Baca Juga:
Seperti goresan pena yang telah lalu, kami juga menukilkan isi dari RPP Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 tersebut di bawah ini:
Lampiran: Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (KERAJINAN)
KELAS/SEMESTER : X/SATU
PEMINATAN : WAJIB B
MATERI POKOK : PRODUK DAN PENGEMASAN KARYA KERAJINAN TEKSTIL
ALOKASI WAKTU : 4 X 2 JP
KOMPETENSI INTI
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan mengatakan sikap sebagai bagian dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR
1.1. Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.1. Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi perihal keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya
2.2. Menghayati sikap jujur, percaya diri, dan berdikari dalam memperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha
2.3. Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan menciptakan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk simpulan untuk membangun semangat usaha
3.1 Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
Indikator :
Menjelaskan konsep desain produk dalam kerajinan tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, , makrame, tenun, rajut, tapestry, dll)
Menjelaskan aneka karya kerajinan tekstil
Menjelaskan fungsi karya kerajinan tekstil tekstil
Membedakan unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan tekstil.
Menjelaskan motif ragam hias pada kerajinan tekstil
Menjelaskan teknik pembuatan benda kerajinan tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, rajut, tapestry, dll)
4.1. Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil menurut konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya
Indikator :
Menjelaskan cara pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, diadaptasi dengan akomodasi yang tersedia
Membuat desain dan pengemasan produk tekstil
Melaporkan secara verbal atau goresan pena mengenai karya kerajinan tekstil.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
Mencari warta produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Melihat video atau gambar beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Menyimak pola beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Berdiskusi secara kelompok cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, diadaptasi dengan akomodasi yang tersedia
Berdiskusi kelas cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, diadaptasi dengan akomodasi yang tersedia
Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan siswa dapat:
Menggunakan perangkat lunak grafis, diadaptasi dengan akomodasi / keadaan setempat untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Praktik individu penggunaan lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Praktik kelompok memakai perangkat lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Menyajikan produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Membuat produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil
Membuat laporan tertulis
Mempresentasikan hasil praktik
MATERI PEMBELAJARAN
Fakta
Produksi kerajinan tekstil yang berkembang ketika ini.
Pengemasan hasil produksi tekstil di kawasan ketika ini.
Konsep
Desain produksi kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis (komputer), disesuaikan dengan akomodasi yang tersedia
Desain pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis (komputer), disesuaikan dengan akomodasi yang tersedia
Prinsip
Menentukan desain produksi dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, diadaptasi dengan akomodasi yang tersedia
Penggunaan perangkat lunak grafis, untuk desain dan pengemasan kerajinan tekstil, disesuaikan dengan akomodasi yang tersedia
Prosedural
Langkah kerja desain dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, diadaptasi dengan akomodasi yang tersedia
Percobaan menciptakan desain dan pengemasan kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, diadaptasi dengan akomodasi yang tersedia
METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi dan Eksperimen
Dikusi kelompok
Presentasi
Penugasan
ALAT/MEDIA/BAHAN
Alat : Seperangkat komputer, Jaringan Komputer,contoh contoh gambar hasil produksi gambar
Bahan asuh : Buku Corel Draw dan Photoshop,buku keterampilan menyulam, buku merajut untuk pemula, (disesuaikan dengan bahan yang akan diajarkan)
LANGKAH KEGIATAN/SKENARIO PEMBELAJARAN
Setelah menjelaskan semua indikator dan tujuan pembelajaran dan hasil simpulan dari pembelajaran ini, siswa mengikuti mencari warta produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil, melihat video atau gambar beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil, menyimak pola beberapa desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil diadaptasi dengan akomodasi yang tersedia, berdiskusi secara kelompok cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis diadaptasi dengan fasilitas yang tersedia, berdiskusi kelas cara desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil dengan perangkat lunak grafis, memakai perangkat lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil.
Melalui praktik siswa sanggup memakai perangkat lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil, praktik kelompok lunak grafis untuk desain dan pengemasan karya kerajinan tekstil, menyajikan produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil, menciptakan produk dan pengemasan karya kerajinan tekstil, menciptakan laporan tertulis, mempresentasikan hasil praktik dan bekerja dengan teliti, jujur, dan penuh tanggung jawab.
Selama proses pembelajaran dilakuan evaluasi proses pada kegiatan di kelas dan hasil kiprah mandiri.
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan untuk mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
0 Response to "Rpp Prakarya Dan Kewirausahaan (Kerajinan) Sma-Ma-Smk-Mak Kurikulum 2013"
Post a Comment