Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019

Namecheap.com

Latihan Online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama - MTS Kurikulum 2006  (KTSP) Tahun 2019


Berikut Contoh Latihan Online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019 tahun pelajaran 2018/2019. Desain soal latihan ini sebagai hasil pembinaan menciptakan soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa dipakai untuk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2006 - KTSP ala games. 



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada balasan yang berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu balasan yang dianggap paling benar (masing-masing soal mempunyai bobot 1); Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan option pilihan jawaban.
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan balasan sanggup dilihat eksklusif pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Perhatikan gambar di bawah ini!




Fauzan melaksanakan pengukuran sebuah benda memakai jangka sorong ibarat pada gambar di atas. Hasil pengukurannya yakni ....
A. 1,165 cm
B. 1,65 cm
C. 2,40 cm
D. 2,65 cm


2. Perhatikan tabel di bawah ini!
No
Besaran
Satuan
Alat ukur
1
Panjang
centimeter
Mistar
2
Massa
gram
Neraca
3
Kuat arus listrik
ampere
Amperemeter
4
Suhu
kelvin
Termometer
Berdasarkan data di atas, besaran pokok berdasarkan satuan SI dan alat ukur  yang benar yakni ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 4 


3. Perhatikan pola perubahan pada zat!

Ketika es mencair, sifat fisika benda hasil perubahan dari es yakni ....
A. Bentuk dan volume tetap, sebab gerak antar partikel sangat terbatas dan gaya tarik antar partikel sangat kuat
B.  Bentuk dan volume berubah, sebab gerak antar partikel sangat bebas dan gaya tarik antar partikel sangat lemah
C. Bentuk berubah dan volume tetap, sebab gerak antar partikel sangat bebas terbatas, tetapi gaya tarik antar partikel cukup kuat
D. Bentuk tetap dan volume berubah, sebab gerak antar partikel sangat terbatas dan gaya tarik antar partikel sangat lemah


4. 1. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Kayu dipotong untuk dibentuk almari
2) Susu diolah menjadi yoghurt
3) Ketan diberi ragi sehingga menjadi tape
4) Kertas dibakar menjadi abu
5) Beras digiling menjadi tepung
Perubahan kimia ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)


5. Gambar di bawah ini menandakan kondisi permukaan air di dalam gelas ukur pada kondisi sebelum dan setelah watu dimasukan!
Berdasarkan gambar di atas. Berapakah volume watu ....
A. 1  dan  2
B. 1  dan  3
C. 2  dan  4
D. 3  dan  4

6. Perhatikan gambar berikut!



Metode pemisahan pada gambar sanggup dipakai untuk ...
A. memisahkan sirup
B. memisahkan tinta
C. memurnikan cairan infus
D. memisahkan materi obat 

7. Perhatikan tabel berikut!
Larutan
Perubahan Kertas lakmus
K
Biru menjadi merah
L
Biru tetap biru
M
Merah menjadi biru
N
Merah tetap merah
Apabila larutan tersebut merupakan jenis minuman, larutan manakah yang sebaiknya diminum oleh penderita sakit maag?
A. K dan L
B. K dan M
C. L dan M
D. M dan N

8. Seorang anak meluncur maju di jalan ibarat pada gambar berikut tanpa mengayuh pedal sepedanya. 



 Jenis gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang terjadi pada sepeda ketika  melalui lintasan ....

A – B
C – D
1
GLBB dipercepat
GLBB dipercepat
2
GLBB diperlambat
GLBB dipercepat
3
GLBB diperlambat
GLBB diperlambat
4
GLBB dipercepat
GLBB diperlambat


A. 1 
B. 2
C. 3 
D. 4 


9. Ketika pagi hari ayah menciptakan kopi terjadi kejadian ibarat gambar di bawah ini.


Peristiwa gelas pecah terjadi karena ....
A. kalor jenis gelas belahan dalam dan belahan luarnya menjadi tidak seimbang
B. daya serap kalor oleh dinding gelas belahan dalam lebih besar daripada bagian luarnya
C. dinding gelas belahan dalam sudah memuai sedangkan dinding gelas bagian luar belum memuai
D. tekanan air panas dan tekanan udara pada dinding gelas belahan luar tidak menjadi seimbang




Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal USBN IPA SMP/MTs Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019. Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

10. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar di atas, posisi bulan pada dikala terjadi gerhana matahari ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

11. Seorang sopir menarik kendaraan beroda empat yang mogok ibarat pada gambar, sehingga kendaraan beroda empat tersebut berpindah sejauh 1.000 cm. 

Besarnya perjuangan yang dilakukan sopir tersebut adalah ....
A. 250 joule  
B. 1.000 joule
C. 2.500 joule
D. 250.000 joule

12. Dua ekor ikan berada dalam air ibarat gambar (masssa jenis air = 1.000 kg/ m3 dan g = 10 m/s2)
Tekanan hidrostatis yang dialami ikan 1 sebesar 1000 N/m2 dan tekanan hidrostatis pada ikan 2 sebesar 6000 N/m2. Selisih kedalaman ikan 1 dengan ikan 2 yakni .....
A. 10 cm
B. 20 cm
C. 50 cm
D. 70 cm

13. Perhatikan grafik berikut!

Berdasarkan grafik, banyaknya kalor yang diperlukan oleh 5 kg air dalam proses dari C ke D (kalor jenis air = 4.200 J/kgoC) adalah ...
A. 210.000 Joule
B. 420.000 Joule
C. 21.000.000 Joule
D. 42.000.000 Joule


14. Suatu watu diangkat dengan memakai tuas, dengan gaya F sehingga seimbang ibarat gambar.

Jika titik tumpu digeser 10 cm mendekati  F, hal yang harus dilakukan biar tuas tetap dalam posisi seimbang yakni ....
A.gaya kuasa diperbesar menjadi 75 N 
B. beban ditambah sebesar 30 N  
C. menggeser kuasa (F) 50 cm menjauhi titik tumpu
D. menggeser kuasa (F) 60 cm menjauhi titik tumpu


15. Perhatikan gambar !
Jika koefisien  muai panjang logam tertera pada tabel

A. 2 dan 3
B. 1 dan 2
C. 1 dan 3
D. 2 dan 1


16. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Suara pantulan di dalam gua.
2) Bunyi bel terdengar oleh siswa.
3) Mendeteksi adanya bangkai kapal di dalam laut.
4) Bunyi pluit pelatih terdengar ikan lumba-lumba di dalam air.
Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk pola perambatan suara pada medium zat cair yakni ....
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)  
C. 3) dan 4)
D. 1) dan 4)

17. Perhatikan rangkaian berikut!


Jika kendala dalam sumber tegangan diabaikan, besar lengan berkuasa arus listrik yang melalui kendala R1 adalah ....
A. 0,25 A 
B. 0,50 A
C. 1,0 A 
D. 1,5 A

18. Perhatikan tabel besaran dari 2 buah transformator berikut.
No.
Transformator
Vp
Vs
Ip
Is
Np
Ns
a.
I
100 volt
150 volt
3 A
2 A
200 ℓ
300 ℓ
b.
II
250 volt
100 volt
2 A
5 A
750 ℓ
300 ℓ

Jenis transformator tersebut dengan alasannya yang benar yakni ....

Transformator
Jenis
Alasan
Transformator
Jenis
Alasan
1.
I
Step up
Vs > Vp
II
Step down
Np > Ns
2.
I
Step up
Ns < Np
II
Step down
Is > Ip
3.
II
Step up
Vp > Vs
I
Step down
Is < Ip
4.
II
Step up
Np > Ns
I
Step down
Vs > Vp

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

19. Batang besi CD didekatkan pada batang besi AB yang diberi lilitan kawat berarus listrik ibarat gambar berikut.


Berdasarkan gambar tersebut sanggup disimpulkan bahwa ....
A. AB dan CD menjadi magnet permanen, A menjadi kutub U dan C menjadi kutub S
B. AB dan CD menjadi magnet sementara, A menjadi kutub U dan D menjadi kutub S
C. AB menjadi magnet permanen, CD menjadi magnet sementara, A menjadi kutub U, dan C menjadi kutub S
D. AB menjadi magnet sementara, CD menjadi magnet permanen, A menjadi kutub U dan D menjadi kutub S


20. Benda diletakkan di depan cermin ibarat gambar.

Terbentuk bayangan kasatmata dengan perbesaran 2 kali. Jika benda digeser 8 cm mendekati cermin, maka bayangan yang terbentuk bersifat ....
A. nyata, berbalik, diperbesar
B. nyata, terbalik, sama besar
C. maya, tegak, diperbesar
D. maya, terbalik, sama besar


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal USBN IPA SMP/MTs Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019 atau Tahun pelajaran 2018/2019. Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

21. Perhatikan gambar berikut!
       Pada gambar di atas diperlihatkan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
A. berkembangbiak (reproduksi)
B. mengeluarkan zat-zat sisa (ekskresi)
C. peka terhadap rangsangan (iritabilita)
D. menyesuaikan diri terhadap lingkungannya (adaptasi)

22. 17. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, makhluk hidup harus bisa melaksanakan adaptasi. Berikut ini disajikan beberapa pola adaptasi makhluk hidup:
1) ikan tawar menghasilkan urin yang encer,
2) ikan Paus memiliki alat gerak berupa sirip,
3) ikan mempunyai gurat sisi untuk mengetahui perubahan tekanan air,
4) ikan mempunyai badan yang stream line sehingga memudahkan dalam berenang.
Dari contoh-contoh penyesuaian makhluk hidup di atas, pola manakah yang termasuk penyesuaian morfologi?
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)

23. Seorang penerima didik Sekolah Menengah Pertama Harapan Bangsa menemukan makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1) bersifat saprofit,
2) berkembangbiak dengan spora,
3) tidak mempunyai akar, batang, dan daun,
4) tubuh terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa.
Berdasarkan ciri-cirinya, makhluk hidup yang ditemukan penerima didik tersebut termasuk kelompok ....
A. alga
B. jamur
C. lumut
D. paku

24. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Malang menguji baku mutu Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di 50-60 perusahaan secara acak setiap tahunnya. Hasilnya memperlihatkan 20 persen perusahaan  dinilai tidak memenuhi standar baku mutu pengolahan limbah cairnya.  Hasil uji laboratorium air sungai di wilayah Singosari-Lawang serta Wagir–Pakis banyak yang tidak memenuhi chemical oxygen demand (COD) atau oksigen yang diperlukan dalam proses kimiawi.
Bagaimana kemungkinan kondisi organisme di wilayah tersebut?A. Sampah organik akan menumpuk sebab jumlah basil pengurai menurun
B. Zooplankton akan meningkat sebab jumlah ganggang meningkat.
C. Produsen tumbuh pesat sebab cukup mendapat oksigen
D.Jumlah basil pengurai tidak berubah sebab tidak memerlukan oksigen

25. Suatu tumbuhan mempunyai ciri-ciri berikut ini :
1) serbuk sari lengket,
2) mahkota bunga besar dan berwarna mencolok,
3) memiliki kelenjar nektar.
Berdasarkan data di atas, sanggup disimpulkan bahwa tumbuhan tersebut penyerbukkannya dibantu oleh ….
A. air
B. angin
C. serangga
D. manusia

26. Perhatikan sketsa jaring-jaring makanan pada ekosistem darat di bawah ini!

Apa yang terjadi pada komponen penyusun ekosistem tersebut kalau populasi tikus menurun akhir petani melaksanakan pembasmian?
A. Populasi tumbuhan dan rubah meningkat.
B. Populasi tumbuhan dan burung elang meningkat.
C. Populasi tumbuhan meningkat dan katak menurun.
D. Populasi burung pemakan biji-bijian meningkat dan laba-laba menurun.

27. Perhatikan grafik imbas pertumbuhan penduduk terhadap tingkat polusi berikut!


Berdasarkan grafik di atas sanggup disimpulkan bahwa ....
A. semakin banyak jumlah penduduk semakin rendah tingkat polusi
B. semakin banyak jumlah penduduk semakin tinggi tingkat polusi
C. semakin sedikit jumlah penduduk semakin tinggi tingkat polusi
D. jumlah penduduk tidak mempengaruhi tingkat polusi

28. Perhatikan gambar rangka insan berikut!



Nama tulang yang ditandai dengan X yakni ....
A. tulang dada
B. tulang rusuk
C. tulang belikat
D. tulang selangka


29. Perhatikan gambar berikut  !

Dari gambar di samping, gerak yang ditunjukkan no 1 dan 2 secara berturut-turut ....
A. fototropisme dan seismonasti
B. kemotaksis dan geotropisme 
C. fototropisme dan geotropisme
D. kemotaksis dan seismonasti

30. Perhatikan gambar organ reproduksi pada perempuan berikut!

Fungsi belahan X adalah ....
A. menangkap sel telur
B. menghasilkan sel telur
C. tempat terjadinya fertilisasi
D. tempat berkembangnya embrio


Warning: Ini Cuma Latihan Online Soal USBN IPA SMP/MTs kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019. Cara menjawab silahkan Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

31. Perhatikan tabel berikut!
Nomor
Enzim

Kode
Fungsi Enzim
1
Ptialin

a
Mengubah maltosa menjadi glukosa
2
Pepsin

b
Mengubah lemak menjadi asam lemak & gliserol
3
Amilase

c
Mengubah amilum menjadi maltosa
4
Tripsin

d
Mengubah protein menjadi pepton
5
Lipase

e
Mengubah pepton menjadi asam amino
Pasangan yang benar antara Nomor Enzim dan Kode Fungsi Enzim yakni ....
A. 1 à c dan 2 à d
B. 2 à e dan 3 à d
C. 3 à a dan 4 à b
D. 4 à c dan 5 à b

32. Perhatikan daftar ciri-ciri pembuluh darah berikut!
1) Tidak mempunyai katup.
2) Dindingnya terdiri dari 1 lapis sel.
3) Dindingnya kuat, tebal, dan elastis.
4) Darah hanya mengandung karbondioksida (CO2).
Pada daftar di atas, yang termasuk ciri-ciri pembuluh kapiler yakni ...
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 4)

33. Kacang kapri berbatang tinggi (TT)  disilangkan dengan kacang kapri berbatang pendek (tt). Jika F1 disilangkan dengan sesamanya, maka kemungkinan F2 hasil persilangannya yakni …. 
A. tinggi 100% 
B. tinggi  :  pendek  =  75%  :  25%
C. tinggi  :  pendek  =  50%  :  50%
D. tinggi  :  pendek  =  25%  :  75%

34. Perhatikan gambar penampang batang di bawah ini:
Pada gambar di atas, belahan yang berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh belahan badan tumbuhan ditunjukkan oleh nomor ....
A. 
B. 2
C. 3
D. 4


35. Di kabupaten Wonosobo hasil pertanian singkong melimpah, sehingga perlu sentuhan bioteknologi yang sempurna untuk menghindari ketidakbermanfaatan dari singkong tersebut. Produk dari penerapan bioteknologi untuk hasil pertanian tersebut yakni ....

A. tepung singkong
B. tape singkong
C. keripik singkong
D. kue singkong

36. Gerak belahan tumbuhan akhir imbas lingkungan yang benar adalah….
A. sulur tumbuhan markisa bergerak menuju cahaya matahari
B. ujung batang bergerak menjauhi cahaya matahari
C. ujung akar bergerak berlawanan dengan sentra bumi
D. daun pohon turi mengatup pada malam hari

37. Perhatikan gambar
Saat  berfotosintesis, daun diperlakukan ibarat gambar I,setelah berfotosintesis plester dibuka dan  diuji dengan lugol karenanya ibarat pada gambar II (b) . . Warna putih membuktikan bahwa ....
A. fotosintesis membutuhkan O2
B. fotosintesis membutuhkan lugol
C. fotosintesis membutuhkan cahaya matahari
D. fotosintesis menghasilkan amilum


38. Ririn mempunyai 8 kupu-kupu bersayap orange, 8 kumbang kelapa, 8 belalang sembah, dan 8 kepik. Keempat jenis binatang tersebut di lepaskan ke padang rumput. Dari keempat jenis binatang tersebut yang lolos dari seleksi alam adalah….
A. kupu-kupu bersayap orange
B. belalang sembah
C. kumbang kelapa
D. kepik


39. Tanaman kacang berbiji bundar (BB) disilangkan dengan tumbuhan kacang bebiji keriput (bb). Kemungkinan persentase fenotipe keturunan yang kedua adalah….
A. 100% kacang berbiji keriput
B. 100% kacang berbiji licin 
C. 25% kacang berbiji keriput
D. 50% kacang berbiji licin


40. Berikut ini beberapa pola makhluk hidup bersel satu
1. Spirulina
2. Escherial coli
3. Saccharomyces cereviceae        

Mikroorganisme yang sering dikembangkan sebagai protein sel tunggal adalah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3  
D. 1, 2 dan 3


PENASARAN MAU COBA LAGI (COBA DISINI)


Demikian pola sederhana latihan online Soal USBN IPA Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 atau Tahun Pelajaran 2018/2019. Terima Kasih. Mudah-mudahan laman ini bisa dipakai sebagai  sarana pelajaran tambahan, sebagai sarana pembelajaran pengayaan maupun pembelajaran remedial. Semoga bermanfaat. 
=====================================



= Berikut ini Kumpulan Soal USBN Sekolah Menengah Pertama Lainnya =



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Latihan Soal Usbn Ipa Smp - Mts Kurikulum 2006 (Ktsp) Tahun 2019"

Post a Comment