Rpp Seni Budaya Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013

Namecheap.com

Download RPP Seni Budaya SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Berikut kami sajikan tautan Download Contoh RPP Seni Budaya SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013:




Berikut ini kami petikkan isi dari RPP Seni Budaya SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 tersebut:


Lampiran: Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : Sekolah Menengan Atas …………………………….

Matapelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)

Kelas/Semester : X/satu

Materi Pokok : Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika dan teknik dalam

proses berkarya seni rupa dua dimensi

Alokasi Waktu : 4 x 4 JP




A. Kompetensi Inti (KI)

1. KI 1 : Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya.

2. KI 2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan mengatakan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa keingintahuannya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4. KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

1. KD. 1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta gembira terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan

2. KD. 2.1  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui acara berkesenian

KD. 2.3  Menunjukkan sikap responsif dan pro- aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya

3. KD. 3.1. Memahami bahan, media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa

KD. 3.2. Menerapkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa

Indikator:

 Menjelaskan macam karya seni rupa dua dimensi.

 Menjelaskan proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi.

 Menjelaskan konsep seni rupa dua dimensi yang sedang berkembang

 Menjelaskan langkah-langkah menciptakan karya seni rupa dua dimensi.

 Menjelaskan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.

 Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika

 Menyampaikan hasil pengumpulan dan final informasi yang diperoleh

 Mempertanggung jawabkan secara ekspresi atau goresan pena mengenai karya seni rupa dua dimensi

4. KD. 4.1. Membuat karya seni rupa dua dimensi menurut melihat model

Indikator:

 Bereksperimen dengan bermacam-macam media dan teknik dalam menciptakan karya seni rupa dua dimensi.

 Membuat karya seni rupa dua dimensi.

C. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses melihat, mengamati, menanyakan dan berdiskusi siswa dapat:

 Menjelaskan macam karya seni rupa dua dimensi.

 Menjelaskan proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi.

 Menjelaskan konsep seni rupa dua dimensi yang sedang berkembang

 Menjelaskan langkah-langkah menciptakan karya seni rupa dua dimensi

 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui acara berkesenian

Melalui proses mengumpulkan informasi, bereksperimen, membandingkan karya dan menghubungkan data siswa dapat:

 Menjelaskan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.

 Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika

 Menyampaikan hasil pengumpulan dan final informasi yang diperoleh

 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta tenang dalam mengapresiai seni dan pembuatnya

Melalui proses pembuatan karya seni rupa dan laporan pertanggungjawaban karya siswa dapat:

 Mempertanggung jawabkan secara ekspresi atau goresan pena mengenai karya seni rupa dua dimensi

 Bereksperimen dengan bermacam-macam media dan teknik dalam menciptakan karya seni rupa dua dimensi.

 Membuat karya seni rupa dua dimensi.

 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya

D. Materi Pembelajaran

Fakta

 Karya lukisan

 Karya reklame

 Karya Ilustrasi

 Karya grafis

 Karya batik

 dll.

Konsep

Definisi karya seni rupa dua dimensi, yakni karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar, tidak mempunyai volume dan ruang. Contoh : seni lukis, seni reklame, seni grafis, batik, tenun dan lain-lain.

Prinsip

 Jenis dan simbol karya seni rupa dua dimensi.

Jenis karya seni rupa dua dimensi:

Karya seni rupa murni dua dimensi yakni karya seni rupa dua dimensi yang dibentuk untuk kepentingan ekspresi (ungkapan batin) seniman tanpa mempunyai nilai kegunaan.
Karya seni rupa terapan dua dimensi yakni karya seni rupa dua dimensi yang bertitik tolak dari unsur-unsur objektif. Unsur objektif karya seni rupa terapan dua dimensi yakni unsur guna, ekonomi, produksi, promosi, dan kebutuhan masyarakat.

Simbol karya seni rupa dua dimensi:

Merupakan perlambang/makna dari bentuk/corak karya seni rupa dua dimensi.

 Nilai estetika pada karya seni rupa dua dimensi

Kemampuan dalam mempersepsi, memahami, menanggapi, merefleksi, menganalisis, dan mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi

 Media dan teknik karya seni rupa dua dimensi

Alat dan media mempunyai banyak variasi dan macamnya. Alat dan media sanggup berupa pensil dengan materi grafit, pensil warna, bolpoin, krayon, dan lain-lain. Setiap alat dan media tersebut mempunyai aksara yang berbeda

 Teknik dalam karya seni rupa sanggup dimulai dengan cara yang sangat sederhana dan gampang dilakukan. Buatlah denah terlebih dahulu biar karya seni rupa mempunyai komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik.

Prosedur:

 Langkah-langkah menciptakan karya seni rupa dua dimensi. Contoh: lukisan cat minyak diatas kanvas (lukisan yang memakai media cat yang berupa tepung atau pasta yang dilarutkan/dicampur dengan minyak (lijn oil)). Prosedur penggunaan media yang untuk melukis (kanvas, triplek, kertas dan sebagainya). Prosedur penggunaan alat yang dipakai (kuas atau pisau palet).

E. Metode Pembelajaran

 Eksperimen

 Diskusi

 Presentasi

 Penugasan

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1. Media

LCD projector, Video karya seni rupa gambar karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak dan internet, Buku gambar A3, pencil, penghapus, Pewarna, materi untuk pembuatan karya seni rupa dua dimensi.

2. Alat/Bahan

Alat dan materi untuk pembuatan karya seni rupa dua dimensi sesuai dengan pilihan siswa

3. Sumber Belajar

Buku Paket Seni Budaya Kelas X, Buku-buku lain yang relevan, Informasi melalui media cetak dan internet, Hasil karya seni rupa, serta sumber lain yang relevan.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Setelah merefleksi pengalaman siswa perihal karya-karya seni rupa yang pernah mereka lihat, siswa saling bertanya secara lesan perihal macam-macam karya seni rupa yang pernah mereka lihat. Selanjutnya siswa melihat karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.), dan internet, kemudian siwa saling bertanya perihal hasil pengamatan karya seni rupa dua dimensi. Siswa dibagi dalam 6 (enam) kelompok dan diminta untuk mengumpulkan informasi perihal jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa, kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian. Selama proses pembelajaran dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas siswa. Setelah merefleksi pengalaman siswa perihal proses pembuatan karya seni rupa yang pernah mereka buat atau lihat, siswa saling bertanya perihal materi dan alat, serta media dan teknik dalam menciptakan karya seni rupa. Kemudian siswa mengamati proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media audio visual, dilanjutkan dengan tanya jawab perihal langkah-langkah menciptakan karya seni rupa dua dimensi. Siswa secara individu diminta untuk bereksperimen dengan bermacam-macam media dan teknik dalam menciptakan karya seni rupa dua dimensi, selanjutnya siswa saling berdiskusi perihal bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika karya seni rupa dua dimensi yang sudah mereka buat. Selama proses pembelajaran dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas siswa.

Setelah mereviu perihal proses dan langkah-langkah pembuatan karya seni rupa dua dimensi, siswa saling menanya perihal kesesuaian materi dan alat yang telah mereka bawa dengan hasil denah dan rancangan yang telah mereka buat. Masing-masing siswa menuangkan hasil karya denah dan rancangan yang telah mereka buat pada materi karya seni rupa yang telah mereka bawa. Selama proses pembelajaran dilakukan penilaian keterampilan memakai alat dan materi serta ide/gagasan dalam berkarya.

Setelah mereviu perihal pembuatan tulisan/laporan karya seni rupa dua dimensi, siswa saling mengamati kesesuaian antara isi tulisan/ laporan dengan hasil karya seni rupa yang telah mereka buat. Kemudian siswa di bagi dalam kelompok sesuai dengan jenis karya seni rupa yang telah mereka buat, masing-masing siswa dalam kelompoknya mempresentasikan tulisan/laporan karya seni rupa yang telah mereka buat. Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian. Selama proses pembelajaran dilakukan penilaian pengetahuan dan sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing diskusi mereka.

Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.

Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:

RPP Seni Budaya SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013

Semoga sebaran materi terkait manajemen guru ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Anda!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp Seni Budaya Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013"

Post a Comment