35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru |
Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs
35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan balasan yang benar !
POLUSI DI JAKARTA
Mereka yang tinggal di Jakarta sebetulnya yaitu para pemberani. Sejak terbit fajar hingga terbit kembali, maut selalu mengintai di sekeliling mereka. Bukan saja dari tindak kriminal yang memang kian mengerikan, melainkan juga dari udara yang mereka hirup dan air tanah yang mereka konsumsi. Warga Jakarta memang hidup dalam kepungan kerusakan lingkungan yang kronis. Mereka menghadapi semua itu setiap hari. Dalam sebuah program diskusi di Jakarta belum usang ini, Deputi Pembinaan Sarana Teknis Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup, Masnelliarty Hilman, menuturkan bahwa pencemaran udara di Jakarta sudah mencapai titik kritis. Akibatnya, timbullah penyakit pernapasan, asma, iritasi mata, kulit, hingga kematian. Di Jakarta meningkatkanya tanda-tanda autisme pada anak dan turunnya IQ secara merata yaitu akhir polusi udara.
Bagaimana kondisi air yang sehari-hari mereka minum? Ada tiga sungai di sekitar ibu kota yang airnya dipakai sebagai materi baku air minum. Sungai itu yaitu Sungai Ciliwung, Sungai Krukut, dan Sungai Kalimalang. Berdasarkan data Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI, tercatat bahwa kualitas air di ketiga sungai itu telah melampaui baku mutu yang telah ditetapkan.
Dari arah laut, polusi ikut mengancam. Beberapa waktu kemudian ditemukan ikan-ikan di Teluk Jakarta mengalami kematian massal. Ada klarifikasi mengenai lantaran kematian itu, yakni akhir panas, unsur hara, unsur logam berat, unsur sedimen, polutan organik, persisten, dan hidro karbon.
Lengkap sudah bayang-bayang kematian mengintai warga Jakarta setiap hari. Ancaman terburuk itu sanggup dihindari kalau ada sesuatu yang dilakukan. Ekosistem membutuhkan keseimbangan. Saat ini keseimbangan tersebut sudah rusak akhir ulah insan sendiri. Mengembalikan keseimbangan itulah yang mesti dilakukan. Jelas ini bukan hanya kiprah pemerintah, melainkan semua anggota masyarakat.
1. Gagasan utama paragraf pertama wacana di atas adalah….
a. Warga Jakarta terancam maut dari tindak kriminal.
b. Warga Jakarta terancam dari pencemaran udara.
c. Warga Jakarta merusak lingkungan setiap hari.
d. Warga Jakarta terancam dari kerusakan lingkungan.
2. Kalimat berikut ini yang merupakan opini dari wacana di atas adalah….
a. Masnelliaty menuturkan pencemaran udara di Jakarta.
b. Dari arah laut, polusi ikut mengancam.
c. Beberapa waktu kemudian ditemukan ikan di Teluk Jakarta mengalami kematian massal.
d. Ada tiga sungai di sekitar ibu kota yang airnya dipakai sebagai materi baku air minum.
3. Berikut ini yang merupakan fakta dalam wacana di atas adalah….
a. Sejak terbit fajar hingga terbit kembali, maut setia mengintai di sekeliling mereka.
b. Berdasarkan data BPLHD DKI, tercatat bahwa kualitas air di ketiga sungai telahmelampaui baku mutu.
c. Lengkap sudah bayang-bayang kematian, mengintai warga Jakarta.
d. Kerusakan lingkungan tidak sanggup diperbaiki.
4. Kesimpulan yang sempurna dari isi wacana di atas adalah….
a. Kerusakan lingkungan hanya sedikit mendatangkan sumber penyakit.
b. Upaya apa pun yang dilakukan pemerintah dalam memperbaiki lingkungan hanya sia-sia.
c. Pencemaran lingkungan harus segera diatasi bersama.
d. Upaya pencegahan kerusakan lingkungan perlu waktu panjang.
5. Pemerintah akan melaksanakan survei kebutuhan dasar pendidikan di sekolah sebagai salah satu solusi pemecahan permasalahan pendidikan. Survei tersebut dibutuhkan memperlihatkan hasil terwujudnya pendidikan murah/gratis. Sekolah murah akan menjangkau semua kalangan masyarakat sehingga sanggup menjadi jalan keluar dari persoalan pendidikan di negara ini.
Kritik yang sesuai untuk isi bacaan di atas adalah….
a. Pendidikan murah belum tentu bisa menjangkau semua lapisan masyarakat lantaran masih banyak orang yang belum sadar pendidikan.
b. Survei sebaiknya tidak hanya berorientasi pada pendidikan murah, tetapi lebih memikirkan kualitas dan jaminan masa depan lulusan.
c. Masalah pendidikan terang tidak sanggup diselesaikan dengan survei kebutuhan dasar pendidikan.
d. Pendidikan murah tidak sanggup dilaksanakan lantaran pendidikan membutuhkan biaya yang sangat besar.
6. Jln., Rmh, LT 200, LB, ISD, Jln. Muh TAMRIN 25A (Sebelah BRI) T.0813234545
Jln., Rmh, LT, dan LB dalam iklan baris di atas merupakan akronim dari ….
a. dijual, rumah, lantai, dan lebar
b. jual, rumah, luas tanah, dan luas bangunan
c. jual, rumah, luas tanah, dan luas bangunan
d. jual, rumah, lantai, dan luas bangunan
7. Sony mempunyai sepeda bermerek Honda Supra yang dibeli tahun 2000 dalam keadaan baru.
Saat ini kondisi mesin masih bagus. Sony tinggal di Jalan Ronggo Warsito 20 Surakarta akan menjual sepeda motornya dengan cepat dengan harga tujuh juta rupiah. Yang berminat sanggup menghubunginya ke Handphone 081329456789
Penulisan iklan baris yang sempurna adalah….
a. Dijual Honda Supra 2000, mesin bagus, harga nego, hubungi Sony Jalan Ronggowarsito 20 Surakarta Handphone 081329456789
b.Jln. Honda Supra th 2000, msn bagus. Hrg 7 jt Hub. Sony Jl. Ronggowarsito 20 Surakarta HP 081329456789
c. Djl. Hd. Supra. Msn. Bgs. Hrg 7 Jt. Hub. Sony Jln Ronggowarsito 20 Surakarta.
d. Djl. Hd. Supra. Msn. Bgs. Hrg 7 jt Hub. Sony 081329456789
8. Untuk mengetahui isu ihwal sebuah istilah penting dengan cepat dan tepat, kita harus membaca….
a. buku telepon
b. Indeks
c. ensiklopedia
d. daftar kata
9. Bacalah indeks pengarang di bawah ini!
Sutan Takdir Alisyahbana : 16, 170, 175
Chairil Anwar : 2, 19, 25, 170
Sanusi Pane : 30, 37, 45, 60
Rosihan Anwar : 37, 45, 50, 60
Jika kau ingin mengetahui isu ihwal Sanusi Pane dan Rosihan Anwar, kau sanggup melihat halaman….
a. 30, 37, 45
b. 37, 45, 60
c. 25, 50, 30
d. 60, 170, 175
10. Manfaat resensi buku adalah….
a. mengetahui harga buku.
b. mengetahui teknik penulisan.
c. mengetahui kelebihan dan kekurangan buku.
d. mengetahui teknik penulisan buku dan pengarang yang bagus.
11. Berikut hal-hal yang sanggup dinilai dari buku yang diresensi, kecuali….
a. jumlah buku
b. data buku
c. penggunaan bahasa
d. kelebihan dan kekurangannya
12. Kalimat berikut ini berupa kritik/saran dengan bahasa yang santun adalah….
a. Belajarlah yang tekun supaya tidak goblok!
b. Belajarlah yang rapi biar prestasimu menurun!
c. Belajarlah yang rajin, prestasimu akan meningkat!
d. Belajarlah bagaimanapun kau tidak akan pintar!
13. Ia malas belajar…tidak sanggup mengerjakan soal.
Konjungsi yang sempurna untuk kalimat tersebut….
a. sebab
b. karena
c. sehingga
d. akibat
14. Kalimat berikut yang merupakan kalimat pengandaian adalah….
a. Yuli memang malas berguru sehingga tidak naik kelas.
b. Suaranya merdu menyerupai penyanyi.
c. Daripada termenung lebih baik kau belajar.
d. Sekiranya ia sanggup membeli sepeda, ia akan ke rumahmu naik sepeda.
15. Anak itu sehat secara lahiriah
Akhiran-iah pada kata lahiriah berfungsi membentuk….
a. kata benda
b. kata kerja
c. kata sifat
d. kata keadaan
16. Kata berikut ini yang sempurna mendapat imbuhan –wi adalah….
a. lahir
b. batin
c. surga
d. badan
17. Pewawancara : Sejak kapan Bapak bertugas sebagai pengamat Gunung Merapi?
Tokoh : Sejak saya selesai menempuh pendidikan S-2 tahun 1992.
Pewawancara : Bagaimanakah masyarakat sekitar Merapi menyikapi keadaan Merapi yang terlihat semakin aktif?
Tokoh : Mereka lebih cenderung mempercayai arahan alam daripada pendapat para ahli.
Pewawancara : …
Tokoh : Sebagai petugas saya wajib memperlihatkan isu menurut hasil pengamatan Direktorat Vulkanologi.
Pertanyaan yang sempurna untuk melengkapi wawancara tersebut adalah….
a. Apakah Bapak puas terhadap kepercayaan mereka ihwal Merapi?
b. Mengapa penduduk sekitar Merapi lebih percaya pada arahan alam?
c. Bagaimana hasil pengamatan Bapak terhadap aktifnya alam?
d. Langkah apa yang Bapak tempuh untuk mengatasi kepercayaan mereka?
18. Tokoh yang diwawancarai pada obrolan di atas bertugas sebagai….
a. penjaga Gunung Merapi
b. pengamat Gunung Merapi
c. Dinas Kehutanan
d. Pendidikan S-2
19. Berikut merupakan ciri-ciri syair, kecuali….
a. bersajak aaaa
b. setiap bait terdiri atas empat baris
c. baris 1,2 sampiran, dan baris 3,4 isi
d. semua baris merupakan isi
20. SYAIR KUMBANG DAN MELATI
Dengarkan tuan kisah bermula
Ceritanya Ratu di Jenggala
Asalnya dari Batara kali
….
Larik yang sesuai untuk melengkapi kepingan syair di atas adalah….
a. Orang gagah tidak terkira
c. Negerinya besar tidak tercela
b. Terkenal di mana-mana
d. Istrinya bagus luar biasa
DI BAWAH GELOMBANG
Karya : Sanusi Pane
Aku membawa bidukku perlahan
Dalam kesunyian malam waktu
Tidak berpawang tidak berkawan
Entah ke mana saya tak tahu
Jauh di atas bintang kemilau
Seperti sudah berabad-abad
Dengan tenang mereka meninjau
Kehidupan bumi yang kecil amat.
Aku bernyanyi dengan suara
Seperti bisikan di daun
Suaraku hilang di dalam udara
Dalam maritim yang beralun-alun.
21. Puisi di atas, yang berjudul “Di Bawah Gelombang,” sanggup kita rumuskan temanya, yaitu….
a. kekhawatiran penyair
b. kekaguman penyair
c. renungan penyair
d. bunyi hati penyair yang sedih
22. Dari puisi berjudul “Di Bawah Gelombang” terkandung pesan moral, yaitu ….
a. Hendaknya kita selalu ingat akan kebesaran Tuhan.
b. Dunia ini kecil dibandingkan dengan kebesaran Tuhan.
c. Kita sanggup tenang dengan bernyanyi di waktu sunyi.
d. Hidup tanpa mitra menjadi sepi.
23. Dari puisi berjudul “Di Bawah Gelombang”pada soal di atas, kalau dipahami baris demi baris, yang paling banyak kita temukan yaitu citraan….
a. pendengaran
b. penglihatan
c. perasaan
d. penciuman
24. Perjalanan kisah dari awal hingga simpulan disebut….
a. tema
b. alur
c. amanat
d. sudut pandang
25. Tempat terjadinya suatu kisah disebut….
a. alur
c. sudut pandang
b. tema
d. latar
KISAH DI KANTOR POS
….
“Tadi agaknya telah terjadi suatu kekeliruan saat Nona membayarkan uang pos wesel kepada saya,” ujarku
“Mana sanggup keliru?” si pegawai menyela dengan cepat,
“Seharusnya saya terima tiga ratus rupiah, bukan? Kalau tak salah, sekian itulah yang tertulis dalam pos wesel saya.”
“Coba saya lihat dulu. Saya masih ingat pos wesel Anda!” si pegawai kemudian mengusut salah satu lajur dalam daftar yang terkembang di hadapannya, kemudian katanya. “Nah ini, wesel pos nomor 147 dengan abjad g jumlah uang tiga ratus rupiah. Apa yang keliru? Bukankah tadi Saudara terima dari saya tiga ratus rupiah?” “Tidak, jawab si laki-laki.” Nona tadi memperlihatkan kepada saya bukan tiga lembar uang ratusan, tapi empat lembar. Tadi empat ratus rupiah yang saya terima.”
(Mohammad Ali)
26. Tokoh utama cerpen di atas adalah….
a. pegawai pos
b. pria di kantor pos
c. nona pegawai pos
d. pria pengambil pos wesel
27. Watak tokoh utama dalam cerpen di atas adalah….
a. jujur
b. kikir
c. sabar
d. pemarah
28. Tema paling sempurna untuk cerpan tersebut adalah….
a. kegemaran
b. kedisiplinan
c. kejujuran
d. kemanusiaan
Pada pelajaran Bu Ratna saya tidak sanggup konsentrasi sama sekali. Oh Tuhan, saya menyesal. Mengapa saya lakukan perbuatan itu. Itupun juga salahku lantaran tidak berguru sebelumnya. Aku terpaksa menyontek. Aku tidak ingin mendapat nilai di bawah 5.
Sumber: Karena Menyontek, Lia Isvarischa
29. Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah….
a. di rumah
b. di halaman
c. di kelas
d. di rumah sakit
30. Nilai-nilai yang terkandung dalam kepingan cerpen di atas pada nomor 39 adalah….
a. keterusteranga
b. kepasrahan
c. kejujuran
d. penyesalan
B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Sebutkan ciri-ciri syair!
2. Buatlah kalimat dengan memakai imbuhan
a. –isme,
b. --isasi.
3. Jelaskan pengertian buku berindeks!
4. Sebutkan hal-hal yang terdapat dalam resensi buku!
5. Buatlah kalimat dengan memakai kata pengandaian!
Tulislah iklan baris menurut ilustrasi di atas dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas!
Demikianlah isu yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 35+ Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs File ini dalam Bentuk .doc File Size 43Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal UAS bahasa indonesia kelas 9 semester 1 dan pembahasannya
- soal UAS bahasa indonesia kelas 9 semester 1 kurikulum 2006
- soal UAS bahasa indonesia kelas 9 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2018
- soal UAS bahasa indonesia kelas 9 semester 2
- soal UAS bahasa indonesia kelas 9 semester 1 tahun 2017
- soal UAS bahasa jawa smp kelas 9 semester 1
- soal bahasa indonesia kelas 9 semester 1 dan kunci balasan kurikulum 2013
- kisi-kisi UAS bahasa indonesia kelas 9 semester 1 pdf 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 35+ Teladan Soal Uas Bahasa Indonesia Kelas 9 Smp/Mts Semester Ganjil Terbaru"
Post a Comment