90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Sejarah sosial
Sejarah sosial bangsa Indonesia tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Masalah sosial menjadi pendorong munculnya peristiwa-peristiwa sejarah. Sejarah social mengalami proses perkembangan sesuai dengan perkembangan taraf hidup manusia. Ketika masa bercocok tanam, kehidupan sosial mulai tumbuh, gotong royong dirasakan sebagai kewajiban yang fundamental dalam kehidupan sehari-hari.Mereka hidup secara bahu-membahu dalam satu kelompok sosial, mereka masih food gathering (mengumpulkan makanan) yang kemudian meningkat ke food producing (menghasilkan makanan).
Sejarah sosial terus mengalami perkembangan selaras dengan perkembangan masyarakatnya dari yang paling sederhana ke tingkat yang lebih maju. Munculnya modernisasi, masyarakat pun akan terus membangun kemajuan sosial. Seperti dalam taraf hidup yang sederhana di masa bercocok tanam, maka upaya sosial muncul dengan masyarakat gotong royong yang dirasakan sebagai hal yang wajib dalam kehidupan bermasyarakat luas bahkan kepada aturan-aturan masyarakat yang perlu mereka taati bersama untuk dijaga kelestariannya.
Setelah masuknya hinduisme, kehidupan sosial masyarakat semakin baik, bahkan mereka secara sukarela dan bersama bisa menghasilkan bangunan yang amat besar dan dianggap suci, menyerupai candi Prambanan dan Borobudur.
Masyarakatnya jujur, taat kepada sang pencipta secara sukarela, juga taat kepada para pemimpin bahkan di dalam keluarga mereka taat dan saling menghormati. Pada masa Hindu-Buddha inilah di Indonesia muncul kerajaan yang pertama, menyerupai Kerajaan Kutai pada era ke-5,
Tarumanegara, kemudian Sriwijaya di Sumatra. Hubungan yang erat terjadi di dalam atau di luar istana, walaupun mempunyai satu arah pada istanasentris bahkan muncul pengultusan pada raja.
Di zaman Islam, seiring dengan berkembangnya kerajaan Islam di Nusantara masyarakat sudah mulai teratur, kehidupan sosial semakin tampak membawa kesejahteraan dan perbaikan sosial. Kehidupan demokrasi mulai tertata melalui system kerajaan. Sistem ini kemudian dikembangkan di tengah masyarakat luas dengan cara mengurangi perilaku feodal lantaran para raja Islam telah menawarkan teladan kehidupan yang demokratis. Oleh lantaran itu, problem sosial tidak lepas dari perkembangan hidup masyarakat yang membuat perkembangan sejarah umat manusia.
Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA
90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Sejarah sebagai insiden disebut sejarah....
Jawaban: objektif
2. Dimensi ruang disebut....
Jawaban: spasial
3. Perspektif waktu dalam sejarah ialah waktu dilihat sebagai....
Jawaban: linier
4. Manusia dalam sejarah berperan sebagai....
Jawaban: subjek atau objek sejarah
5. Sejarah tidak akan terulang, yang terulang hanya.....
Jawaban: polanya saja
6. Istilah dan erpistiwa itu abadi, yaitu....
Jawaban: immortal
7. Dimensi temporal ialah konsep sejarah terhadap....
Jawaban: waktu
8. Konsep waktu sejarah sangat bekerjasama erat dengan ilmu....
Jawaban: sejarah
9. Dalam menjalani hidup ketika ini, insan perlu membuat....
Jawaban: perencanaan masa depan
10. Unsur-unsur sejarah, yaitu ruang, waktu, dan....
Jawaban: manusia
11. Jelaskan kekerabatan insan dengan sejarah!
Jawaban: kekerabatan insan dan sejarah sangat erat. Hal ini lantaran insan ialah subjek dan objek sejarah. Peristiwa sejarah terjadi dalam raung dan berproses dalam waktu di mana insan beraktivitas.
12. Apakah sejarah sanggup terulang kembali?
Jawaban: sejarah tidak sanggup terulang kembali lantaran sejarah merupakan insiden yang unik lantaran hanya sekali terjadi dan tidak pernah terulang kembali persis sama untuk kedua kalinya.
13. Jelaskan perspektif waktu dalam sejarah!
Jawaban: perspektif waktu dalam sejarah merupakan suatu proses yang terus berjalan dalam sebuah garis lurus
14. Jelaskan konsep ruang dalam sejarah!
Jawaban: konsep ruang dalam sejarah merupakan kawasan terjadinya insiden sejarah. Peristiwa sejarah akan selalu berkaitan dengan batasan ruang dan bekerjasama dengan konsep waktu.
15. Mengapa sejarah berkaitan dengan masa depan?
Jawaban: sejarah berkaitan dengan masa depan lantaran insan masa sekarang berguru dari masa kemudian dan masa sekarang menjadi harapan harapan masa yang akan datang. Masa kemudian menjadi pijakan masa sekarang dan masa sekarang menjadi harapan dan harapan masa depan.
16. Hal yang terpenting dalam penyusunan periodisasi adalah....
Jawaban: prinsip kontinuitas
17. Sebuatan bapak sejarah diberikan kepada....
Jawaban: Herodotus
18. Peristiwa sejarah bersifat abadi karena....
Jawaban: tidak berubah-ubah
19. Kejadian dalam masyarakat insan pada zaman lampau meliputi....
Jawaban: gejala, perbuatan, dan keadaan.
20. Menurut Kuntowijoyo objek sejarah sebagai ilmu adalah...
Jawaban: manusia
21. Pembabakan waktu disebut juga....
Jawaban: periodisasi
22. Urutan insiden sejarah yang terjadi disebut....
Jawaban: kronologi
23. Historia vitae magistra artinya....
Jawaban: sejarah ialah guru kehidupan
24. Secara etimologi sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu....
Jawaban: syajarotun
25. Sejarah dalam bahasa Belanda adalah....
Jawaban: geschiedenis
26. Mengapa timbul perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah? Jelaskan Jawabanmu!
Jawaban: timbulnya perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah dikarenakan setiap orang akan mempunyai argumen yang berbeda dan dari pendidikan yang berbeda, selain itu juga sumber yang diambil pun berbeda
27. Apa yang dimaksud dengan sejarah sebagai ilmu?
Jawaban: sejarah sebagai ilmu ialah suatu susunan pengetahuan (a body of knowledge) wacana insiden dan dongeng yang terjadi di masyarakat insan pada masa lampau yang disusun secara sistematis dan metodis berdasarkan asas-asas, prosedur, dan metode serta teknik ilmiah yang diakui oleh para pakar sejarah.
28. Jelaskan ciri-ciri utama sejarah!
Jawaban: ciri-ciri utama sejarah, yaitu:
a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan insiden yang abadi, lantaran insiden tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah unik lantaran hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis sama untuk kedua kalinya
c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan insiden yang penting dan sanggup dijadikan momentum kehidupan semua orang.
29. Jelaskan fungsi sejarah sebagai fungsi rekreatif!
Jawaban: sejarah sebagai fungsi rekreatif sanggup menawarkan kesenangan dan rasa estetis lantaran penulisan sejarah bisa menarik pembaca berkreasi tanpa beranjak dari tempat. Kita sanggup mengetahui insiden yang telah lampau. Dengan mempelajari kisah-kisah sejarah di kawasan yang jauh, di negara-negara lain, maka seperti kita bertamasya dan menawarkan kepuasan dalam bentuk “pesona perlawatan”.
30. Apa yang dimaksud kegunaan intrinsik dan ekstrinsik dalam sejarah?
Jawaban:
- Fungsi intrinsik, yakni kegunaan dari dalam yang nampak terkait dengan keilmuan dan training profesi kesejarahan. Fungsi intrinsik sejarah ialah sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau, sejarah sebagai pernyatan pendapat, dan sejarah sebagai profesi.
- Fungsi ekstrinsik terkait dengan proses penanaman nilai dan proses pendidikan. Fungsi ekstrinsik mencakup sejarah sebagai pendidikan moral, sejarah sebagai pendidikan penalaran, sejarah sebagai pendidikan politik, sejarah sebagai pendidikan kebijakan, sejarah sebagai pendidikan perubahan, sejarah sebagai pendidikan masa depan, sejarah sebagai pendidikan keindahan, dan sejarah sebagai ilmu bantu.
31. Keruntutan dalam penulisan sejarah disebut....
Jawaban: kronologi
32. Metode sosiohistoris disebut juga...
Jawaban: diakronik
33. Pendekatan sejarah dengan menekankan struktur disebut...
Jawaban: sinkronik
34. Metode penyusunan dan pengolahan sumber, yaitu....
Jawaban: interpretasi
35. Pendapat wacana sejarah sebagai ilmu, tidak kurang atau lebih, dikemukakan oleh...
Jawaban: J.B. Burry
36. Dalam sejarah, kausalitas disamakan dengan konsep....
Jawaban: lantaran akibat
37. Kausalitas merupakan inti dari klarifikasi sejarah, dikemukakan oleh....
Jawaban: Sartono Kartodirdjo
38. Kronologi dalam sejarah mempunyai arti yang sama dengan cara berpikir....
Jawaban: diakronik
39. Sejarah itu diakronik, berarti sejarah menekankan....
Jawaban: diakronik
40. Diakronik diambil dari bahasa....
Jawaban: Yunani
41. Sebutkan beberapa pendapat mengenai periodisasi!
Jawaban:
a. Menurut pendapat monistis, tidak mengenal periodisasi, lantaran setiap pembabakan sejarah atas zaman akan mengurangi kontinuitas.
b. Menurut pendapat atomistis, menentang periodisasi. Hal ini dikarenakan periodisasi hanya imajinasi saja, lantaran yang bersifat nyata hanyalah pengalaman eksklusif dari masing-masing individu.
c. Pendapat jalan tengah antara monistis dan atomistis. Dalam pendapat ini kenyataan merupakan heterogenitas kontinu yang sanggup diartikan walaupun terdapat perbedaan pendapat, tetapi selalu berkelanjutan (kontinu).
d. Menurut Sartono Kartodirjo, bahwa periodisasi diharapkan untuk menetapkan karakteristik zaman dan membantu menyusun sistematika dalam penulisan sejarah.
42. Mengapa pada umumnya sejarawan memaki konsep three age system? Jelaskan alasanya!
Jawaban:
a. Jumlah tiga gampang diingat
b. antara periode pertama dan ketiga sangat berbeda, dan
c. periode kedua umumnya periode peralihan
43. Jelaskan arti dari sejarah itu sinkronik!
Jawaban: sejarah itu sinkronik artinya sebuah metode yang lebih menekankan struktur ketimbang proses di dalam penelitiannya.
44. Mengapa diharapkan berpikir kronologi dalam sejarah?
Jawaban: semoga penulisan sejarah yang dilakukan bersifat runut, selain itu sejarah yang diakronik atau memanjang dalam waktu.
45. Apa itu konsep kausalitas?
Jawaban: kausalitas ialah aturan lantaran akhir mengenai suatu peristiwa.
46. Prasasti, dokumen, naskah ialah sumber sejarah....
Jawaban: tertulis
47. Sumber tertulis sekunder adalah....
Jawaban: buku-buku sejarah
48. Kata fakta berasal dari bahasa latin, yaitu....
Jawaban: faktus
49. Fakta sejarah sebagai suatu yang dijabarkan secara eksklusif atau tidak eksklusif dari sumber sejarah yang dipandang kredibel dan telah diuji dengan metode sejarah merupakan pendapat....
Jawaban: Louis Gottschalk
50. Sumber berdasarkan sifatnya ada dua, yaitu.... dan ....
Jawaban: primer dan sekunder
51. Rekaman atau bukti sejarah disebut....
Jawaban: sumber sejarah
52. Sumber yang mengalami sendiri suatu insiden disebut....
Jawaban: sumber primer
53. Oral tradition termasuk sumber.....
Jawaban: lisan
54. Peninggalan-peninggalan zaman praaksara berupa fosil-fosil dan benda-benda buatan insan disebut....
Jawaban: artefak (sumber benda)
55. Peninggalan di masa lampau, tetapi masih dipergunakan ketika ini disebut....
Jawaban: sumber sejarah
56. Sebutkan dua jenis sumber sejarah!
Jawaban: sumber sejarah ada dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder
57. Sebutkan yang termasuk sumber tertulis!
Jawaban: sumber tertulis contohnya prasasti, babad, kronik, piagam, dokumen, arsip, laporan, dan surat kabar
58. Jelaskan pengertian dari sumber benda dan berikan contohnya!
Jawaban: sumber benda, yaitu benda-benda peninggalan masa lampau, menyerupai bangunan, kapak, gerabah, perhiasan, patung, candi, gereja, dan masjid. Sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan, contohnya kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, dan patung.
59. Sebutkan kedudukan dari sumber sejarah!
Jawaban: sumber sejarah mempunyai kedudukan yang amat penting dalam penelitian sejarah. Contohnya materi dokumentar mempunyai kedudukan.
a. Membentuk dan memperbaiki alat konseptual
b. Menyarankan hipotesis baru
c. Memberi fakta
d. Mengawasi fenomena
60. Apa yang dimaksud sumber primer? Jelaskan!
Jawaban: sumber primer ialah sumber yang menyaksikan, mendengar sendiri, atau mengalami sendiri suatu peristiwa. Sumber primer ini terbagi menjadi dua, yaitu:
a. Strictly primary sources (sumber primer yang kuat), yaitu sumber yang berasal dari para pelaku atau para saksi yang menyaksikan eksklusif suatu peristiwa.
b. Less strictly primary sources (sumber primer kurang kuat), yaitu sumber yang hidup satu zaman dengan suatu peristiwa, tetapi tidak mempunyai kekerabatan eksklusif dengan insiden tersebut.
61. Kata heuristik diambil dari bahasa....
Jawaban: Yunani
62. Kritik mengenai keaslian sumber disebut kritik....
Jawaban: ekstern
63. Tahap final metode sejarah adalah....
Jawaban: historiografi
64. Interpretasi rentan dimasuki oleh sifat....
Jawaban: subjektivitas
65. Kritik terbagi menjadi dua, yaitu... dan ...
Jawaban: kritik intern dan kritik ekstern
66. Pencarian fakta sanggup disebut....
Jawaban: heuristik
67. Interpretasi terdiri atas....
Jawaban: interpretasi faktual, logis dan teknis
68. Dalam historiografi diharapkan kemampuan....
Jawaban: imajinasi
69. Penyusunan yang berurutan disebut....
Jawaban: kronologis
70. Laporan yang berisi wacana materi hasil penelitian sejarah disebut....
Jawaban: historiografi
71. Apa yang dimaksud metode sejarah?
Jawaban: metode sejarah ialah kegiatan mengumpulkan, menguji, dan menganalisis data yang diperoleh dari peninggalan peninggalan masa lampau kemudian direkonstruksikan berdasarkan data tersebut sehingga menghasilkan dongeng sejarah
72. Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah metode sejarah!
Jawaban: langkah-langkah metode sejarah sebagai berikut
a. Heuristik ialah mengumpulkan dan menghimpun banyak sekali sumber data sejarah
b. Verifikasi ialah melaksanakan investigasi terhadap sumber-sumber sejarah yang telah dikumpulkan, baik terhadap autentisitas sumber maupun dapat dipercaya sumber
c. Interpretasi ialah menafsirkan fakta sejarah dan merangkainya menjadi satu kesatuan yang serasi dan masuk akal
d. Historiografi ialah rekonstruksi imajinatif masa lampau berdasarkan data yang diperoleh dengan menempuh proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau
73. Apa yang dimaksud kritik ekstern? Jelaskan!
Jawaban: kritik ekstern ialah kritik terhadap keaslian materi yang dipakai dalam pebuatan sumber sejarah
74. Mengapa interpretasi menjadi kelemahan dalam penyusunan historiografi?
Jawaban: interpretasi menjadi kelemahan dalam penyusunan historografi, lantaran dalam interpretasi terdapat subjektivitas peneliti. Namun demikian, subjektivitas sanggup ditekan dengan pendekatan ilmiah, konsep, atau teori dalam menginterpretasikan sumber.
75. Jelaskan langkah-langkah penyusunan laporan hasil penelitian sejarah!
Jawaban:
a. Bab I Pendahuluan
Pendahuluan berisi banyak sekali informasi wacana materi dalam suatu laporan secara keseluruhan. Adapun di dalam pendahuluan terdapat subbab sebagai berikut.
1) Latar belakang masalah, berisi pengantar yang memaparkan wacana sebab-sebab suatu problem dan pemikiran wacana pentingnya problem tersebut untuk dikaji
2) Perumusan masalah, berisi wacana problem utama yang akan diteliti
3) Tujuan dan manfaat penelitian, berisi rincian yang ingin dicapai dalam penelitian
4) Metode penelitian, berisi klarifikasi wacana metode yang digunakan
5) Tinjuan pustaka, berisi wacana tinjauan atau sumber pustaka/buku yang dipakai sebagai pendukung penelitian
6) Kerangka teoritis, berisi wacana penggunaan banyak sekali teori berkaitan dengan problem atau topik yang diteliti.
b. Bab II Hasil Penelitian
Di dalam penggalan ini, yang dipaparkan ialah hasil dari penyusunan sumber-sumber yang didapat, pengolahan, dan penulisan secara interpretasi terhadap hasil penelitian. Bab untuk hasil tidak terpaku hanya satu penggalan saja. Bab hasil bisa terdiri atas satu penggalan atau lebih tergantung pembahasan yang dilakukan oleh penulis terhadap suatu masalah.
c. Bab III Penutup
penggalan epilog merupakan kesimpulan dari laporan penelitian secara keseluruhan. Setelah penggalan penutup, di dalam laporan penelitian sejarah dicantumkan juga daftar pustaka sebagai pemberi informasi atau petunjuk terkait sumber yang dipakai dalam membuat laporan penelitian sejarah. Selain itu, terdapat lampiran yang berisi data-data pendukung, baik berupa dokumen, gambar atau tabel.
76. Kolonial Geschiedenis merupakan karya....
Jawaban: Colenbrander
77. Hal yang ditonjolkan pada historiografi kolonial adalah....
Jawaban: Neerlandosentris/Eropasentris
78. Historiografi tradisional contohnya kitab Negarakertagama yang ditulis pada masa pemerintah....
Jawaban: Hayam Wuruk
79. Seminar sejarah Nasional Indonesia pertama kali dilakukan tahun....
Jawaban: 1957
80. Fase dalam perkembangan historiografi modern, yaitu...., .... , ....
Jawaban: revolusi, Orde Baru, dan reformasi
81. History of Java merupakan karya....
Jawaban: Thomas Stamford Raffles
82. Karya sejarah ditulis bersifat ilmiah dan berorientasi kepada pemecahan problem disebut....
Jawaban: Problem Oriented
83. Istana sentris dan religio magis ialah ciri-ciri....
Jawaban: historiografi tradisional
84. Babad Tanah Jawi termasuk historiografi....
Jawaban: tradisional
85. Raja besar Kerajaan Kediri yang juga sebagai penulis adalah....
Jawaban: Jayabaya
86. Jelaskan perbedaan historiografi tradisional dan historiografi kolonial!
Jawaban: perbedaan historiografi tradisional dan historiografi kolonial terletak pada materi goresan pena di mana historiografi tradisional masih mencampur unsur-unsur mitologi, eskhatologi, dan kronologis, sedang historiografi kolonial deskripsinya berorientasikan fakta-fakta dan insiden serta sudah menghilangkan unsur-unsur mitologis.
87. Sebutkan tokoh-tokoh sejarawan masa kolonial!
Jawaban:
a. Valentijn
b. Van Dam
c. de Jonge
d. Meinsma
e. G. Gonggrijp
88. Jelaskan lima karakteristik historiografi tradisional!
Jawaban:
a. Istana/keraton sentris, artinya karya historiografi tradisional di dalamnya banyak mengungkapkan sekitar kehidupan keluarga istana/keraton
b. Religio magis, artinya dalam historiografi tradisional seorang raja ditulis sebagai insan yang mempunyai kelebihan secara batiniah, dianggap mempunyai kekuatan energi gaib. Tujuannya semoga seorang raja mendpat apresiasi yang luar biasa di mata rakyatnya, sehingga rakyat takut, patuh, dan mau melaksanakan perintahnya. Rakyat akan memandang, bahwa seorang raja keberadaannya di muka bumi merupakan sebagai perwujudan atau perwakilan dari Tuhan.
c. Regio sentrisme, artinya historiografi tradisional ditulis lebih menonjolkan regio (wilayah) kekuasaan suatu kerajaan.
d. Etnosentrisme, artinya dalam historiografi tradisional ditulis dengan pemfokusan pada egoisme terhadap suku bangsa dan budaya yang ada dalam wilayah kerajaan.
e. Psiko-politis sentrisme, artinya historiografi tradisional ditulis oleh para pujangga sangat kental dengan muatan-muatan psikologis seorang raja, sehingga karya historiografi tradisional dijadikan sebagai alat politik oleh sang raja dalam rangka mempertahankan kekuasaannya. Karya historiografi tradisional oleh masyarakat setempat dipandang sebagai kitab suci yang di dalamnya penuh dengan anutan para pujangga dalam pengabdiannya terhadap sang raja.
89. Apa yang dimaksud dengan historiografi kolonial?
Jawaban: histiografi kolonial ialah karya sejarah (tulisan sejarah) yang ditulis pada masa pemerintahan kolonial berkuasa di Indonesia
90. Sebutkan teladan dari histiografi modern!
Jawaban: teladan historiografi modern, diantaranya:
a. Sekitar perang kemerdekaan Indonesia karya A.H. Nasution
b. Indonesia dalam Arus Sejarah, Jilid 1 hingga 8, editor Taufik Abdullah dan A.B. Lapian
c. Sejarah Nasional Indonesia, Jilid I hingga VI, editor Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto.
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 90+ Contoh Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Essay Sejarah Kelas 10 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal essay sejarah wajib kelas 10
- soal essay sejarah indonesia kelas 10 semester 2
- soal essay sejarah indonesia kelas 10 semester 1
- soal essay sejarah kelas 10 semester 2 beserta jawabannya
- soal essay sejarah kelas 11
- soal sejarah kelas 10 beserta jawabannya
- contoh soal essay sejarah beserta jawabannya
- soal sejarah kelas 10 semester 2 beserta jawabannya 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 90+ Pola Soal Essay Sejarah Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru"
Post a Comment