Download Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Terbaru 2017c
Berikut yakni tautan Download Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Terbaru 2017c:Pastikan sebelum membaca panduan tersebut, Anda telah melaksanakan update atau mengunduh aplikasi dimaksud. Anda sanggup mengunduhnya pada tautan di bawah ini:
Berikut kami kutipkan panduan teknis aplikasi Dapodik versi terbaru 2017c tersebut:
DAFTAR ISI .............................................................................................................................................. 1
BAB I PEMBARUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2017.c ............................................................................ 2
A. Pendahuluan ............................................................................................................................... 2
B. Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c ............................................................................... 3
1) Target Pendataan Nilai Tahun 2017 ...................................................................................... 4
2) Peran Pengguna ..................................................................................................................... 5
3) Prosedur Input Data ............................................................................................................... 6
4) Tampilan dan Pengenalan Menu ......................................................................................... 10
5) Kuncian Data ......................................................................................................................... 12
BAB II PERSIAPAN DATA ....................................................................................................................... 14
A. Install Updater Aplikasi Dapodik versi 2017.c ........................................................................ 14
B. Memunculkan acuan semester pada sajian login (6 semester) ....................................... 16
C. Generate Prefill Rapor .............................................................................................................. 17
D. Periksa Data Pembelajaran pada Semester yang akan diproses entri nilai ......................... 21
E. Periksa Data Anggota Rombel pada Setiap Semester .......................................................... 24
F. Pengaturan Akun Guru dan Wali Kelas ................................................................................... 25
BAB III PANDUAN PENGISIAN NILAI US/USBN ..................................................................................... 28
A. Entri data Mata Evaluasi US/USBN oleh Operator Sekolah .................................................... 29
B. Entri data nilai oleh Guru dan Wali Kelas ................................................................................ 33
C. Contoh hasil pengisian data US/USBN .................................................................................... 39
BAB IV PANDUAN ENTRI NILAI RAPOR .................................................................................................. 42
A. Penginputan Data Rapor pada Kurikulum KTSP ...................................................................... 42
B. Penginputan Data Rapor pada Kurikulum 2013 ..................................................................... 63
BAB V PENGISIAN DATA APLIKASI DAPODIK MENGGUNAKAN JARINGAN ............................................ 83
A. Pengisian Data dengan Menggunakan Kabel dan Switch Hub .............................................. 86
B. Dengan Menggunakan Wireless Access point ........................................................................ 87
C. Dengan Menggunakan Koneksi Peer To Peer / AD-Hoc ........................................................ 88
D. Dengan memanfaatan Tethering smartphone ....................................................................... 91
E. Membuat Webserver DAPODIK 2016 dengan PC Lokal yang mempunyai IP Public / Fitur Forwarding IP .................................................................................................................................. 94
F. Menggunakan Software Portable .......................................................................................... 101
BAB VI PENUTUP ................................................................................................................................. 105
2
BAB I
PEMBARUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2017.c
A. Pendahuluan
Sistem pendataan Dapodik pada tahun 2017 telah memasuki tahap peningkatan kualitas sistem pendataan untuk kebutuhan pemanfaatan kegiatan pembangunan pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendukung kebutuhan tersebut, pemutakhiran Aplikasi Dapodik yang kantinyu serta verifikasi dan validasi data dibutuhkan dalam tahapan ini guna memenuhi kebutuhan data yang benar, lengkap, mutakhir, dan akurat dalam perencanaan kegiatan pembangunan pendidikan.
Data dari sistem pendataan Dapodik digunakan oleh kegiatan utama Kementerian menyerupai BOS, Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, Bantuan RKB, dan kegiatan lainnya. Pemanfaatan sistem pendataan dapodik pada tahun 2017 bertambah berpengaruh pada kegiatan pendataan nilai penerima didik. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, sistem pendataan Dapodik berbagi pembaruan versi yaitu Aplikasi Dapodi Versi 2017-C. Pada versi ini pembaruan berfokus pada pendataan nilai US/USBN dan Rapor.
3
B. Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c
Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c berfokus pada pendataan hasil penilaian pendidikan dalam bentuk nialai simpulan dari penerima didik. Melengkapi pembaruan versi sebelumnya, pada versi 2017.c semua satuan pendidikan sanggup memakai sajian nilai (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB). Terdapat pula beberapa perbaikan dalam rangka menyempurnakan sajian nilai untuk digunakan di satuan pendidikan. Berikut daftar dari pembaruan versi 2017.c
gambar daftar pembaruan aplikasi dapodik versi 2017.b
gambar daftar pembaruan aplikasi dapodik versi 2017.c
Pada beranda aplikasi akan terlihat sajian gres yaitu kelompok sajian NILAI. Kelompok sajian nilai berisi 2 sub sajian yaitu sajian RAPOR dan US/USBN. Menu RAPOR mempunyai fungsi untuk menginput nilai rapor yang diterbitkan setiap semester. sedangkan sajian US/USBN mempunyai fungsi untuk menginput nilai US dan USBN dari penerima didik tingkat simpulan yang diselenggarakan di semester genap setiap tahun ajaran.
4
gambar kelompok sajian Nilai
Pengisian nilai sanggup pula dilakukan melalui aplikasi e-rapor. Pada Aplikasi Dapodik versi 2017.c sudah sanggup terintergrasi dengan e-rapor Sekolah Menengan Atas Versi 2017. Deskripsi dari setiap pembaruan dan perbaikan akan dibahas bersamaan dengan klarifikasi teknis terkait persiapan data dan cara input nilai pada potongan selanjutnya.
1) Target Pendataan Nilai Tahun 2017
Pendataan nilai penerima didik ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada periode pendataan tahun 2017 sasaran pendataan nilai US/USBN yakni data nilai US/USBN semester genap tahun pedoman 2016/2017.
Pendataan nilai Rapor mempunyai sasaran yang cukup banyak yaitu terkumpulnya data nilai Rapor semua tingkat kelas pada semester :
5
No Jenjang Kurikulum Ketentuan 1 SD dan SDLB K-2006 Semester 7 hingga dengan semester 12 K-2013 Semester 9 hingga dengan semester 12 2 Sekolah Menengah Pertama dan SMPLB K-2006 Semester 1 hingga dengan semester 6 K-2013 Semester 1 hingga dengan semester 6 3 SMA, SMK, dan SMALB K-2006 Semester 3 hingga dengan semester 6 K-2013 Semester 1 hingga dengan semester 6
2) Peran Pengguna
Kewenangan input data nilai diberikan kepada guru dan wali kelas. Operator sekolah bertugas sebagai direktur dimana sanggup mengakses pengaturan mata penilaian serta pengaturan akun biar guru dan wali kelas sanggup login ke aplikasi dapodik.
6
3) Prosedur Input Data
Dalam rangka menjaring data nilai yang mempunyai kualitas baik maka disusun mekanisme penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c. Prosedur ini diharapkan diikuti oleh sekolah dalam pelaksanaan pendataan nilai penerima didik. kegiatan yang dilakukan mencakup proses persiapan dan proses input nilai.
Prosedur pendataan nilai US/USBN
gambar mekanisme pendataan nilai US/USBN untuk Operator Sekolah
operator sekolah
7
gambar mekanisme pendataan nilai US/USBN untuk guru dan wali kelas
guru mata pelajaran dan wali kelas
8
Prosedur pendataan nilai Rapor
gambar mekanisme pendataan nilai Rapor untuk Operator Sekolah
operator sekolah
9
gambar mekanisme pendataan nilai Rapor untuk Operator Sekolah
guru mata pelajaran dan wali kelas
10
4) Tampilan dan Pengenalan Menu
Berikut yakni tampilan dari sajian nilai Rapor dan nilai US/USBN pada Aplikasi Dapodik versi 2017.c
Gambar sajian Rapor pada susukan operator sekolah
Gambar sajian Rapor pada susukan guru mata pelajaran
11
Gambar sajian Rapor pada susukan wali kelas
Sebagai petunjuk untuk menginput data nilai Rapor dan US/USBN berikut yakni pengenalan dari setiap tombol pada sajian nilai :
NO TOMBOL FUNGSI
1
Memperbaiki/edit data
2
Menyimpan hasil input data
3
Menghapus data
4
Menyalin KKM per mata penilaian pada penerima didik di rombel tersebut. tombol ini ada pada susukan guru mata pelajaran.
5
Unduh format excel untuk kebutuhan import data nilai dan melaksanakan Import data
6
Unduh rekapitulasi hasil input data nilai
12
7
Menyalin mata penilaian dan nomor urut dari rombel yang datanya telah diisi untuk disalin pada rombel yang dipilih. Jenis mata penilaian dan nomor urut akan tersalin pada rombel tersebut.
5
Mengunci data nilai pada mata pelajaran yang dipilih
5) Kuncian Data
Data nilai merupakan data yang penting alasannya merepresentasikan hasil penilaian mencar ilmu penerima didik. Diharapkan data yang dihasilkan yakni data yang konsisten dan tidak berubah-ubah. oleh alasannya itu dikembangkan fitur untuk mengunci data nilai.
gambar tombol kunci dan pola data yang telah dikunci
Sebelum data dikunci, sebaiknya diadakan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan data nilai yang diinput yakni sempurna dan lengkap. Jika sudah yakin silahkan pilih nilai mata pelajaran yang dimaksud kemudian pilih tombol Kunci NIlai.
13
Data nilai yang telah dikunci tidak sanggup diperbaharui kembali. Apabila ada perjuangan untuk merubah data nilai yang telah dikunci maka akan ada tindakan pencegahan dari sistem aplikasi dapodik.
catatan: data yang dikirim dari e-rapor Sekolah Menengan Atas otomatis kan terkunci pada Aplikasi Dapodik.
6) Pengiriman Data Nilai
Dengan adanya fitur input nilai Rapor dan nilai US/USBN maka data proses pengiriman data pada waktu sinkronisasi akan bertambah besar. Oleh kesudahannya untuk memperlancar proses sinkronisasi khususnya sinkronisasi nilai disarankan untuk melaksanakan sinkronisasi secara sedikit demi sedikit dan tidak harus menunggu hingga dengan input nilai selesai seluruhnya. Prioritaskan input nilai US/USBN dan nilai rapor semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.
14
BAB II
PERSIAPAN DATA
Untuk menginput data nilai dibutuhkan persiapan terlebih dahulu. Persiapan data bertujuan biar proses input nilai tidak mengalami kendala. Jika persiapan data tidak dilaksanakan maka akan didapati hambatan menyerupai acuan semester tidak lengkap, data mata penilaian kosong, tidak ada penerima didik, dan sebagainya. Untuk itu perlu dilakukan langkah awal sebagai persiapan sebagai berikut :
1) Install updater/patch Aplikasi Dapodik Versi 2017.c
2) Lakukan Sinkronisasi. Tahap ini dimaksudkan biar semua acuan semester yang dibutuhkan turun ke Aplikasi.
3) Generate Prefill Rapor. Tahap ini penting dilaksanakan biar data pembelajaran dan anggota rombel semester terdahulu masuk ke aplikasi.
4) Periksa kelengkapan data pembelajaran pada semester yang data nilainya akan diproses
5) Periksa kelengkapan data anggota rombel pada semester yang data nilainya akan diproses.
6) Pastikan akun guru mata pelajaran dan wali kelas sanggup login ke Aplikasi Dapodik.
Untuk mendapat informasi yang lebih terang terkait persiapan data entri nilai, berikut yakni deskripsi dari setiap tahap diatas.
A. Install Updater Aplikasi Dapodik versi 2017.c
Pembaharuan aplikasi versi 2017.c ada dua jenis yaitu melalui updater/patch dan pembaruan online. Untuk patch/updater sanggup diunduh pada sajian unduhan pada laman dapodik dikdasmen (dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/).
Install updater/patch versi 2017.c sanggup pribadi dilakukan pada semua versi Aplikasi dapodik versi 2017 yang terinstal di komputer ( versi 2017, versi 2017.a, versi 2017.b). Sedangkan pembaruan online mensyaratkan aplikasi yang terinstal harus versi 2017.b
15
Apabila tahap instalasi sudah selesai dan aplikasi pada dapodik sudah menjadi versi 2017.c maka lakukan ke tahap berikutnya yaitu pengecekan kelengkapan sajian pada versi terbaru, pastikan sajian Nilai sudah ada. Jika terkendala duduk kasus sajian tidak muncul maka lakukan deep refresh browser dengan menekan Ctrl+F5.
Gambar sajian nilai tanda berhasil installasi versi 2017c
16
B. Memunculkan acuan semester pada sajian login (6 semester)
Setelah tahap kelengkapan sajian sudah tidak ada duduk kasus maka akan masuk ke tahap selanjutnya. Saat akan login ke Aplikasi pastikan acuan semester sudah tampil 6 semester.
Gambar tampilan login awal
Lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik untuk menampilkan data/referensi biar menjadi 6 semester. Jika sesudah singkronisasi tetapi semester tidak muncul maka silahkan lakukan refresh browser atau tekan ctrl+f5.
Gambar tampilan login sesudah sinkronisasi.
17
C. Generate Prefill Rapor
Pada awal mekanisme entri data nilai, data prefill sangat dibutuhkan alasannya berfungsi untuk mengambil data rombel, anggota rombel, pembelajaran di semester sebelumnya, biar proses persiapan input nilai berjalan dengan baik
Untuk pengambilan prefill rapor gunakan website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan/,
Gambar link prefill
Terdapat 2 link alternatif untuk unduh prefill rapornya. Tidak boleh memakai prefil aplikasi dapodik, alasannya prefill nilai rapor hanya untuk penginputan nilai rapor. Pilih salah satu link yang tersedia untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
Gambar generate prefill
18
Pilih jenjang sesuai sekolah yang akan digunakan dan sesuai dengan aplikasi dapodik dikala ini. Masukan username, password dan isyarat pendaftaran sesuai dengan account dapodiknya. Jika tidak sanggup melaksanakan generate prefill silahkan laporkan ke dinas untuk duduk kasus account yang betul. Setelah selesai proses generate maka akan muncul jendela download.
Gambar unduh prefill
Setelah muncul jendela tampilan download silahkan klik tombol (download) untk mengunduh prefillnya. Tunggu proses unduh selesai dan pastikan ukuran unduhan prefill tersebut bukan ( 1 KB ), kalau muncul ukuran yang unduh 1kb maka dipastikan unduhan gagal, silahkan unduh ulang prefillnya.
Gambar hasil prefill
Pastikan sudah betul unduhan yang dilakukan prefill unduhan berextensi (.rpr), kalau sudah betul maka akan masuk ke tahap selanjutnya, salin prefill nilai rapor yang sudah terunduh ke folder C:\prefill_dapodik.
19
Setelah di copy ke folder tersebut maka langkah selanjutnya login ke aplikasi dapodik, dan pilih sajian pengaturan kemudian akan terlihat fitur Data Prefill Rapor. klik prefill rapor dan lakukan konfirmasi di prefill rapor.
20
Gambar konfirmasi data prefill rapor
Muncul jendela konfirmasi data prefill rapor. Di jendela tersebut bapak/ibu akan konfirmasi account menyerupai awal akan unduh prefill. Masukan isyarat registarasi, username dan password. Setelah selesai klik tombol masukan data. Tunggu proses selesai hingga muncul pemberitahuan/informasi pendaftaran selesai.
Gambar notifikasi berhasil pendaftaran rapor
Dengan adanya notifikasi tersebut maka proses konfirmasi data prefill rapor sudah selesai dilakukan.
21
D. Periksa Data Pembelajaran pada Semester yang akan diproses entri nilai
Data rombongan mencar ilmu termasuk kedalam jenis data periodik, dimana setiap semester berganti maka data rombongan mencar ilmu akan kosong dan sekolah diminta untuk mengisi data yang gres sesuai yang berlakuk pada semester tersebut. Pembelajaran merupakan potongan dari data rombongan belajar. Kita akan mendapati data pembelajaran di setiap semester berbeda-beda.
Pengisian data nilai berkaitan dekat dengan isian data pembelajaran oleh alasannya itu pastikan terlebih dahulu data pembelajaran di masing masing rombel telah sesuai dengan kurikulum atau kondisi masing masing sekolah. Namun ada beberapa catatan, apabila pada semester tersebut terdapat mata pelajaran yang tidak diajarkan di semester tersebut, namun termasuk dalam mata penilaian di Rapor dan US/USBN maka ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.
Sebagai contoh, kita akan mempersiapkan data pembelajaran untuk nilai US/USBN di jenjang SMK. Bila kurikulum yang digunakan yakni KTSP, tambahkan record pembelajaran dengan menambahkan Mata Pelajaran Bidang Studi Tambahan dan bila kurikulum yang digunakan yakni kurikulum 2013 tambahkan dengan menambahkan Mata Pelajaran Lainnya, kemudian jjm = 0, No SK = US, sedangkan tanggal menyesuaikan dengan tanggal Nilai tersebut ditentukan.
Gambar alokasi tambah Mata Pelajaran pada kurikulum KTSP
22
Gambar alokasi tambah Mata Pelajaran pada kurikulum 2013
Permasalahan ini akan sering ditemukan pada SMK, dimana untuk pelajaran Produktif/ Paket keahlian/ Kompetensi Keahlian nilai Ujian Sekolah digabung menjadi satu, sehingga Pada record Pembelajaran perlu ditambahkan Mata Pelajaran Bidang Studi Tambahan pada kurikulum KTSP atau Mata Pelajaran Lainnya pada kurikulum 2013 dengan pilihan mapel Produktif kemudian nama mata pelajaran Kompetensi Kejuruan menyerupai gambar.
Gambar tambah pembelajaran smk
Contoh lain misalkan pada mata pelajaran Simulasi Digital yang tidak diajarkan di semester genap 2016/2017 tetapi mapel tersebut di USBN kan. Sehingga pada masing masing rombel perlu ditambahkan pada Mata Pelajaran Lainnya untuk kurikulum 2013
23
Gambar tambah pembelajaran mata pelajaran simulasi Digital pada smk 2013
Penambahan mata pelajaran diadaptasi dengan hukum penulisan halaman belakang ijasah
Gambar tambah mata pelajaran
Penambahan Matpel Lainnya dengan SK mengajar = US dan JJM 0 tidak akan mengganggu data tunjangan.r
Catatan penting , guru yang mutasi/pensiun/berhenti data nilai penerima didik sanggup diinput oleh wali kelas.
24
E. Periksa Data Anggota Rombel pada Setiap Semester
Data nilai sangat dekat kaitannya dengan data penerima didik yang terdaftar sebagai anggota rombel. pastikan jumlah anggota rombel dan data penerima didik pada semester tersebut sudah sesuai sudah tepat.
Perlu diketahui, penerima didik yang mutasi/lulus pada semester ini, masih sanggup diinputkan data nilai nya pada semester sebelumnya. Hal ini alasannya pada semester sebelumnya penerima didik tersebut masih aktif terdaftar sebagai anggota rombel.
Contoh:
No
Nama
Semester
Status Anggota Rombel
Bisa input nilai?
1
Mawar Mahmud
2015/2016 genap
Kelas 4
Ya (kelas 4)
2
Mawar Mahmud
2016/2017 ganjil
Kelas 5
Ya (Kelas 5)
3
Mawar Mahmud
2016/2017 genap
Mutasi
Tidak
25
F. Pengaturan Akun Guru dan Wali Kelas
Pembuatan akun untuk guru dilakukan oleh operator sekolah dengan menginput email dan password pada tab penugasan di tabel guru, pastikan setiap email dan password masing-masing guru yakni email dan password yang berbeda.
Gambar tambah akun guru
Gambar buat akun PTK
26
Gambar isian password
Login memakai email dan password yang sudah diinputkan pada aplikasi dapodik oleh operator :
Halaman login aplikasi dapodikdasmen, inputkan username (email guru) dan password kemudian pilih periode tahun pedoman yang akan diinputkan data nilai rapor,
Gambar halaman login aplikasi
27
Tampilan aplikasi dapodikdasmen sesudah login dengan memakai login guru,
Gambar berhasil login pada susukan login guru
28
BAB III
PANDUAN PENGISIAN NILAI US/USBN
Pada dasarnya pengisian teknis US/USBN pada Aplikasi Dapodik 2017.c untuk setiap jenjang hampir sama, yang berbeda hanya mata pelajaran yang diisi. Mata pelajaran yang diselenggarakan pada setiap Jenjang digambarkan pada tabel dibawah ini.
Gambar Mata Pelajaran yang Diujikan dalam UN dan USBN 2017
Mata pelajaran yang ditambahkan bukan hanya mata penilaian USBN saja, melainkan data nilai pada mata penilaian US juga diinputkan dalam sajian ini.
Pengisian nilai US/USBN berkaitan dekat dengan isian data pembelajaran yang ada di semester genap tahun pedoman 2016/2017 oleh alasannya itu pastikan terlebih dahulu data pembelajaran di masing masing rombel telah sesuai dengan kurikulum atau kondisi masing masing sekolah.
29
A. Entri data Mata Evaluasi US/USBN oleh Operator Sekolah
Pada sidebar Aplikasi Dapodik yang terletak di sebelah kiri pilih sajian Nilai, kemudian pilih US/USBN.
Gambar pilihan sajian US/USBN
Maka akan tampil halaman awal fitur pengisian rapor menyerupai pada gambar di bawah.
Gambar tampilan awal sajian US/USBN
Filter rombel yang akan diisi nilai US/USBN, kemudian pilih salah satu anggota rombel yang terdaftar pada rombel tersebut. Sistem akan menampilkan formulir pengisian nilai beberapa mata pelajaran yang sesuai ketentuan.
30
Gambar pilihan rombongan belajar
Tambah mata pelajaran evalusi dengan menekan tombol “Tambah” pada kolom mata penilaian US/USBN.
Gambar tambah mata evaluasi
Akan muncul sajian gres untuk menentukan guru dengan mata pelajaran yang akan diurutkan dan mengisi nilai
Gambar sajian tambah mata evaluasi
31
Mata pelajaran serta guru yang muncul yakni mata pelajaran sesuai dengan hasil mapping atau isiian pembelajaran pada tabel rombongan belajar.
Gambar mata pelajaran dan guru
Pilih mata pelajaran kemudian isikan no urut kemudian klik tombol simpan dan tutup.
Gambar pengisian no urut
Selanjutnya isi kolom No Urut dengan nomor yang sesuai dengan ketentuan di sekolah. Fitur ini berfungsi untuk mengurutkan nama mata pelajaran sesuai nomor urut yang diisi.
32
Gambar mata pelajaran yang sudah sesuai dengan urutan US/USBN SMP
Gambar mata pelajaran yang sudah sesuai dengan urutan US/USBN SMA
33
B. Entri data nilai oleh Guru dan Wali Kelas
Perbedaan antara entri data US/USBN pada kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013 yakni adanya kolom Keterampilan. Pada Kurikulum 2013 terdapat kolom keterampilan, sedangkan pada Kurikulum KTSP tidak ada kolom keterampilan.
34
berikut yakni pola pengisian sajian nilai US/USBN pada Kurikulum 2013. Login memakai email dan password yang sudah diinputkan pada aplikasi dapodik oleh operator :
Halaman login aplikasi dapodikdasmen, inputkan username (email guru) dan password kemudian pilih periode tahun pedoman yang akan diinputkan data nilai rapor,
Gambar halaman login aplikasi
Setelah berhasil login, sajian dashboard yang tampil sebagai guru menyerupai pada gambar di bawah
Gambar dashboard login sebagai guru
35
Pilih sajian Nilai – US/USBN, kemudian pilih rombongan mencar ilmu yang akan diisi nilai US/USBN
Gambar menentukan rombongan belajar
Setelah muncul mata penilaian yang diampu oleh individu guru, klik dua kali pada nama mata penilaian untuk menampilkan data penerima didik.
Gambar form pengisian nilai US/USBN awal
Pengisian pada kategori pengetahuan diinput dengan angka 1-100
36
Gambar pengisian kolom nilai pengetahuan
Pengisian pada kategori keterampilan/praktik diinput dengan angka 1-100
Gambar mengisi data untuk Nilai keterampilan/praktik
Setelah aspek penilaian pengetahuan dan keterampilan/praktek diisi, klik tombol simpan untuk menyimpan data yang sudah diisi biar benar-benar masuk kedalam record database aplikasi dapodik. Pastikan tanda segitiga merah hilang sesudah mengklik tombol simpan tersebut
Gambar simpan data penilaian US/USBN
Jika semua nilai penerima didik telah terisi dan tersimpan guru yang bersangkutan sanggup mengunduh rekapitulasi nilai per rombongan mencar ilmu dengan cara klik tombol unduh rekapitulasi yang berada di kanan atas form penilaian US/USBN.
37
Gambar unduh rekapitulasi nilai
Untuk Mapel Teori Kejuruan Nilai Pengetahuan berisi nilai Ujian Sekolah Teori yang diselenggarakan oleh Sekolah, sedangkan Nilai keterampilan berisi nilai UKK ( Ujian Kompetensi Keahlian) yang pedomannya telah dikeluarkan direktorat teknis.
Setelah berhasil mengunduh rekapitulasi nilai dalam bentuk file Excel maka tampilan hasil unduhannya yakni sebagai berikut.
Gambar hasil unduhan rekapitulasi nilai US/USBN
38
Bagi guru yang mempunyai kiprah sebagai wali kelas, maka dikala menentukan sajian US/USBN akan muncul notifikasi sebagai berikut
kalau dipilih Ya maka wali kelas sanggup menginput nilai semua mata penilaian yang terdaftar pada rombel tersebut.
untuk cara pengisian nilai bagi wali kelas, sama persis dengan cara entri nilai pada guru mata pelajaran.
39
C. Contoh hasil pengisian data US/USBN
Contoh pengisian data USBN Pada SD Kurikulum 2013
Contoh pengisian data USBN Pada Sekolah Menengah Pertama Kurikulum KTSP
40
Contoh pengisian data USBN Pada Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013
41
Contoh pengisian data USBN Pada Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013
Contoh pengisian data USBN Pada SLB Kurikulum Pendidikan Khusus 2013
42
BAB IV
PANDUAN ENTRI NILAI RAPOR
A. Penginputan Data Rapor pada Kurikulum KTSP
Pengisian nilai rapor pada kurikulum KTSP mencakup Nilai Pengetahuan dan Sikap, dengan menentukan nilai KKM nya terlebih dahulu. Pada kurikulum KTSP pengisiannya mempunyai banyak kesamaan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berikut langkah- langkah pengisian nilai rapor pada aplikasi dapodikdasmen versi 2017.c:
Lakukan pengecekan isian kurikulum KTSP yang dipilih pada rombongan mencar ilmu biar formulir penginputan rapor yang akan dimunculkan aplikasi sesuai dengan kurikulum KTSP
- Contoh kurikulum KTSP pada pilihan jenjang SD
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
- Contoh kurikulum KTSP pada pilihan jenjang SMP
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
43
- Contoh kurikulum pilihan jenjang SMA
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
- Contoh kurikulum pilihan jenjang SMK
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
44
a. pengisian mata penilaian oleh operator sekolah
Pastikan pada setiap rombel telah melaksanakan mapping penerima didik kedalam rombel menjadi anggota rombel menyerupai gambar dibawah
Gambar mapping anggota rombel
Setelah memastikan kurikulum dan melaksanakan mapping penerima didik kemudian pilih sajian nilai pada sidebar aplikasi dapodik sekolah menyerupai gambar di bawah,
Gambar sajian nilai pada sidebar aplikasi
45
Ketika menentukan sajian rapor, maka aplikasi akan menampilkan halaman berikut.
Gambar formulir pada sajian rapor
Pilih terlebih dahulu semester yang akan diinputkan.
Gambar pilihan semester
46
Pilih rombongan mencar ilmu untuk menampilkan guru dengan mapel penilaian untuk diisikan no urut mata evaluasi.
Gambar menentukan rombongan belajar
Lalu menentukan tambah untuk menambah mata penilaian dan mengurutkan mata penilaian biar guru setiap mata pelajaran dan wali kelas sanggup menginput nilai
Gambar tombol tambah no urut mata evaluasi
Akan muncul kotak sajian gres untuk menentukan guru dengan mata pelajaran yang akan diurutkan dan mengisi nilai,
Gambar sajian tambah mata evaluasi
47
Mata pelajaran serta guru yang muncul yakni mata pelajaran sesuai dengan hasil maping atau isiian pada tabel pembelajaran pada rombongan belajar,
Gambar mata pelajaran dan guru
Isikan no urut mata penilaian sesuai isian pada rapor yang ada di sekolh
Gambar input data no urut mata evaluasi
Lakukan pemilihan no urut untuk masing-masing mata penilaian sesuai dengan urutan yang terdata di rapor sekolah
Gambar mata evaluasi
48
Gambar hasil urut mata evaluasi
b. Input nilai oleh Guru Mata Pelajaran
Login memakai email dan password yang sudah diinputkan pada aplikasi dapodik oleh operator :
Halama login aplikasi dapodikdasmen, inputkan username (email guru) dan password kemudian pilih periode tahun pedoman yang akan diinputkan data nilai rapor,
Gambar halaman login aplikasi
49
Tampilan aplikasi dapodikdasmen sesudah login dengan memakai login guru
Gambar beranda aplikasi dapodikdasmen
Pilih sajian nilai pada sidebar kemudian akan muncul sajian rapor,
Gambar sajian rapor
Pilih tahun pedoman semester yang akan diinputkan.
Gambar pilihan tahun ajaran
50
Pilih rombongan mencar ilmu penerima didik yang akan dimasukkan nilai rapor.
Gambar menentukan rombongan belajar
Setelah itu akan muncul nama mata penilaian serta no urutnya sesuai mata penilaian yang telah operator tambahkan,
Gambar mata evaluasi
Klik 2 kali untuk pengisian nilai
Gambar info
Tunggu hingga proses pengambilan data nama serta isian kolom nilai untuk penerima didi selesai,
Gambar proses ambil data
51
Pilih salah satu rombel kemudian akan muncul daftar nama pesertadidik pada rombongan mencar ilmu tersebut,
Gambar nama penerima didik di rombel terpilih
Isikan nilai sesuai dengan yang tertera pada dirapor fisik,
Gambar isian nilai rapor penerima didik
Untuk isian pada kolom KKM dan Nilai diisi dengan mengiput angka 1-100,
Gambar isian kkm dan nilai
52
Untuk pengisian Predikat berupa pilihan tanpa perlu mengetik hanya tinggal menentukan isian apa A, B, C, dan D
Gambar isian predikat
Setelah semua aspek penilaian pengetahuan dan perilaku diisi untuk setiap mata pelajaran, klik tombol simpan untuk menyimpan data yang sudah diisikan biar benar-benar masuk kedalam rekord database aplikasi dapodik. Pastikan tanda segitiga merah hilang sesudah mengklik tombol simpan tersebut
Gambar data belum tersimpan
Gambar tombol simpan
Jika sudah tersimpan flag merah pada pojok kolom setiap isian akan hilang
Gambar data berhasil tersimpan
53
Fitur salin nilai kkm untuk mempercepat proses penginputan, proses ini hanya menyalin nilai kkm di rombel tersebut ke kolom nilai kkm seluruh penerima didik.
Gambar tombol salin kkm
Pilih data penerima didik yang sudah diisi nilai kkm,lalu klik tombol Salin KKM maka data akan tersalin secara otomatis,
Gambar hasil salin kkm
Klik tombol simpan untuk menyimpan hasil salin kkm.
c. Pengisian nilai oleh Wali Kelas
Perbedaan penginputan nilai dengan memakai fitur wali kelas yakni ditampilkan seluruh mata pelajaran penilaian di rombongan mencar ilmu tersebut. Berikut tatacara penginputan nya.
Login memakai email dan password yang sudah diinputkan pada aplikasi dapodik oleh operator :
54
Halaman login aplikasi dapodikdasmen, inputkan username (email guru) dan password kemudian pilih periode tahun pedoman yang akan diinputkan data nilai rapor,
Gambar halaman login aplikasi
Setelah login akan muncul kotak obrolan untuk menentukan peran, kemudian pilih Ya
Gambar pindah peran
Lalu pilih semester yang akan diisikan nilai nya,
Setelah melaksanakan pemilihan semester maka pada pilihan rombongan mencar ilmu hanya akan muncul rombongan mencar ilmu dimana guru tersebut menjadi wali kelas,
Akan muncul mata penilaian disetiap rombongan mencar ilmu yang sudah ditambah dan diurutkan no mata penilaian oleh operator sekolah.
Mata penilaian yang muncul untuk penginputan oleh wali kelas muncul seluruh mata penilaian di rombel tersebut
55
Gambar daftar mata evaluasi
Untuk proses cara input nilai proses sama menyerupai penginputan memakai kiprah Guru.
56
d. Contoh hasil Entri Data Rapor
pola hasil entri data nilai SD KTSP
57
gambar hasil entri data nilai Sekolah Menengah Pertama KTSP
58
e. Panduan Penggunaan Export dan Import Nilai Menggunakan Excel
Fasilitas penginputan nilai dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat proses penginputan disekolah. Proses ini sangat rentan harap memakai fitur dengan bijak dan mengikuti tatacara penggunaan serta penginputan dengan membaca peringatan yang terdapat pada lembar hasil file export.
a. Pilih semester dan rombongan mencar ilmu yang telah dilakukan proses mapping mata evaluasi,
Gambar sudah mapping
b. Lalu klik tombol Export dan Import hingga muncul 2 pilihan menu,
Gambar tombol export dan import
59
c. Pilih sajian “Unduh Format Excel Untuk Import”
Gambar sajian export
d. Hasil unduhan akan masuk ke folder Downloads,
Gambar hasil unduh
e. Pilih hasil file excel hasil unduhan kemudian buka memakai aplikasi pendukung pembaca file excel,
Gambar excel hasil export
f. Isikan terlebih dahulu Nilai KKM Pengetahuan dengan mengetik atau menentukan angka dari 1-100.
Gambar pengisian KKM
60
g. Setelah melaksanakan isian KKM Pengetahuan lakukan pengisian nilai pada setiap penerima didik. Dengan mengetik atau menentukan angka dari 1-100.
Gambar pengisian nilai
h. Lakukan pengisian juga pada kolom isian predikat dengan menentukan a,b,c, dan d.
Gambar pilihan isian predikat
i. Setelah seluruh data terisi lakukan import dengan mengklik kembali tombol export dan import pada aplikasi dapodik kemudian pilih sajian import dari excel
Gambar pilih import dari excel
61
j. Lalu akan muncul kotak obrolan baru,
Gambar obrolan import
k. Pilih tombol excel kemudian pilih tempat excel hasil isian nilai tadi disimpan,
Gambar tempat excel disimpan
l. Tunggu proses hingga selesai dan hasil excel berhasil terimport pada aplikasi dapodik,
Gambar hasil import
62
m. Cek kembali hasil import apakah jumlah dan semua isian telah terisi dengan benar.
Gambar hasil sesudah import
63
B. Penginputan Data Rapor pada Kurikulum 2013
Penginputan data rapor untuk kurikulum 2013 dimulai dengan memastikan sekolah telah diizikan memakai kurikulum 2013. Cek pada beranda aplikasi sekolah maka akan terlihat sekolah diizinkan memakai kurikulum 2013 atau tidak.
Gambar sekolah diizikan kurikulum 2013
Berikut langkah- langkah pengisian nilai rapor pada aplikasi dapodikdasmen versi 2017.c:
Lakukan pengecekan isian kurikulum yang dipilih pada rombongan mencar ilmu biar formulir penginputan rapor yang akan dimunculkan aplikasi sesuai dengan kurikulum 2013
- Contoh kurikulum pilihan jenjang SD
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
64
- Contoh kurikulum pilihan jenjang SMP
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
- Contoh kurikulum pilihan jenjang SMA
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
- Contoh kurikulum pilihan jenjang SMK
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
65
- Contoh kurikulum pilihan jenjang SLB
Gambar kurikulum yang dipilih pada rombel
Pastikan pada setiap rombel telah melaksanakan mapping penerima didik kedalam rombel menjadi anggota rombel menyerupai gambar dibawah,
Gambar mapping anggota rombel
66
a. tambah mata penilaian oleh operator sekolah
Setelah memastikan kurikulum dan melaksanakan mapping penerima didik kemudian pilih sajian nilai pada sidebar aplikasi dapodik sekolah menyerupai gambar dibawah,
Gambar sajian Nilai pada sidebar aplikasi
Untuk pengisian rapor lakukan pemilihan sajian rapor maka akan muncul tampilan isian nilai yang akan diinputkan. Dengan cara pilih terlebih dahulu semester yang akan diinputkan,
Gambar pilihan semester
67
Setelah menentukan semester pilih rombel untuk menampilkan guru dengan mapel penilaian untuk diisikan no urut mata penilaian ,
Gambar pilihan rombel
Lalu menentukan tambah untuk menambah mata penilaian dan mengurutkan mata penilaian biar guru setiap mata pelajaran dan wali kelas sanggup menginput nilai,
Gambar tambah mata evaluasi
Akan muncul kotak sajian gres untuk menentukan guru dengan mata pelajaran yang akan diurutkan dan mengisi nilai,
Gambar sajian tambah mata evaluasi
68
Mata pelajaran serta guru yang muncul yakni mata pelajaran sesuai dengan hasil maping atau isiian pada tabel pembelajaran pada rombongan belajar,
Gambar mata pelajaran dan guru
Pilih mata pelajaran kemudian isikan no urut kemudian klik tombol simpan dan tutup,
Gambar isian no urut
Gambar hasil urut mata evaluasi
69
b. Input nilai oleh Guru Mata Pelajaran
Login memakai email dan password yang sudah diinputkan pada aplikasi dapodik oleh operator :
Halaman login aplikasi dapodikdasmen, inputkan username (email guru) dan password kemudian pilih periode tahun pedoman yang akan diinputkan data nilai rapor,
Gambar halaman login aplikasi
Tampilan aplikasi dapodikdasmen sesudah login dengan memakai login guru,
Gambar beranda aplikasi dapodikdasmen
70
Pilih sajian nilai pada sidebar kemudian akan muncul sajian rapor,
Gambar isian rapor
Pilih semester yang akan diinputkan,
Gambar pilihan tahun ajaran
Rombel yang muncul yakni rombongan mencar ilmu sesuai dengan mapping pembelajaran pada tabel rombel dipembelajaran,
Gambar pilih rombel
71
Lalu akan muncul nama mata penilaian serta no urut mata penilaian sesuai mata penilaian yang telah operator tambahkan,
Gambar mata evaluasi
Klik 2 kali untuk pengisian nilai
Gambar info
Tunggu hingga proses pengambilan data nama serta isian kolom nilai untuk penerima didik selesai,
Gambar proses ambil data
Pilih salah satu rombel kemudian akan muncul daftar nama pesertadidik pada rombongan mencar ilmu tersebut,
Gambar nama penerima didik
Isikan nilai sesuai dengan yang tertera pada dirapor fisik,
72
Gambar isian nilai pengetahuan
Selain isian nilai pengetahuan terdapat kolom isian keterampilan untuk mengakomodir nilai siswa pada setiap mapel,
Gambar isian nilai keterampilan/praktik
Untuk isian pada kolom KKM dan Nilai diisi dengan mengiput angka 1-100,
Gambar isian kkm dan nilai
Untuk pengisian Predikat berupa pilihan tanpa perlu mengetik hanya tinggal menentukan isian apa A, B, C, dan D
Gambar isian predikat
Setelah semua aspek penilaian pengetahuan, keterampilan dan perilaku diisi untuk setiap mata pelajaran, klik tombol simpan untuk menyimpan data yang sudah
73
diisikan biar benar-benar masuk kedalam rekord database aplikasi dapodik. Pastikan tanda segitiga merah hilang sesudah mengklik tombol simpan tersebut
Gambar data belum tersimpan
Gambar tombol simpan
Jika sudah tersimpan flag merah pada pojok kolom setiap isian akan hilang
Gambar data berhasil tersimpan
Fitur salin nilai kkm untuk mempercepat proses penginputan, proses ini hanya menyalin nilai kkm di rombel tersebut ke kolom nilai kkm seluruh penerima didik.
Gambar tombol salin kkm
Pilih data penerima didik yang sudah diisi nilai kkm,lalu klik tombol Salin KKM menyerupai pola gambar diatas maka data akan tersalin secara otomatis,
74
Gambar hasil salin kkm
Klik tombol simpan untuk menyimpan hasil salin kkm.
c. Pengisian nilai oleh Wali Kelas
Perbedaan penginputan nilai dengan memakai fitur wali kelas yakni ditampilkan seluruh mata pelajaran penilaian di rombongan mencar ilmu tersebut. Berikut tatacara penginputan nya. Login memakai email dan password yang sudah diinputkan pada aplikasi dapodik oleh operator :
Halaman login aplikasi dapodikdasmen, inputkan username (email guru) dan password kemudian pilih periode tahun pedoman yang akan diinputkan data nilai rapor,
Gambar halaman login aplikasi
75
Setelah login akan muncul kotak obrolan untuk menentukan peran
Gambar pindah peran
Lalu pilih semester yang akan diisikan nilai nya,
Setelah melaksanakan pemilihan semester maka pada pilihan rombongan mencar ilmu hanya akan muncul rombongan mencar ilmu dimana guru tersebut menjadi wali kelas,
Akan muncul mata penilaian disetiap rombongan mencar ilmu yang sudah ditambah dan diurutkan no mata penilaian oleh operator sekolah.
Mata penilaian yang muncul untuk penginputan oleh wali kelas muncul seluruh mata penilaian di rombel tersebut
Gambar daftar mata evaluasi
Untuk proses cara input nilai proses sama menyerupai penginputan memakai kiprah Guru
76
panduan penggunaan fitur salin template mata evaluasi
Menu salin template mata penilaian mempunyai kegunaan untuk mempermudah proses pengurutan no urut mata evaluasi. Dengan cara menyalin data mata penilaian serta no urut dari rombel yang telah lengkap dan rapih. Pastikan pada setiap rombel mata penilaian yang ada sama menyerupai rombel yang akan disalin mata penilaian nya. Cara nya yakni :
Pastikan 1 rombongan mencar ilmu sudah rapih dan terisi mata penilaian serta no urut nya,
Gambar mata penilaian dan no urut
Lalu pilih rombongan mencar ilmu mana yang akan disalin mata evaluasinya sesuai dengan rombongan mencar ilmu yang sudah teriisi dengan lengkap,
Gambar filter pilih rombongan belajar
sesudah dipilih rombongan mencar ilmu mana yang akan disalin kemudian akan muncul sajian pilih rombongan mencar ilmu yang telah terisi dengan mata penilaian dan no urut,
Gambar filter pilih rombongan mencar ilmu existing
77
Jika sudah dipilih klik salin dan tutup kemudian tunggu proses data hingga selesai,
Gambar info hasil salin
d. Contoh hasil Entri Data Rapor
gambar hasil entri data nilai Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013
Gambar hasil entri data nilai SLB Kurikulum Pendidikan Khusus 2013
78
e. Panduan Penggunaan Export dan Import Nilai Menggunakan Excel
Fasilitas penginputan nilai dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat proses penginputan disekolah. Proses ini sangat rentan harap memakai fitur dengan bijak dan mengikuti tatacara penggunaan serta penginputan dengan membaca peringatan yang terdapat pada lembar hasil file export.
Pilih semester dan rombongan mencar ilmu yang telah dilakukan proses mapping mata evaluasi,
Gambar sudah mapping
Lalu klik tombol Export dan Import hingga muncul 2 pilihan menu,
Gambar tombol export dan import
Pilih sajian “Unduh Format Excel Untuk Import”
Gambar sajian export
79
Hasil unduhan akan masuk ke folder Downloads,
Gambar hasil unduh template
Pilih hasil file excel hasil unduhan kemudian buka memakai aplikasi pendukung pembaca file excel,
Isikan terlebih dahulu Nilai KKM Pengetahuan dan KKM Keterampilan dengan mengetik atau menentukan angka dari 1-100.
Setelah melaksanakan isian KKM lakukan pengisian nilai pada setiap penerima didik. Dengan mengetik atau menentukan angka dari 1-100.
Gambar pengisian nilai
80
Setelah seluruh data terisi lakukan import dengan mengklik kembali tombol export dan import pada aplikasi dapodik kemudian pilih sajian import dari excel
Gambar pilih import dari excel
Lalu akan muncul kotak obrolan baru,
Gambar obrolan import
Pilih tombol “Pilih excel” kemudian pilih tempat excel hasil isian nilai tadi disimpan,
81
Gambar tempat excel disimpan
82
Tunggu proses hingga selesai dan hasil excel berhasil terimport pada aplikasi dapodik,
Gambar hasil import
Cek kembali hasil import apakah jumlah dan semua isian telah terisi dengan benar.
Gambar hasil sesudah import
83
BAB V
PENGISIAN DATA APLIKASI DAPODIK MENGGUNAKAN JARINGAN
Untuk mempermudah atau mempercepat proses entri data Dapodikmen sanggup dilakukan dengan memanfaatkan sistem Client Server atau Jaringan, Prinsipnya dengan 1 komputer yang diinstall aplikasi Dapodikmen, dan komputer komputer lainya yang terhubung dengan jaringan sebagai Cilent tanpa perlu diinstall aplikasi Dapodikmen.
Sebelum membahas cara pengaturan jaringan, ada pengetahuan dasar yang mesti diketahui, yaitu kita harus mengetahui IP address dari PC server. Cara untuk mengetahui IP Komputer yang terhubung dalam jaringan yakni sebagai berikut:
1) Melalui IP Config
1. Klik start atau search aplikasi
2. Ketik cmd, dan keting ipconfig
Gambar perintah command di operating sistem
3. Catat angka pada keterangan IP V4 Address
84
Gambar Cek IP dari Command line
2) Melalui Status Network
1. Klik kanan status network pada sistray
2. Klik Open Network and Sharing Center
Gambar Open Network and sharing center
3. Klik Change Adapter Setting
Gambar Change adapter setting
4. Double Klik Local Area Connection kalau memakai Kabel Jaringan atau Wireless Network Connection kalau memakai Wi-Fi
5. Klik Detail
6. Catat angka pada keterangan IP V4 Address
85
Gambar Cek IP melalui status Network A
3) Melalui Status Network B
1. Klik status network pada sistray
2. Klik Kanan pada Network yang sedang Connected
3. Klik Status
4. Klik Detail
5. Catat angka pada keterangan IP V4 Address
Gambar Cek IP melalui status Network B
Ketiga cara cek IP diatas digunakan untuk cek IP pada jaringan lokal (LAN).
4) Cek IP Publik
Jika server terhubung dengan internet dan memakai susukan broadband menyerupai Speedy dll, biasanya provider akan menunjukkan IP statik sehingga ip tersebut sanggup diakses dari luar. Akan tetapi tidak semua provider internet yang menunjukkan akomodasi menyerupai ini. Diantaranya yakni Speedy. Sehingga kita sanggup memanfaatkan akomodasi tersebut untuk menghubungi PC yang terinstall aplikasi Dapodikmen melalui Internet.
Adapun langkah langkah untuk mengecek IP publick komputer yang sudah terhubung dengan internet yakni sebagai berikut.
86
1. Buka browser
2. Ketik pada address kafetaria : cmyip.com
3. Catat My IP Address
Gambar Cek IP Publik
Setelah mengetahui cara cara untuk mengetahui IP dari Server maka kita sanggup meng susukan komputer tersebut di lokasi atau kawasan lain yang terhubung dengan internet. Untuk lebih lanjutnya akan kita kenal jenis jenis penggunaan jaringan komputer dengan sistem Client – Server. Ada beberapa macam jenis jaringan Komputer yang sanggup dipergunakan, yaitu :
A. Pengisian Data dengan Menggunakan Kabel dan Switch Hub
Gambar Komputer Client Server
Langkah untuk mengerjakan dengan sistem LAN adalah:
1. Pastikan kabel LAN sudah terhubung
2. Pada PC client buka browser
3. Ketik IP server : 5774
Sehingga akan menampilkan aplikasi Dapodikmen Server
87
Gambar Akses dari Web Browser dengan IP
B. Dengan Menggunakan Wireless Access point
Gambar Komputer Client Server dengan Access Point
Pada Langkah ini cara kolaborasi dengan poin A, perbedaanya hanya alat yang digunakan yaitu memakai Wireless Access point. Untuk penggunaannya ada beberapa catatan :
1. Pastikan internet yang digunakan yakni internet yang sama antara PC/laptop server dan client.
2. pada browser client diketik alamat IP sever:5774
88
C. Dengan Menggunakan Koneksi Peer To Peer / AD-Hoc
Koneksi adhoc yakni menggabungkan beberapa laptop ke 1 jaringan wireless Tanpa memakai access point / router Sehingga sanggup memudahkan Entri data
Gambar 11.11 Komputer Client Server dengan peer to peer /Ad-Hoc
Untuk menciptakan koneksi Adhoc dari PC/ Laptop Client yang terinstall aplikasi DAPODIK 2016 yakni sebagai berikut
1. Klik Icon Network pada sistray dan klik open and sharing center
Gambar Open Network and sharing center
2. Manage wireless network add untuk menciptakan ssid
Gambar Manage wireless network
89
3. Pilih create an adhoc network
Gambar Create Ad hoc
4. Klik Next
Gambar setup Wireless
5. Berikan nama ssid, tentukan jenis securitynya sanggup tanpa password atau memakai untuk koneksi wifi nya
Gambar Penamaan SSID
90
6. Klik Close
Gambar Netwok siap untuk digunakan
7. Koneksikan PC Client dengan Server Yang sudah dibentuk adhoc dan terinstall Aplikasi DAPODIK 2017.c, sehingga sanggup cek status IP Address yang jadi server
Gambar SSID sudah terhubung dan siap digunakan
Catat IP PC yang akan dijadikan server dengan cara yang telah diuraikan sebelumnya.
4. Pada client buka browser
5. Ketik : 5774
91
D. Dengan memanfaatan Tethering smartphone
Gambar ilustrasi pemanfaatan tethering smartphone
Koneksi Tethering yakni menciptakan access point portable dengan memanfaatkan smartphone sebagai pengganti router atau access point, yang biasanya dimiliki oleh smartphone android yang mempunyai fitur tethering. Langkah langkah nya yakni sebagai berikut:
1. Tap sajian dan pilih setting – more
Gambar Menu settings
2. Pilih Tethering & Portable hotspot
92
3. Aktifkan fitur Wi-Fi hotspot
Gambar Menu ON/OFF Wifi Hotspot
4. Masuk ke sajian Set up Wi-Fi hotspot
Gambar Menu Set Up Wifi hotspot
93
5. Buat ssid dan password untuk koneksi wifi
Gambar Entri password yang diharapkan
6. Tap save untuk menyimpan sehingga fitur portable hotspot aktif.
7. Koneksikan server/ PC yang diinstall Aplikasi DAPODIK 2016 ke smartphone untuk dijadikan sebagai server.
Gambar terhubung dengan SSID dari tethering hotspot
8. Cek IP PC Server
9. Pada PC client buka browser
10. Ketik IP server : 5774
94
E. Membuat Webserver DAPODIK 2016 dengan PC Lokal yang mempunyai IP Public / Fitur Forwarding IP
1) Membuat Webserver dengan IP statis
Seperti yang telah diulas sebelumnya. Beberapa provider menyerupai speedy sanggup diakses IP nya dari luar, alasannya IP yang diberikan yakni ip statis yang artinya IP dari koneksi akan tetap walaupun koneksi terputus. IP yang diakses secara default yakni IP modem dsl. Namun kita sanggup memakai fitur Forwarding IP/ NAT di modem. Langkah langkah setting modem / router yakni sebagai berikut.
1. Masuk ke web managemen modem, dengan memakai browser. IP. Biasanya. Ip web managemen modem/ router dipasang pada stiker ip untuk login.
Gambar setting virtual server
2. Pilih Forwarding
3. Pilih Virtual Server
4. Service port diisi 5774
5. IP Address diisi dengan IP dari PC yang dijadikan sebagai server / PC yang diinstall Aplikasi DAPODIK 2016
6. Protokol sanggup diisi All
7. Status dipilih Enabled.
Berikutnya kita catat IP Public koneksi internet kita dari pc yang diinstall DAPODIK 2016. Dan buka ip tersebut pada komputer lain yang juga terhubung Ke internet. Sehingga akan menampilkan aplikasi DAPODIK 2016 Server
95
Gambar Akses dari Web Browser dengan IP
Berikutnya kita juga sanggup memanggil IP public memakai domain gratis yang banyak tersedia di Internet, misalnya disini yakni di htps://freedns.afraid.org
1. Catat IP Public PC
2. Buka situs http://freedns.afraid.org/
3. Klik Main sajian dan lakukan registrasi
Gambar tampilan http://freedns.afraid.org/
Setelah proses pendaftaran selesai dan akun aktif, maka kemblai login ke situs freedns.
4. Klik Registry
5. Pilih atau cari nama subdomain yang akan dibuat
96
Gambar Contohnya disini akan digunakan “School.cl”
6. Isikan data :
- Subdomain : nama subdomain yang akan digunakan
Contoh : DAPODIK 2016smasasmd
- Destination : Diisi dengan alamat IP Public dari komputer
- Kemudian salin Capcha dan simpan
Gambar data isian di a new subdomain
7. Setelah disimpan, dan biasanya btuh waktu kurang lebih 1x 24 jam biar domain aktif
8. Cek alamat DAPODIK 2016.school.cl:5774
2) Membuat Webserver dengan IP Dinamis
Tidak semua provider dan paket internet mempunyai ip statis. Beberapa paket internet IP yang diberikan bersifat Dinamis, sehingga setiap koneksi ke internet (setelah terputus / reconnect) akan mendapat IP gres lagi, dalam artian, IP akan selalu berganti, kita tidak sanggup melaksanakan pointing domain ke IP yang selalu berganti tersebut.
Solusinya. Pada router tersedia fitur Dinamic DNS atau lebih dikenal dengan DDNS pada router. Dan untuk itu kita membutuhkan akun akun DDNS menyerupai dyndns, no-ip, tergantung dari modem atau router masing masing
Pada potongan ini akan dijelaskan cara dan akun yang umum yaitu no-ip, hal ini dikarenakan no-ip menyediakan akun gratis dan simple.
97
a. Registrasi dan Setting Akun DDNS
1. Buka situs : http://www.noip.com/
2. Lakukan registrasi
3. Proses Registrasi
Gambar Create IP account
Gambar Free DDNS
Pilih Free Sign Up
4. Berikutnya lakukan aktivasi akun melaui email
98
Gambar account sudah aktif
Gambar tampilan account sudah aktif
5. Berikutnya login ke web no-ip
Gambar tampilan account login ke no-ip
6. Klik Manage HOST’
Gambar Manage Host
99
7. Klik Add Host
Gambar tampilan Add Host
8. Isikan nama domain dan IP public
Gambar 11.35 tampilan entri untuk hostname
Gambar tampilan hostname sudah berhasil
9. Sampai disini kita telah mempunyai domain dari no-ip
100
b. Setting Modem / Roter
1. Masuk ke administrasi router atau modem -
2. Isikan data tata yang tadi dibentuk pada dikala pendaftaran ddns no-ip
3. Cedklis enable ddns
4. Klik Login
5. Save
Gambar tampilan entri DDNS
Agar diperhatikan pengisiannya
Gambar tahapan yang harus dilakukan
101
6. Berikutnya masuk ke setting NAT atau Virtual server. Untuk melaksanakan pointing ke IP Lokal PC yang diisntall aplikasi DAPODIK 2016
Gambar tampilan setting Virtual server
7. Selanjutnya DAPODIK 2016 sanggup diakses melalui domain yang telah kita buat
F. Menggunakan Software Portable
Kadang Kita kesulitan untuk menciptakan jaringan lokal atau disekolah belum tersedia akomodasi Access Poin ataupun tidak ada fitur Tethering pada ponsel. Dengan Fasilitas aplikasi aplikasi wifi portable, ataupun kesulitan dalam sistem IP address dari Client Server. hal ini sanggup diatasi. Banyak disediakan aplikasi aplikasi wifi portable menyerupai Connectifity, mHotspot Baidu Wifi dan lain sebagainya. Pada sesi ini akan dibahas salah satu dari aplikasi tersebut yaitu Baidu Wifi Hotspot, yang dirasa mempunyai fitur yang bagus, ukuran instalkler yang kecil dan penggunaan yang sangat mudah.
Aplikasi tersebut sanggup diunduh pada link : http://www.pcfaster.com/id/lp/wifiPopularize.php
1. Install dan jalankan aplikasi Baidu wifi hotspot pada komputer yang ada aplikasi DAPODIK 2016 [sebagai server]
2. Setelah dijalankan, tunggu hingga proses inisialisasi wifi selesai
Gambar tampilan Baidu Wifi hotspot
102
3. Kita sanggup mengganti nama SSID dan password dari Wifi Portable
Gambar tentukan Wifi name
4. Setelah Wifi tersedia, kita sanggup cek IP address dari Server kita pada pada Network and sharing centre
Gambar tampilan konfiguasi network di PC
5. Berikutnya koneksikan Laptop atau pc lain ke SSID yang sudah kita buat dan panggil IP server pada browser, misalnya disini yakni 192.168.111.1:5774 atau sanggup juga dengan cara yang lebih simpel yang disediakan oleh aplikasi yaitu cukup panggil dengan cara s.com:5774
Karena disini IP dari server sudah otomatis diatur NAT / Forwarding nya dengan nama S
S.com = Nama untuk Server.
103
Gambar tampilan Baidu Wifi hotspot
Gambar tampilan Client yang sudah terkoneksi
6. Kelebihan fitur ini kita juga sanggup mengirimkan ataupun mengambil file file menyerupai Form pendataan secara pribadi ke komputer client yang terhubung.
104
Gambar tampilan koneksi ke Phone
Pada sajian setting kita sanggup mengatur lokasi pengiriman atau pengambilan file dari atau ke PC/ Laptop Client
Gambar tampilan penganturan lokasi penyimpanan
105
BAB VI
PENUTUP
Buku panduan penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c ini disusun untuk menunjukkan deskripsi terkait panduan penginputan data nilai Rapor dan US/USBN. Diharapkan dengan adanta panduan ini memudahkan proses penginputan data di satuan pendidikan
Untuk informasi yang belum tertera dalam panduan aplikasi ini, sekolah sanggup menghubungi Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui email tim helpdesk Dapodikdasmen di alamat berikut dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id
Dengan memakai Aplikasi Dapodik Versi 2017.c, mari kita sukseskan pendataan Dapodik periode tahun 2017.
0 Response to "Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Terbaru 2017C | Pdf"
Post a Comment