Tulisan kali ini yang berjudul RPP Fisika SMA-MA Kurikulum 2013 telah kami persiapkan dengan sebaik-baiknya biar bisa memberi manfaat serta memudahkan Anda dalam menyusun RPP khususnya mapel Fisika ini.
Baiklah, tanpa banyak kata lagi segera kami share tautan untuk mendownloadnya di bawah ini:
Baca Juga:
- RPP Sejarah SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
- Silabus Sejarah SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016
- RPP Biologi SMA-MA Kurikulum 2013
- Silabus Biologi SMA-MA Kurikulum 2013 Revisi 2016
- RPP Sosiologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
- RPP Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
- Silabus Antropologi SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
- RPP Seni Budaya SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
- Silabus Seni Budaya SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016
- RPP Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
- RPP Bahasa Inggris SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013
- Silabus Bahasa Inggris untuk SMA-MA-SMK-MAK Kurikulum 2013 Revisi 2016
Di bawah ini kami sajikan petikan isi dari RPP Fisika tersebut sebagai citra dari file RPP yang hendak Anda download. Mari disimak bersama:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/Dua
Materi : Memahami Keseimbangan Benda Tegar.
Alokasi Waktu : 3 Pertemuan
Pertemuan Pertama 2 JP, @ 1 X 45 menit
Pertemuan Kedua 2 JP, @ 1 X 45 menit
Pertemuan Kedua 2 JP, @ 1 X 45 menit
A. Komptensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsiv dan proaktif dan mengatakan sikap sebagai potongan dari solusi atas banyak sekali problem dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengelola, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaiadah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur benda titik dan benda tegar, fluida, gas dan tanda-tanda gelombang.
2.1 Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan percobaan dan berdiskusi.
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari.
4.6 Merencanakan dan melaksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan benda tegar.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Peserta didik mengagumi kekuasaan Tuhan yang telah membuat baerbagai hal yang terkandung di alam semesta.
2. Peserta didik menghayati kebesaran Tuhan melalui pokok bahasan memahami keseimbangan benda tegar.
1.1. Peserta didik mencicipi kekuasaan ilahi yang telah membuat keteraturan di alam semesta.
1.2. Peserta didik mengamalkan rasa syukur kepada Tuhan alasannya yaitu diberi kesempatan untuk memahami keseimbangan benda tegar.
2.1. Peserta didik menjalankan prilaku ilmiah dalam mempelajari bahan memahami keseimbangan benda tegar.
2.2 Peserta didik mengatakan prilaku ilmiah dalam melaksanakan percobaan dan berdiskusi memahami keseimbanga benda tegar.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, akseptor didik diperlukan dapat:
1. menghayati dan mensyukuri kebesaran Tuhan yang membuat keteraturan dan ketelitian dalam bentuk ilmu pengetahuan fisika khususnya pengetahuan yang membahas keseimbangan benda tegar,
2. mengamalkan sikap ilmiah, serta menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan percobaan dan berdiskusi.
3. menganalisis keseimbangan benda tegar.
4. menyajikan percobaan sederhana dengan wacana keseimbangan benda tegar.
D. Materi Ajar
1. Keseimbangan
2. Titik Berat
3. Jenis-Jenis Keseimbangan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientifict approach)
2. Metode : Percobaan/eksperimen, diskusi, tanya jawab, dan ceramah.
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media dan Alat :
a. Media Presentasi.
b. Alat dan Gambar Peraga.
c. Peralatan Praktikum.
2. Sumber Belajar :
a. Buku Ajar Fisika Kelas XI.
b. Giancoli. 2001. Fisika jilid 1,2 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
c. Halliday & Resnick. 1991. Fisika 1,2 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
d. Kanginan , Marthen. 1996. Fisika SMA. Jakarta: Erlangga.
e. Young & Freedamn. 2002. Fisika jilid 1,2 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
f. Internet.
Demikian sebagian isi dari file yang bisa kami kutipkan, untuk melihat file secara utuh dan tepat dipersilahkan untuk mendownload sesuai dengan link yang telah kami sediakan di atas.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul:
0 Response to "Rpp Fisika Sma-Ma Kurikulum 2013"
Post a Comment