi kiprah yang sanggup menyebarkan kemampuan berpikir tingkat
tinggi.
6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah
dipelajari.
7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Buku Guru mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa
dan sebagai contoh kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya
buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan
tema.
3. Upayakan untuk meliputi kompetensi pada sikap spiritual dan sikap
sosial dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan
penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan
sikap positif.
4. Dukunglah ketercapaian kompetensi pada sikap spiritual dan sosial dengan
kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang bekerjasama dengan buku siswa
sesuai dengan halaman yang dimaksud.
6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memperlihatkan pengantar
sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jikalau dilengkapi dengan kegiatan
pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu
siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang,
menyanyikan lagu, memperlihatkan gambar dan sebagainya. Demikian juga
pada ketika menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap
perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk
memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu
yang diuraikan dalam buku ini.
7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam menentukan metode pembelajaran. Termasuk
di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi
kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati
flora di luar kelas pada ketika hujan).
8. Pilihlah bermacam-macam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya
bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar,
dan sebagainya). Penggunaan bermacam-macam metode tersebut, selain melibatkan
siswa secara langsung, diharapkan juga sanggup melibatkan warga sekolah
dan lingkungan sekolah.
9. Kembangkanlah keterampilan berikut ini:
a. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM),
b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir
tingkat tinggi,
c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan
d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
10. Gunakanlah media atau sumber berguru alternatif yang tersedia di lingkungan
sekolah.
11. Pada setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema.
Setiap subtema diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran
dialokasikan untuk 1 hari.
12. Perkiraan alokasi waktu sanggup merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun
demikian, alokasi waktu berdasarkan mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk
umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan
situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.
13. Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian sanggup berfungsi
sebagai portofolio siswa.
14. Buatlah catatan refleksi sehabis satu subtema selesai, sebagai materi untuk
melaksanakan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya
faktor-faktor yang menimbulkan pembelajaran berlangsung dengan baik,
kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan
lebih lanjut.
15. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas
dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang
kecerdasan majemuk, gaya berguru siswa serta bermacam-macam faktor penyebab
efektivitas dan kesulitan berguru siswa, sangat dibutuhkan.
16. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diharapkan janji guru untuk
mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).
Kegiatan Bersama Orang Tua
Secara khusus, di setiap simpulan pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom
untuk orang renta dengan subjudul ‘Kegiatan Bersama Orang Tua’. Kolom ini
berisi informasi ihwal acara berguru yang sanggup dilakukan siswa bersama
orang renta di rumah. Orang renta diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam
acara berguru siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang tua
sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua
dan siswa di rumah.
Beberapa Singkatan Nama Mata Pelajaran dan Kepanjangannya
1. SBDP : Seni Budaya dan Prakarya
2. PPKn : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. PJOK : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Demikian goresan pena tentang
Download Buku Guru SD-MI Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 Tema 1, 2, 3, 4 pdf
Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
0 Response to "Download Buku Guru Sd-Mi Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017 Pdf"
Post a Comment