Komplit - 60+ Teladan Soal Uas Sejarah Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru

Namecheap.com 60+ Contoh Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Sahabat bospedia.com dimana saja berada, pada kesempatan yang baik ini, admin ingin membuatkan perihal contoh soal UAS untuk mata pelajaran SEJARAH bagi adik adik yang sedang duduk dibangku kelas xi SMA/MA. Soal ini sudah admin sediakan dalam bentuk PILIHAN GANDA dan ESSAY dengan jumlah soal sekitar 60 yang bisa dijadikan sebagai materi latihan. Oiya Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة, šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih ialah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih erat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa kemudian manusia. Kata lain yang mendekati contoh tersebut ialah Geschichte yang berarti sudah terjadi.
 admin ingin membuatkan perihal contoh soal UAS untuk mata pelajaran SEJARAH bagi adik adik y Komplit - 60+ Contoh Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
45+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru



Historiografi

Historiografi ialah ilmu yang meneliti dan mengurai informasi sejarah berdasarkan sistem kepercayaan dan filsafat. Walau tentunya terdapat beberapa bias (pendapat subjektif) yang hakiki dalam semua penelitian yang bersifat historis (salah satu yang paling besar di antaranya ialah subjektivitas nasional), sejarah sanggup dipelajari dari sudut pandang ideologis, misalnya: historiografi Marxisme.

Ada pula satu bentuk pengandaian sejarah (spekulasi mengenai sejarah) yang dikenal dengan sebutan "sejarah virtual" atau "sejarah kontra-faktual" (yaitu: dongeng sejarah yang berlawanan—atau kontra—dengan fakta yang ada). Ada beberapa mahir sejarah yang memakai cara ini untuk mempelajari dan menjelajahi kemungkinan-kemungkinan yang ada apabila suatu insiden tidak berlangsung atau malah sebaliknya berlangsung. Hal ini ibarat dengan jenis dongeng fiksi sejarah alternatif.

Metode kajian sejarah

Ahli-ahli sejarah terkemuka yang membantu mengembangkan metode kajian sejarah antara lain: Leopold von Ranke, Lewis Bernstein Namier, Geoffrey Rudolf Elton, G. M. Trevelyan, dan A. J. P. Taylor. Pada tahun 1960an, para mahir sejarah mulai meninggalkan narasi sejarah yang bersifat epik nasionalistik, dan menentukan memakai narasi kronologis yang lebih realistik.

Ahli sejarah dari Perancis memperkenalkan metode sejarah kuantitatif. Metode ini memakai sejumlah besar data dan informasi untuk menelusuri kehidupan orang-orang dalam sejarah.

Ahli sejarah dari Amerika, terutama mereka yang terilhami zaman gerakan hak asasi dan sipil, berusaha untuk lebih mengikutsertakan kelompok-kelompok etnis, suku, ras, serta kelompok sosial dan ekonomi dalam kajian sejarahnya.

Dalam beberapa tahun kebelakangan ini, ilmuwan posmodernisme dengan keras mempertanyakan keabsahan dan perlu tidaknya dilakukan kajian sejarah. Menurut mereka, sejarah semata-mata hanyalah interpretasi pribadi dan subjektif atas sumber-sumber sejarah yang ada. Dalam bukunya yang berjudul In Defense of History (terj: Pembelaan akan Sejarah), Richard J. Evans, seorang profesor bidang sejarah modern dari Universitas Cambridge di Inggris, membela pentingnya pengkajian sejarah untuk masyarakat.



Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA



60+ Contoh Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan jawaban yang benar !


1. Agama dan kebudayaan Hindu dari India masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum brahmana atau pendeta. Teori ini dikemukakan oleh....
a. Eugene Dubois
b. Van den Bosch
c. Van Voilenhoven
d. J.C. Van Leur
e. N.J. Krom
Jawaban: d

2. Menurut teori waisya, agama dan kebudayaan Hindu yang berasal  dari India masuk ke Indonesia dibawa oleh....
a. para brahmana
b. para pedagang
c. para raja dan aristokrat India yang tiba ke Indonesia
d. bangsa Indonesia yang berguru ke India
e. prajurit perang India
Jawaban: b

3. Hinduisasi yang dianggap lebih sesuai di Indonsia ialah berdasarkan hipotesis brahmana. Hinduisasi berarti proses....
a. kolonialisasi Indonesia oleh bangsa India
b. menerapkan sistem kekuasaan cara Hindu
c. menyebabkan seluruh rakyat Indonesia menganut Hindu
d. perpaduan seluruh rakyat Indonesia menganut Hindu
e. berkembangnya efek peradaban dan kebudayaan Hindu di Indonesia
Jawaban: e

4. Sumber sejarah perihal Kerajaan Kutai ialah tujuh buah kerikil tulis yang disebut....
a. yupa
b. lingga
c. fosil
d. artefak
e. yoni
Jawaban: a

5. Kerajaan Mataram Kuno mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan raja....
a. Sanjaya
b. Rakai Panangkaran
c. Rakai Pikatan
d. Rakai Panunggalan
e. Dyah Balitung
Jawaban: a

6. Raja Kediri yang terakhir memerintah adalah....
a. Jayawardhana
b. Jayabaya
c. Kertajaya
d. Kameswara
e. Sarweswara
Jawaban: c


7. Candi Hindu Prambanan dibangun berdekatan dengan Candi Buddha Kalasan, hal ini memperlihatkan bahwa di Indonesia mempunyai nilai luhur berupa nilai....
a. musyawarah
b. toleransi
c. gotong royong
d. seni budaya
e. kepercayaan
Jawaban: b

8. Prasasti yang ditinggalkan oleh Kerajaan Sriwijaya pada umumnya ditulis dengan....
a. abjad Pranagari dan bahasa Sansekerta
b. abjad Pranagari dan bahasa Melayu Kuno
c. abjad Pallawa dan bahasa Melayu Kuno
d. abjad Pallawa dan bahasa Sanskerta
e. abjad Pallawa dan bahasa Sunda
Jawaban: c

9. Kerjaan Islam yang pertama di Pulau Jawa adalah....
a. Kerajaan Samudra Pasai
b. Kerajaan Demak
c. Kerajaan Banten
d. Kerajaan Mataram Islam
e. Kerajaan Cirebon
Jawaban: b

10. Kerajaan Aceh didirikan oleh Sultan Ibrahim yang bergelar....
a. Sultan Alauddin Riayat Syah
b. Sultan Jamaluddin
c. Sultan Iskandar Muda
d. Sultan Iskandar Thani
e. Sultan Ali Mughayat Syah
Jawaban: e

11. Raja Ternate yang memperdalam agama Islam kepada Sunan Giri di Jawa Timur adalah....
a. Sultan Baabullah
b. sultan Zainal Abidin
c. Sultan Jamaluddin
d. Sultan Sirullah
e. Sultan Hairun
Jawaban: b

12. Adipati Unus menerima julukan Pangeran Sabrang Lor karena....
a. melaksanakan serangan ke Malaka
b. mempersiapkan pasukan perang Demak di Pantai Utara
c. menduduki daerah-daerah yang berada di pesisir utara Pulau Jawa
d. mengusir serangan yang tiba dari arah utara
e. mempersatukan seluruh kerajaan di bawah kekuasaan Demak
Jawaban: a

13. Kerajaan Ternate mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan....
a. Sultan Zainal Abidin
b. Sultan Nuku
c. Sultan Baabullah
d. Sultan Sirullah
e. Sultan Marhum
Jawaban: c

14. Pelayaran bangsa Belanda pada tahun 1596 dipimpin oleh....
a. Bartholomeus Diaz
b. Cornelis de Houtman
c. Vasco da Gama
d. d’Albuquerque
e. Magelhaens
Jawaban: b

15. Setelah Belanda mengalah kepada Inggris , yang menjabat sebagai gubernur di Indonsia adalah....
a. Raffles
b. Daendles
c. Napoleon
d. Lord Minto
e. Fans Heuts
Jawaban: a

16. Perkembangan sistem tanam paksa di Indonesia menciptakan rakyat Indonesia....
a. mengenal aneka macam macam tanaman
b. hidup senang dari tanamannya yang melimpah
c. menderita dan miskin jawaban tanam paksa
d. menerima perhatian dari pemerintah Belanda
e. muncul dan berkembangnya politik assosiasi
Jawaban: c

17. Tanam paksa (cultuur stelsel) yang banyak mendatangkan kesengesaraan bagi bangsa Indonesia diciptakan oleh....
a. Van den Bosch
b. Van der Cappelen
c. Daendles
d. Raffles
e. J.P. Cone
Jawaban: a

18. Edward Douwes Dekker menentang pelaksanaan sistem tanam paksa dengan cara....
a. memproses hal itu melalui dewan legislatif di Belanda
b. mengadakan pemberontakan
c. membantu kehidupan petani yang miskin
d. menuangkan gagasannya dalam bentuk karya sastra
e. membentuk kelompok radikal
Jawaban: d


19. Kerajaan Islam di Jawa yang mengadakan perlawanan terhadap VOC namun dua kali mengalami kegagalan adalah....
a. Demak
b. Banten
c. Mataram
d. Pajajaran
e. Jepara
Jawaban: c

20. Di aneka macam tempat Belanda menciptakan benteng pertahanan, contohnya Benteng Duurstede yang terletak di pulau....
a. Ternate
b. Tidore
c. Halmahera
d. Saparua
e. Seram
Jawaban: d

21. Di bawah ini yang bukan tokoh-tokoh usaha dari Aceh adalah....
a. Teuku Cik Di Tiro
b. Christina Martha Tiahahu
c. Teuku Umar
d. Panglima Polem
e. cut Nyak Dien
Jawaban: b

22. Corak pegerakan nasional yang menolak kolaborasi dengan pemerintah kolonial biasa disebut kelompok....
a. kooperatif
b. radikal politis
c. nonkooperatif
d. moderat
e. sosialis kanan
Jawaban: c

23. Salah satu faktor yang sanggup menyatukan dan mengikat organisasi-organisasi pergerakan nasioanl adalah....
a. adanya kesadaran perihal arti pentingnya berpolitik
b. adanya tujuan yang sama, yaitu ingin mencapai kemerdekaan
c. adanya diskriminasi yang dilakukan oleh Belanda
d. waktu berdirinya yang hampir bersamaan
e. lantaran pemerintah kolonial Hindia Belanda semakin lemah
Jawaban: b

24. Tujuan pergerakan nasional Indonesia ialah untuk....
a. mencapai kemerdekaan tanah air dari penindasan penjajah
b. memperlihatkan bahwa bangsa Indonesia bisa berorganisasi
c. mencapai kemerdekaan tiap-tiap daerah
d. merebut kekuasaan di bidang politik
e. mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan
Jawaban: a

25. Gerakan tiga A ternyata tidak sanggup bertahan usang karena....
a. tujuannya kurang jelas
b. tidak menerima simpati dari rakyat
c.  gerakan tersebut dipimpin eksklusif oleh Jepang
d. gerakan tersebut hanya terbatas di kota-kota besar
e. sebagian besar anggotanya terdiri atas orang-orang Jepang
Jawaban: b

26. Penderitaan rakyat jawaban aneka macam macam pajak yang berat merupakan salah satu penyebab terjadinya...
Jawaban: perlawan rakyat terhadap kolonial

27 . Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Undang-undang Agraria di Indonesia pada tahun....
Jawaban: 1870

28. Pembentukan Jawa Hokokai dimaksudkan untuk....
Jawaban: menghimpun kekuatan rakyat dan digalang kebaktiannya

29. Pada pertempuran di Singaparna dipimpin oleh....
Jawaban: K.H. Zainal Mustafa

30. Pemerintah Militer Angkatan Darat (Tentara ke-25) berpusat di....
Jawaban: Bukittinggi

31. Sumber sejarah yang memberitahukan Kerajaan Kutai diperoleh dari prasasti yang berbentuk tugu kerikil yang disebut....
Jawaban: yupa

32. Kitab Weda yang berisi doa-doa pengantar sesaji bagi para yang kuasa adalah....
Jawaban: Yajurweda

33. Bangunan Candi Borobudur dibuat pada masa pemerintahan....
Jawaban: Raja Samarattungga

34. Pendiri Kerajaan Cirebon ialah salah satu dari Wali Sanga, yaitu....
Jawaban: Sunan Gunung Jati

35. Kerajaan Ternate dan Tidore terdapat di daerah....
Jawaban: Kepulauan Maluku

36. Sebutkan dan jelaskan sebab-sebab terjadinya gerakan protes petani yang dilakukan oleh para petani di Indonesia!
Jawaban:  penyebab terjadinya gerakan protes petani, antara lain:
a. Beban hidup terlalu berat
b. Pajak yang terlalu tinggi
c. Sikap semena-mena kaum partikelir yang sangat menindas petani

37. Sebutkan ciri-ciri pelaksanaan pendidikan bagi bangsa Indonesia yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kolonial Belanda!
Jawaban: ciri-ciri pendidikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda, antara lain:
a. Adanya perbedaan (diskriminasi) antara anak keturunan Belanda dan anak BUmiputra

38. Sebutkan hasil keputusan Kongres Pemuda II dan kapan pelaksanaan kongres tersebut berlangsung!
Jawaban: Kongres Pemuda II berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Hasil keputusan Kongres Pemuda II tersebut ialah menyetujui dibentuknya tubuh fusi dari semua organisasi cowok serta dicetuskannya Ikrar Sumpah Pemuda.

39. Jelaskan faktor eksternal yang mendorong terjadinya pergerakan nasional Indonesia!
Jawaban:
a. Kebangkitan nasional di India, Cina, dan Turki
b. Masuknya paham-paham dari Eropa dan Amerika, ibarat liberalisme, nasionalisme, dan sosialisme.
c. Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905
d. Berkembangnya Pan-Islamisme

40. Jelaskan yang dimaksud dengan open door policy!
Jawaban: Open door policy atau disebut juga politik pintu terbuka, yaitu politik Belanda yang membolehkan penanaman modal abnormal di dalam negeri (Hindia Belanda).

41. Sekolah yang mendidik calon dokter pribumi sebagai tempat lahirnya Budi Utomo adalah....
Jawaban: STOVIA

42. Pada tahun 1857 didirikan sekolah di daerah...
Jawaban: Karesidenan Surakarta

43. Pelopor politik etis (politik balas budi) adalah....
Jawaban: Van Deventer

44. Pendiri Budi Utomo ialah....
Jawaban: Soetomo, Gunawan, Cipto Mangunkusumo, dan R.T. Ario Tirto Kusomo

45. Tujuan didirikan organisasi Muhammadiyah adalah....
Jawaban: mengembangkan fatwa agama Islam dan memberantas kebiasaan yang tidak harmonis dengan fatwa agama yang benar

46. Berikan bukti bahwa Kerajaan Tarumanegara telah mengetahui ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju!
Jawaban: bukti bahwa Kerajaan Tarumangera telah mengetahui ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju ialah di Kerjaan Tarumanegara banyak ditemukan prasasti

47. Mengapa Empu Sendok memindahkan sentra pemerintahannya dari Jawa Tengah ke Jawa Timur?
Jawaban: Empu Sendok memindahkan sentra pemerintahannya dari Jawa Tengah ke Jawa Timur lantaran ingin men jauhkan dari sentra Kerajaan Sriwijaya dan mendekatkan pada jalur perdagangan di Jawa Timur yang sudah ramai

48. Berikan bukti bahwa Islam masuk ke nusantara secara berangsur-angsur di aneka macam daerah!
Jawaban: bukti bahwa Islam masuk ke nusantara secara berangsur-angsur ialah berdasarkan pendapat para ahli, sumber informasi dari luar negeri, dan sumber informasi dari dalam negeri.

49. Mengapa fatwa Syech Siti Jenar dianggap menyimpang dari fatwa Islam?
Jawaban: Ajaran Syech Siti Jenar dianggap menyimpang dari fatwa Islam lantaran mengajarkan pantheisme. Ajarannya ialah “Manunggaling Kawuolo Ian Gusti” (bersatunya insan dengan Tuhan) yang menjuru ke fatwa “Saya ialah Tuhan”, yang menyimpang dari fatwa Islam.

50. Jelaskan perbedaan konsep kekuasaan raja dalam Islam dan Hindu-Buddha!
Jawaban: perbedaan konsep kekuasaan raja dalam Islam dan Hindu-Buddha ialah konsep kekuasaan raja dalam Islam bahwa raja menganggap dirinya ialah khalifatullah atau wakil Tuhan di muka bumi sehingga harus mempertannggungjawabkan kekuasaannya kepada Tuhan, sedangkan raja dalam Hindu-Buddha menganggap dirinya ialah reinkarnasi atau titisan dewa.



Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 60+ Contoh Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 admin ingin membuatkan perihal contoh soal UAS untuk mata pelajaran SEJARAH bagi adik adik y Komplit - 60+ Contoh Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru
Soal UAS Sejarah Kelas 11 SMA/MA   File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal sejarah kelas xi ipa semester 2 beserta jawabannya
    • soal sejarah kelas xi semester 2 kurikulum 2013
    • soal sejarah indonesia kelas xi semester 1 beserta jawabannya
    • soal essay sejarah kelas 11 semester 2
    • soal pilihan ganda sejarah indonesia kelas xi semester 2
    • soal dan jawaban sejarah indonesia kelas 11 semester 1
    • soal uas sejarah kelas 11 semester 2
    • soal sejarah kelas 11 semester 1 kurikulum 2013 pdf 2018,2019,2020,2021,2022


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Komplit - 60+ Teladan Soal Uas Sejarah Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru"

    Post a Comment