Komplit - 85+ Rujukan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Namecheap.com 85+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Halo sahabat bospedia dimana saja berada pada kesempatan yang baik ini admin ingin membuatkan pola soal untuk adik adik yang sedang duduk dibangku kelas 10 SMA/MA soal ini merupakan mata pelajaran dari Bahasa Indonesia, Admin telah menyediakan sebanyak 85 soal yang siap dijadikan sebagai materi latihan. Oiya Pemerintah kolonial Hindia Belanda menyadari bahwa bahasa Melayu sanggup digunakan untuk membantu manajemen bagi kalangan pegawai pribumi lantaran penguasaan bahasa Belanda para pegawai pribumi dinilai lemah. Dengan menyandarkan diri pada bahasa Melayu Tinggi (karena telah mempunyai kitab-kitab rujukan) sejumlah sarjana Belanda mulai terlibat dalam standardisasi bahasa. Promosi bahasa Melayu pun dilakukan di sekolah-sekolah dan didukung dengan penerbitan karya sastra dalam bahasa Melayu. Akibat pilihan ini terbentuklah "embrio" bahasa Indonesia yang secara perlahan mulai terpisah dari bentuk semula bahasa Melayu Riau-Johor.
 Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas  Komplit - 85+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
85+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Pada awal era ke-20 perpecahan dalam bentuk baku goresan pena bahasa Melayu mulai terlihat. Pada tahun 1901, Indonesia (sebagai Hindia Belanda) mengadopsi ejaan Van Ophuijsen dan pada tahun 1904 Persekutuan Tanah Melayu (kelak menjadi cuilan dari Malaysia) di bawah Inggris mengadopsi ejaan Wilkinson. Ejaan Van Ophuysen diawali dari penyusunan Kitab Logat Melayu (dimulai tahun 1896) van Ophuijsen, dibantu oleh Nawawi Soetan Ma’moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim.

Intervensi pemerintah semakin kuat dengan dibentuknya Commissie voor de Volkslectuur ("Komisi Bacaan Rakyat" - KBR) pada tahun 1908. Kelak forum ini menjadi Balai Poestaka. Pada tahun 1910 komisi ini, di bawah pimpinan D.A. Rinkes, melancarkan kegiatan Taman Poestaka dengan membentuk perpustakaan kecil di banyak sekali sekolah pribumi dan beberapa instansi milik pemerintah. Perkembangan kegiatan ini sangat pesat, dalam dua tahun telah terbentuk sekitar 700 perpustakaan. Bahasa Indonesia secara resmi diakui sebagai "bahasa persatuan bangsa" pada ketika Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Penggunaan bahasa Melayu sebagai bahasa nasional atas usulan Muhammad Yamin, seorang politikus, sastrawan, dan jago sejarah. Dalam pidatonya pada Kongres Nasional kedua di Jakarta, Yamin mengatakan,

"Jika mengacu pada masa depan bahasa-bahasa yang ada di Indonesia dan kesusastraannya, hanya ada dua bahasa yang bisa diharapkan menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Jawa dan Melayu. Tapi dari dua bahasa itu, bahasa Melayulah yang lambat laun akan menjadi bahasa pergaulan atau bahasa persatuan."

Selanjutnya perkembangan bahasa dan kesusastraan Indonesia banyak dipengaruhi oleh sastrawan Minangkabau, ibarat Marah Rusli, Abdul Muis, Nur Sutan Iskandar, Sutan Takdir Alisyahbana, Hamka, Roestam Effendi, Idrus, dan Chairil Anwar. Sastrawan tersebut banyak mengisi dan menambah perbendaharaan kata, sintaksis, maupun morfologi bahasa Indonesia.


Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA



85+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan balasan yang benar !


1. Suatu penyajian singkat dengan mempertahankan urutan karangan orisinil disebut….
Jawaban: ringkasan atau rangkuman

2. Teknik membaca yang sempurna digunakan untuk mencari entri pada indeks adalah….
Jawaban: memindai

3. Buku yang menghimpun uraian wacana banyak sekali cabang ilmu atau bidang ilmu tertentu dalam bentuk artikel-artikel terpisah dan biasanya tersusun berdasarkan aksara disebut….
Jawaban: Ensiklopedia

4. Peristiwa yang melibatkan orang-orang populer atau ternama merupakan isu yang menarik. Hal ini berarti ciri isu menonjolkan….
Jawaban: nama

5. Daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku cetakan (biasanya pada cuilan simpulan buku) disebut…
Jawaban: indeks

6. Jelaskan perbedaan antara ringkasan dan ikhtisar!
Jawaban:  Ringkasan merupakan penyajian yang lebih singkat dari suatu karangan orisinil dan tetap mempertahankan urutan isi serta sudut pandang pengarang asli. Sedangkan ikhtisar yaitu pandangan secara ringkas terhadap hal-hal yang penting-penting saja.

7. Sebutkan dan jelaskan unsur 5W + 1H dalam berita!
Jawaban:
a. Apa yang terjadi dalam isu tersebut?
b. Siapa yang terlibat dalam insiden itu?
c. Kapan insiden itu terjadi?
d. Di mana insiden itu terjadi?
e. Mengapa insiden itu bisa terjadi?
f. Bagaimana insiden itu terjadi?

8. Mengapa kita harus kritis dalam mendapatkan berita?
Jawaban: supaya kita tidak salah dalam memperoleh informasi

9. Apakah yang dimaksud dengan indeks?
Jawaban: Indeks yaitu daftar kata atau istilah penting yang terdapat di buku cetakan (biasanya pada cuilan simpulan buku), tersusun berdasarkan aksara yang menawarkan informasi mengena halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

10. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mendengarkan pembacaan berita!
Jawaban:
a. mencatat pokok-pokok informasi tersebut;
b. memilih fakta dan opini;
c. mengajukan pertanyaan;
d. memberikan informasi dan menyimpulkannya

11. Sebut dan jelaskan 7 sifat berita!
Jawaban:
a. Aktual (baru)
hal-hal yang gres lebih mempunyai nilai isu dibandingkan dengan hal-hal yang terjadi sudah lama.
b. Jarak (jauh/dekat)
khalayak lebih tertarik terhadap insiden yang terjadi sekitar mereka dibandingkan dengan insiden di tempat yang lebih jauh.
c. Penting
Sesuatu menjadi isu ketika dianggap penting, lantaran besar lengan berkuasa pada kehidupan langsung, contoh: UU larangan merokok.
d. Akibat
Sesuatu menjadi isu lantaran mempunyai dampak yang besar, contoh: penangkapan gembong pengedar narkoba
e. Pertentangan/konflik
Situasi yang dramatik dan penuh misteri tergolong insiden yang mengandung konflik. Dengan adanya konflik, seseorang ingin mengetahui simpulan dari insiden yang diberikan.
f. Kemajuan atau penemuan.
Inovasi gres atau perubahan dan inovasi sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak akan menjadi sebuah isu yang menarik.
g. Emosi
Segala sesuatu yang apabila dikabarkan akan menciptakan marah, sedih, kecewa juga akan menjadi perhatian masyarakat. Contohnya: pemberitaan wacana penganiayaan terhadap anak kandung sendiri.

12. Jelaskan pengertian dari berita!
Jawaban: isu yaitu informasi gres atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet, atau dari ekspresi ke ekspresi kepada orang ketiga atau orang banyak.

13. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca memindai atau scanning!
Jawaban:
a. mencari padanan kata,
b. mencari jenis kata, dan
c. membandingkan

14. Jelaskan pengertian dari piramida terbalik dalam sebuah penulisan!
Jawaban: Piramida terbalik yaitu sebuah struktur penulisan atau bentuk penyajian sebuah goresan pena yang umum dilakukan seorang wartawan.

15. Jelaskan tujuan penulisan piramida terbalik!
Jawaban: supaya para pembaca sanggup segera mengetahui inti dari isu yang ingin diketahuinya.

16. Berita bersifat terkini dan sedang hangat dibicarakan masyarakat.
Pernyataan di atas merupakan salah satu ciri berita, yaitu….
Jawaban: aktual

17. Lukisan atau gambar pasang surutnya suatu keadaaan dengan garis disebut….
Jawaban: grafik

18. Kursus keterampilan dan belajar khusus termasuk jenis pendidikan….
Jawaban: nonformal

19. Masalah dan bahasa yang digunakan dalam isu mendorong minat seseorang untuk membaca atau mendengarnya.
Hal ini merupakan ciri informasi yang bersifat….
Jawaban: menarik

20. Pernyataan sikap setuju, tidak menolak, dan pro terhadap suatu hal disebut….
Jawaban: dukungan

21. Mengapa memperoleh informasi dari membaca lebih gampang daripada mendengarkan?
Jawaban: lantaran memperoleh informasi melalui mendengarkan diharapkan kemampuan dalam mendengarkan secara seksama. Maksudnya, pendengar dituntut secara bersungguh-sungguh mengikuti jalna pikiran sang pembicara. Terlebih lagi, apabila informasi tersebut akan diteruskan kepada oran glain. Jadi, pendengar tidak sekedar mendapatkan informasi, tetapi juga dituntut menyusun kembali informasi tersebut ke dalam bentuk lain.

22. Sebutkan ciri-ciri informasi yang baik!
Jawaban: Ciri-ciri informasi yang baik yaitu sebagai berikut.
a. Aktual, yaitu animo yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat.
b. Bahasa singkat, padat, dan akurat.
c. Menarik, artinya masalah dan bahasa yang digunakan dalam berita/infromasi mendorong minat baca atau dengar seseorang

23. Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menawarkan derma terhadap suatu artikel!
Jawaban: hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menawarkan derma antara lain:
a. mendata judul artikel,
b. merumuskan pokok persoalan,
c. menawarkan derma disertai alasan, dan
d. menawarkan bukti pendukung dengan alasan.

24. Jelaskan pengertian dari artikel!
Jawaban: artikel yaitu karya tulis lengkap, ibarat laporan isu atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Artikel biasanya memuat gagasan yang menarik dan faktual dengan disertai bukti-bukti yang akurat.

25. Sebutkan 3 pola membaca yang memakai teknik memindai (scanning)!
Jawaban: membaca tabel, kamus, buku telepon, dan sebagainya.

26. Paragraf yang isinya dimaksudkan untuk memengaruhi pembaca supaya mendapatkan pandangan gres atau pernyataan yang dikemukakan berdasarkan pertimbangan logis disebut paragraf….
Jawaban: paragraf persuasif

27. Dalam paragraf argumentatif, supaya pembaca yakin terhadap hal yang dikemukakan, maka dalam penulisan perlu diberikan….
Jawaban: alasan dan bukti.

28. Dalam paragraf deduktif, kalimat topik berupa…
Jawaban: pernyataan umum

29. Paragraf yang disusun dengan menampilkan ide-ide khusus pada awal paragraf, kemudian disimpulkan dengan pandangan gres yang bersifat umum pada simpulan paragraf disebut paragraf….
Jawaban: paragraf induktif

30. Dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan pandangan gres yang bersifat umum dan diletakkan pada….
Jawaban: cuilan awal

31. Nilai yang terkandung dalam dongeng rakyat salah satunya yaitu nilai moral. Pesan moral tersebut sanggup diketahui dari….
Jawaban: pelaku tokoh-tokohnya

32. Nilai estetika atau keindahan yaitu aspek-aspek keindahan yang menempel pada karya sastra. Nilai keindahan itu sanggup diamati melalui pilihan…..
Jawaban: gaya bahasanya

33. Cerita yang mempunyai latar belakang sejarah, dipercaya masyarakat sebagai dongeng yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal ajaib, dan umumnya ditokohi oleh tuhan disebut….
Jawaban: Mite

34. Gambaran angan dari tangkapan alat indra yang diungkapkan oleh penyair disebut…
Jawaban: pencitraan

35. Kegiatan mengubah puisi menjadi prosa dinamakan….
Jawaban: parafrasa

36. Jelaskan perbedaan antara paragraf argumentatif pola deduktif dan paragraf argumentatif pola induktif!
Jawaban: dalam paragraf deduktif, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan pandangan gres yang bersifat umum (premis mayor). Ide-ide tersebut diletakkan pada cuilan awal dan diikuti dengan pandangan gres yang bersifat lebih khusus. Penataan ini sanggup direalisasikan dengan menampilkan kalimat topik (yang berupa pernyataan) lebih dahulu pada awal paragraf, kemudian dilanjutkan dengan kalimat penjelas.

Sedangkan paragraf induktif, penataan ini diperoleh dengan cara menyusun ide-ide khusus dan diikuti dengan pandangan gres yang umum. Ide-ide khusus ditampilkan pada cuilan awal paragraf, kemudian disimpulkan dengan pandangan gres yang lebih umum. Ide yang lebih umum itu biasanya berupa kalimat simpulan dan diikuti oleh suatu pernyataan pembenaran.

37. Jelaskan perbedaan jenis dongeng rakyat Sage dan Legenda! Dan berikan masing-masing contohnya!
Jawaban: Sage yaitu dongeng yang berdasarkan insiden sejarah yang bercampur fantasi rakyat. Contoh: Ciung, Wanara, Lutung Kasarung.
Sedangkan Legenda yaitu dongeng rakyat yang berisikan wacana asal mula terjadinya suatu gempat, gunung, dan sebagainya. Contoh: Sangkuriang dan Malin Kundang.

38. Jelaskan yang dimaksud dengan nilai moral, nilai estetika, dan nilai budaya yang terdapat dalam cerita
rakyat!
Jawaban:
a. Nilai moral, yaitu pesan moral. Pesan moral sanggup diketahui dari sikap tokoh-tokohnya
b. Nilai estetika/keindahan, yaitu aspek-aspek keindahan yang menempel pada karya sastra itu. Dalam dongeng rakyat ini sanggup diamati pada pilihan gaya bahasanya.
c. Nilai sosial budaya, yaitu suatu karya sastra akan mencerminkan aspek sosial budaya suatu kawasan tertentu, contohnya settingnya, tokohnya (baik aspek fisik maupun psikologis), atau seni budaya, dan sebagainya.

39. Jelaskan perbedaan antara karya sastra puisi dengan prosa!
Jawaban: puisi yaitu jenis karangan yang dalam penyajiannya sangat mengutamakan gaya bahasa. Sedangkan prosa yaitu karangan bebas/tidak terikat oleh hukum tertentu.

40. Jelaskan perbedaan jenis dongeng rakyat Mite dan Fabel! Dan berikan masing-masing contohnya!
Jawaban:
Mite yaitu dongeng yang mempunyai latar belakang sejarah, dipercaya masyarakat, sebagai dongeng yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal yang ajaib, dan umumnya ditokohi oleh dewa. Contoh: Nyi Roro Kidul dan Dewi Sri. Sedangkan Fabel yaitu dongeng yang menggambarkan tabiat insan yang pelakunya diperankan oleh binatang. Contoh: Si Kancil dengan Buaya.

41. Paragraf yang bertujuan memengaruhi pembaca supaya melaksanakan tindakan sesuai dengan yang diharapkan penulisnya disebut paragraf....
Jawaban: persuasif

42. Langkah pertama menulis wacana persuasif adalah....
Jawaban: memilih topik

43. Unsur yang membangun sebuah karya sastra dibedakan atas unsur.... dan unsur....
Jawaban: intrinsik dan ekstrinsik

44. Pelaku cerita, alur, dan latar termasuk unsur...dalam karya sastra
Jawaban: intrinsik

45. Hubungan-hubungan yang mengatur suatu insiden dengan insiden lain atau antara satu adegan dengan adegan lain dalam suatu dongeng disebut....
Jawaban: alur/plot

46. Jenis alur/plot dalam suatu karya sastra sanggup berupa alur....
Jawaban: maju, mundur, dan campuran

47. Dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melaksanakan suatu tindakan dengan tujuan tertentu disebut....
Jawaban: motivasi

48. Cara pengarang menggambarkan karakter tokoh pada dongeng rakyat disebut....
Jawaban: penokohan

49. Kegiatan menguraikan makna puisi ke dalam bentuk prosa disebut....
Jawaban: parafrasa

50. Unsur-unsur yang terdapat di luar karya sastra, tetapi turut memengaruhi penciptaan suatu karya disebut unsur....
Jawaban: unsur ekstrinsik

51. Jelaskan perbedaan antara paragraf argumentatif dan paragraf persuasif!
Jawaban: Paragraf argumentatif yaitu paragraf yang mengemukakan alasan, contoh, dan bukti-bukti yang kuat dan meyakinkan. Sedangkan paragraf persuasif merupakan paragraf  yang berisi imbauan atau undangan kepada orang lain untuk melaksanakan sesuatu ibarat yang diharapkan penulisnya.

52. Tulislah paragraf persuasif dengan topik “Banyak pelajar yang putus sekolah lantaran narkoba”!
Jawaban: Banyak pelajar yang putus sekolah lantaran narkoba, bergotong-royong bukan hal yang baru. Pengunaan narkoba dikalangan pelajar intinya disebabkan mereka mempunyai banyak waktu luang yang tidak disalurkan dengan positif dan kurangnya pengetahuan wacana ancaman narkoba. Hal ini sesuai dengan sifat cerdik balig cukup akal yang selalu ingin mencoba sesuatu yang baru. Mereka memerlukan bimbingan untuk penyaluran waktu luangnya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai tugas yang penting untuk membimbingnya. Sekolah harus mengarahkan mereka untuk melaksanakan kegiatan yang lebih berguna, ibarat menawarkan penyuluhan wacana bahayanya penggunaan narkoba,  olahraga, musik, bakti sosial, tulis menulis, kegiatan keagamaan, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan waktu luang siswa sehingga tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh lantaran itu, untuk memecahkan masalah banyak pelajar yang putus sekolah lantaran narkoba, sanggup disusun kegiatan kegiatan penyaluran waktu luang siswa selain kegiatan belajar-mengajar.

53. Jelaskan macam-macam latar dalam dongeng rakyat!
Jawaban:
a. Latar tempat, yaitu penggambaran tempat kejadian, ibarat Bandung, Surabaya, dan sebagainya
b. Latar waktu, yaitu penggambaran waktu kejadian, ibarat pagi hari pada tanggal 17 Agusuts 1945.
c. Latar sosial, yaitu penggambaran kehidupan sosial budya yang melatarbelakangi terjadinya adegan atau peristiwa, contohnya masyarakat Betawi, Melayu, dan Sunda.

54. Jelaskan yang dimaksud memprafrasakan puisi!
Jawaban: mengubah puisi menjadi kalimat-kalimat supaya gampang dalam memahami isi puisi itu.

55. Pahamilah penggalan puisi di bawah ini!
Orang bilang sayap kananku patah
Ketika Ayah dipangil Yang Maha Kuasa
Anugerah-Nya ialah kekuatan bagiku
Dalam mengarungi dunia fana ini

Tiada pilihan lain
Aku harus tetap berjalan
Karena berhenti berarti hancur

Biarlah saya sendiri
Menyusuri kehidupan dunia
Mencapai cita dan cinta
Tanpa seorang ayah, sebagai sayap kananku

Tuliskan makna penggalan puisi di atas!

Jawaban: Tetap optimis dalam menjalani kehidupan

56. Dalam melaksanakan wawancara kepada seorang tokoh, kita sanggup mengembangkan pertanyaan dasar wawancara, yaitu siapa, di mana, apa, mengapa, kapan, dan bagaimana. Unsur-unsur tersebut biasa dikenal dengan unsur....
Jawaban: 5w + 1h

57. Orang yang dijadikan narasumber dalam wawancara yaitu orang yang....
Jawaban: jago dibidangnya

58. Pengarang Melayu legendaris yang menulis buku Tuhfat al Nafis bernama....
Jawaban: Raja Ali Haji

59. Salah satu jenis karya sastra yang berkembang pada masa Kerajaan Melayu yang mengisahkan kehidupan para raja dan kehidupan para aristokrat adalah....
Jawaban: Hikayat

60. Hikayat disebut juga dengan....
Jawaban: dongeng berbingkai

61. Tempat terjadinya insiden yang dikisahkan dalam hikayat merupakan salah satu unsur intrinsik dongeng yang disebut....
Jawaban: latar

62. Posisi diri yang dipilih pengarang ketika mengembangkan dongeng merupakan unsur intrinsik dongeng yang disebut....
Jawaban: sudut pandang

63. Berdasarkan perwatakannya, tokoh dalam cerpen dibagi menjadi dua, yaitu tokoh.... dan ....
Jawaban: protagonis dan antagonis

64. Tokoh dalam dongeng yang selalu menentang tokoh utama dan cenderung berbuat kejahatan disebut tokoh....
Jawaban: antagonis

65. Nasihat-nasihat yang ingin disampaikan penulis dongeng kepada para pembaca karya sastra biasa disebut....
Jawaban: pesan/amanat

66. Sebutkan langkah-langkah dalam melaksanakan wawancara!
Jawaban:
a. Menyusun masalah yang hendak ditanyakan
b. Menyusun rencana (skenario) wawancara secara cermat dengan memperhitungkan segala kemungkinan yang akan dihadapi.
c. Memilih orang yang bisa menawarkan informasi yang diperlukan
d. Melakukan kontak dengan sumber informasi. Jika memungkinkan, menetapkan waktu dan tempat pelaksanaan wawancara
e. Memulai wawancara dengan memperkenalkan diri dan memberitahukan tujuan wawancara
f. Memperhatikan persyaratan yang diajukan oleh sumber informasi dan bertindak secara jujur dan objektif
g. Meminta izin kepada sumber informasi kalau hendak memakai alat perekam atau kamera
h. Mintalalah konfirmasi atas catatan yang telah dibuat pada simpulan wawancara

67. Jelaskan laba dan kelemahan pelaksanaan wawancara memakai metode serta-merta!
Jawaban: keuntungannya, pelaksanaan wawancara tidak perlu mempersiapkan perangkat wawancara, contohnya daftar pertanyaan. Kekurangannya, pelaksanaan wawancara tidak akan berjalan dengan baik kalau pewawancaranya belum profesional dan informasi yang diperoleh tidak lengkap.

68. Sebutkan unsur intrinsik hikayat!
Jawaban:
a. Plot (alur cerita), yakni rangkaian insiden yang saling bekerjasama dan membentuk kesatuan cerita
b. Tokoh, yakni sejumlah orang yang mengalami perubahan nasib berdasarkan keputusan, sikap, dan tindakan yang dipilihkan ketika menghadapi masalah
c. Setting, yakni tempat terjadinya insiden yang dikisahkan dalam hikayat.
d. Tema, yakni gagasan pokok pikiran yang digunakan pengarang untuk mengembangkan cerita
e. Sudut pandang pengarang (point of view), yakni posisi diri yang dipiih pengarang ketika mengembangkan cerita, apakah ia sekaligus sebagai salah satu pelaku (narrator acting), pengamat (narrator observer), ataukah berlaku sebagai pelaku dan sekaligus pengamat (narrator omnicient).
f. Bahasa yang digunakan pengarang untuk mengomunikasikan gagasan-gagasannya. Setiap orang yang mempunyai gaya (style) yang berbeda dalam pemilihan kata, simbol, dan gaya bahasa untuk mengungkapkan gagasannya.

69. Jelaskan yang dimaksud tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam sebuah cerita!
Jawaban: tokoh protagonis yaitu tokoh yang mendukung cerita, sedangkan tokoh antagonis yaitu tokoh dalam dongeng yang selalu menentang tokoh utama dan cenderung berbuat kejahatan.

70. Tulislah sebuah paragraf yang menceritakan kegiatanmu sesudah pulang sekolah!

71. Cara berpidato yang dilakukan dengan impulsif tanpa persiapan terlebih dahulu disebut berpidato dengan metode....
Jawaban: serta-merta

72. Orang yang berpidato dengan memakai pedoman catatan secara garis besar wacana isi pidato berarti berpidato memakai metode....
Jawaban: ekstemporan

73. Cara pengarang menggambarkan karakter tokoh dalam cepren disebut....
Jawaban: penokohan

74. Secara umum struktur pidato berisi....
Jawaban: pendahuluan, isi, dan penutup

75. Perbedaan yang paling menonjol antara cerpen dan novel terletak pada....
Jawaban: panjang ceritanya

76. Cerpen yaitu dongeng yang selesai dibaca dalam sekali duduk...
Istilah sekali duduk dalam kalimat di atas sanggup diartikan....
Jawaban: proses memahami isinya

77. Pada umumnya para penulis cerpen menuliskan nilai-nilai dalam cerpennya secara....
Jawaban: eksplisif

78. Untuk sanggup mengetahui nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah cerpen, hal yang harus kita lakukan adalah....
Jawaban: membaca secara tuntas

79. Rangkaian insiden yang dijalin secara kronologis dengan dasar logika berupa hubungan alasannya akhir merupakan unsur intrinsik dongeng yang disebut....
Jawaban: plot atau alur

80. Penggambaran tabiat tokoh dongeng dengan mengemukakan ciri fisik tokoh berarti penggambaran tabiat tokoh secara....
Jawaban: langsung

81. Sebutkan dan jelaskan empat metode berpidato!
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta-merta maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa memakai teks
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan dengan menghafalkan naskah
c. Metode naskah
Metode naskah maksudnya pidato dilakukan dengan membaca naskah.
d. Metode ekstemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan dengan menciptakan outline atau kerangka pidato terlebih dahulu.

82. Sebutkan lima ciri hikayat!
Jawaban:
a. Mengisahkan kehidupan para raja dan kalangan bangsawan
b. Berfungsi untuk memberikan nasihat
c. Hikayat juga disebut dongeng berbingkai
d. Struktur dongeng secara umum sama dengan kisah dongeng fiksi.
e. Ceritanya pralogis

83. Sebutkan dan jelaskan unsur intrinsik cerpen!
Jawaban:
a. Plot (alur cerita), yakni rangkaian insiden yang saling bekerjasama dan membentuk kesatuan cerita
b. Tokoh, yakni sejumlah orang yang mengalami perubahan nasib berdasarkan keputusan, sikap, dan tindakan yang dipilihkan ketika menghadapi masalah
c. Setting, yakni tempat terjadinya insiden yang dikisahkan dalam hikayat.
d. Tema, yakni gagasan pokok pikiran yang digunakan pengarang untuk mengembangkan cerita
e. Sudut pandang pengarang (point of view), yakni posisi diri yang dipiih pengarang ketika mengembangkan cerita, apakah ia sekaligus sebagai salah satu pelaku (narrator acting), pengamat (narrator observer), ataukah berlaku sebagai pelaku dan sekaligus pengamat (narrator omnicient).
f. Bahasa yang digunakan pengarang untuk mengomunikasikan gagasan-gagasannya. Setiap orang yang mempunyai gaya (style) yang berbeda dalam pemilihan kata, simbol, dan gaya bahasa untuk mengungkapkan gagasannya.

84. Jelaskan cara pengarang melaksanakan penokohan dalam cerpen!
Jawaban: klasifikasi tabiat tokoh dalam cerpen, sanggup dilakukan dengan cara menyebut langsung, melalui obrolan antarpelaku, menggambarkan tokoh secara langsung, atau monolog tokoh. Berdsarkan perwatakannya, tokoh dibagi menjadi dua, yaitu tokoh protagonis dan tokoh antagonis.

85. Buatlah paragraf pembuka dalam pidato sambutan untuk perayaan hari kemerdekaan RI!
Jawaban:

Yang terhormat,
Bapak Kepala Sekolah Menengan Atas Angkasa, Bapak dan Ibu Guru beserta karyawan Sekolah Menengan Atas Angkasa, dan rekan-rekan sekalian.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat yang dilimpahkan-Nya, sehingga kita sanggup berkumpul di sini untuk mengikuti perayaan hari kemerdekaan RI.


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 85+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas  Komplit - 85+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal essay bahasa indonesia kelas 10 semester 1
    • contoh soal essay bahasa indonesia kelas 10 beserta jawabannya
    • soal essay bahasa indonesia kelas 10 semester 2
    • soal bahasa indonesia kelas 10 kurikulum 2013
    • soal essay dan balasan bahasa indonesia
    • soal bahasa indonesia kelas 10 smk dan kunci jawaban
    • contoh soal bahasa indonesia kelas 10 semester 2 beserta jawabannya
    • contoh soal essay bahasa indonesia kelas 11 2018,2019,2020,2021,2022


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Komplit - 85+ Rujukan Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru"

    Post a Comment