40+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Keberagaman Budaya kelas 4 SD dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Cultural Diversity atau yang sering disebut dengan istilah keragaman budaya merupakan keniscayaan yang ada di Indonesia. Keberadaan keragaman budaya Indonesia tidak sanggup dipungkiri keberadaannya. Banyak sekali jenis perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia, mulai dari suku, budaya, ras agama, dan masih banyak lainnya.
Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa yang tersebar di seluruh wilayah kepulauan di Indonesia. Mereka mendiami wilayah dengan kondisi geografis yang bermacam-macam namun dengan iklim yang sama. Asimilasi budaya Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh pertemuan kebudayaan lokal dengan kebudayaan luar. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor keragaman budaya Indonesia.
Selain kebudayaan dari luar, perkembangan dan penyebaran agama juga mempengaruhi dan mendukung perkembangan kebudayaan Indonesia. Indonesia sanggup dikatakan merupakan salah satu negara yang mempunyai tingkat heterogenitasnya tinggi.
Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Keberagaman Budaya kelas 4 SD
40+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Keberagaman Budaya kelas 4 SD dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Keberagaman Budaya kelas 4 SD ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini ialah rincian Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Keberagaman Budaya kelas 4 SD Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Keberagaman Budaya kelas 4 SD
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan tanggapan yang benar !
1. Kita harus menghargai keberagaman yang ada di Indonesia. Menghargai keberagaman merupakan wujud semangat ....
a. saling membantu
b. persatuan dan kesatuan
c. menghindari perbedaan
d. meningkatkan ibadah
2. Di bawah ini perilaku yang mengutamakan persatuan dan kesatuan ialah ....
a. hidup rukun dengan tetangga
b. menolong tetangga supaya dipuji
c. bekerja bakti jarang berangkat
d. ikut rapat kalau ada imbalan
3. Semangat kolaborasi sebaiknya diitanamkan semenjak ....
a. dewasa
b. sekolah
c. kecil
d. remaja
4 Salah satu hari raya umat beragama Hindui ialah hari raya ....
a. Nyepi
b. Waisak
c. Natal
d. Idul Fitri
5. Di bawai ini bukan merupakan teladan menghargai keberagaman suku bangsa di Indonesia ialah ....
a. berguru bersama walaupun berbeda suku bangsa
b. bermain bersama dengan teman yang berbeda suku bangsa
c. menjenguk teman dari suku lain yang sakit
d. bermain hanya dengan teman yang berasal dari suku yang sama
6. Kewajiban kita terhadap teman yang beragama lain di sekolah ialah .........
7. Pekerjaan yang berat sebaiknya dikerjakan secara bantu-membantu semoga ...........
8. Kamu sedang bermain dan melihat ayah sedang membersihkan rumput di halaman rumah. Sikap kau yang baik ialah ..............
9. Negara Indonesia dianugerahi banyak keberagaman.
Sebutkan 3 (tiga) teladan keberagaman yang ada di Indonesia tersebut!
Untuk soal nomor 10, 11, 12
Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi untuk melaksanakan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan. Mereka setuju ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.
10 Ide pokok dari paragraf pertama pada bacaan di atas ialah ....
a. Warga desa mengambil sampah dan meletakkan di gerobag sampah
b. Mereka berencana membersihkan selokan
c. Pagi itu, semua warga bersemangat membersihkan selokan
d. Musim hujan hampir tiba
11. Ide pokok paragraf kedua ada pada ....
a. awal paragraf
b. tengah paragraf
c. final paragraf
d. awal dan final paragraf
12. Ide pokok pada paragraf kedua berjumlah ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
13 Congklak
Congklak ialah permainan tradisional yang ada di Indonesia. Di masing-masing kawasan permainan ini mempunyai nama yang berbeda. Ada yang menyebut congklak, ada juga yang mengenalnya dengan permainan dakon. Dalam permainan ini terdapat unsur persaingan yang sportif, kejujuran, dan interaksi antar pemain.
Permainan congklak dimainkan dengan cara pemain yang menang suit terlebih dahulu mengambil biji dari lobang yang dipilihnya, kemudian diisikan satu persatu ke lubang-lubang sebelah kanannya.
....................................................................................................................
Permainan dianggap berhenti, apabila sudah tidak ada papan yang terisi biji congklak.
Menurut bacaan di atas, unsur yang tidak terdapat dalam permainan congklak ialah ....
a. sportif
b. jujur
c. bermain curang
d. interaksi antar pemain
14 Berikut ini cara bermain congklak yaitu ....
a. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kiri satu persatu
b. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kanan satu persatu
c. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kiri secara bersamaan
d. Mengambil biji congklak dan diisikan ke lubang sebelah kanan secara bersamaan
Dodol Betawi Mak Salmah
Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Mak Salmah mendapatkan banyak pesanan. Mak Salmah ialah pembuat dodol tradisional Betawi di kampungnya. Biasanya, ketika menyambut ulang tahun kota Jakarta banyak pertokoan yang mengadakan Festifal Betawi. Makanan Betawi menjadi jajanan di festival. Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi menjadi primadona masakan dalam menyambut dirgahayu Jakarta.
Sudah semenjak seminggu yang kemudian Mak Salmah bekerja keras. Ia dan beberapa ibu-ibu tetangganya menciptakan gabungan dodol. Ketan, gula merah, gula pasir, dan santan dicampur menjadi satu. Membuat dodol Betawi membutuhkan kerja sama. Tidak hanya perempuan. Laki-laki pun terlibat dalam pembuatannya. Biasanya, Mak Salmah dan ibu-ibu menyiapkan bahan, memarut kelapa, dan menumbuk beras ketan. Adonan dituang kawa, kemudian diaduk hingga kental. Proses mengaduk ini dilakukan terus menerus selama 8-12 jam. Pembuatannya memang berat dan lama. Oleh alasannya ialah itu, pembuatan dodol betawi membutuhkan kerja sama.
15. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi paragraf pertama ialah ....
a. Jajanan tradisional Betawi hanya dodol Betawi
b. Mak Salmah mendapatkan banyak pesanan dodol
c. Mak Salmah bekerja keras selama seminggu
d. Membuat dodol Betawi membutuhkan kerja sama
16. Pembuatan dodol betawi membutuhkan kolaborasi alasannya ialah ....
a. wanita dan pria bekerja sama
b. wanita harus memarut kelapa dan menyiapkan bahan
c. harus dimasak dalam kawa besar
d. pembuatannya berat dan memakan waktu lama
17. Gagasan pokok disebut juga ......................
18. Pada permainan congklak dianggap selesai apabila .................
19. Makanan tradisional betawi yang ada pada ekspo Betawi misalnya.........., ...........
20. Tuliskan Ide pokok paragraf pertama bacaan Dodol Betawi Mak Salmah!
....................................................................................................................
21. Sebutkan 3 manfaat permainan congklak!
a. ...................................
b. ....................................
c. ....................................
22. Saat ibu menelepon memakai ponsel (HP), bunyi merambat melalui ....
a. benda cair
b. benda gas
c. benda padat
d. ruang hampa
23. Benda yang sanggup menghasilkan bunyi disebut ....
a. sumber bunyi
b. frekuensi
c. amplitudo
d. gaung
24. Frekuuensi bunyi yang sanggup didengar oleh insan ialah ....
a. 40.000 – 50.000 hz
b. 30.000 – 40.000 hz
c. 20.000 – 30.000 hx
d. 20 – 20.000 hz
25. Karpet atau spons yang dipasang pada gedung pertemuan atau gedung bioskop berfungsi sebagai ....
a. pemantul suara
b. peredam suara
c. pengeras suara
d. pelemah suara
26. Bunyi tidak sanggup merambat melalui ....................
27. Sebutkan 3 sifat bunyi!
a. ...................................
b. ...................................
c. ...................................
28. Salah satu suku yang berasal dari Jawa Barat ialah ....
a. Badui
b. Tengger
c. Sasak
d. Betawi
29. Alat musik Tanjidor berasal dari ....
a. Bandung
b. Jakarta
c. Banten
d. Semarang
30. Hubungan timbal balik antar insan baik perorangan ataupun kelompok yang saling memengaruhi satu sama lain disebut ....
a. pekerjaan sosial
b. apresiasi sosial
c. pengetahuan sosial
d. interaksi sosial
31. Tumpeng merupakan masakan teladan masakan tradisional Indonesia. Salah satu teladan upacara sopan santun yang memakai tumpeng ialah ....
a. Ngaben
b. Nyeruwit
c. Grebeg
d. Sepintu
32. Permainan tradisional ini dimainkan oleh 2 kelompok. Satu kelompok sebagai tertawan dan satu kelompok sebagai penawan. Nama permainan tersebut adalah .....................
33. Sebutkanlah 3 (tiga) manfaat gotong royong!
34. Tarian Bungong Jeumpa dibagi ke dalam dua gerakan, yaitu gerakan dikala bangun dan gerakan dikala ....
a. lari
b. duduk
c. melompat
d. membungkuk
35. Dalam bahasa Indonesia Bungong Jeumpa berarti ....
a. bunga melati
b. bunga mawar
c. bunga cempaka
d. bunga matahari
36. Formasi penari bentuk lengkung para penari berbaris membentuk deretan ....
a. deretan abjad U
b. lurus ke samping
c. lurus ke belakang
d. deretan abjad I
37. Dalam sebuah tari, gerak merupakan unsur ....
a. pelengkap
b. tambahan
c. bebas
d. utama
38. Gerak dasar tari Bungong Jeumpa dibagi menjadi 2 macam yaitu gerakan............. dan gerakan ...............
39. Salah satu aksesoris dalam tarian ialah sangggul. Sanggul dipasang pada bab ..........................
40. Sebutkan 3 (tiga) teladan tari tradisional yang dipentaskan dalam bentuk kelompok!
KUNCI JAWABAN Perguruan Tinggi Swasta KELAS IV
TEMA 1
1 B
2 A
3 C
4 A
5 D
6 Menghormati
7 Menjadi ringan
8 membanbtu
9 agama, suku, budaya, (kebijakan guru)
10 D
11 A
12 A
13 C
14 B
15 B
16 D
17 Pikiran pokok/ pikiran utama
18 Tidak ada papan yang berisi biji congklak
19 Kerak telor, bir pletok, dan dodol betawi
20 Sebentar lagi kota Jakarta akan berulang tahun
21 a. sportif
b. kejujuran
c. interaksi antar pemain
22 B
23 A
24 D
25 B
26 Ruang hampa
27
a. sanggup merambat melaui zat padat, cair, dan gas
b. sanggup diserap dan dipantulkan
c. mempunyai getaran
28 A
29 B
30 D
31 C
32 bentengan
33.
a. pekerjaan cepat selesai
b. pekerjaan menjadi lebih ringan
c. menumbuhkan perilaku persatuan dan kesatuan (kebijakan guru)
34. B
35 C
36 A
37 D
38 bangun dan duduk
39. kepala
40 a. Bungong Jeumpa
b. Pakarena
c. Kecak (kebijakan Guru)
Demikianlah info yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Keberagaman Budaya kelas 4 SD dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal Perguruan Tinggi Swasta Tema 1 Keberagaman Budaya kelas 4 SD File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal uts tematik kelas 4 tema 1 indahnya kebersamaan
- soal uts kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017
- soal tematik kelas 4 tema 1 indahnya kebersamaan
- download soal uts kelas 4 semester 1
- soal ulangan harian kelas 4 tema 1 subtema 1
- kisi kisi uts kelas 4 sd semester 1
- soal uts kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2016
- kisi-kisi soal k13 kelas 4 semester 1 pdf 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 40+ Referensi Soal Uts Tema 1 Keberagaman Budaya Kelas 4 Sd Dan Kunci Jawabnya Terbaru"
Post a Comment