40+ Contoh Soal PG Penjaskes Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru |
Hubungan Pendidikan Jasmani dengan Bermain dan Olahraga
Dalam memahami arti pendidikan jasmani, kita harus juga mempertimbangkan relasi antara bermain (play) dan olahraga (sport), sebagai istilah yang lebih dahulu terkenal dan lebih sering digunakan dalam konteks kegiatan sehari-hari. Pemahaman tersebut akan membantu para guru atau masyarakat dalam memahami peranan dan fungsi pendidikan jasmani secara lebih konseptual.Bermain pada pada dasarnya yaitu acara yang digunakan sebagai hiburan. Kita mengartikan bermain sebagai hiburan yang bersifat fisikal yang tidak kompetitif, meskipun bermain tidak harus selalu bersifat fisik. Bermain bukanlah berarti olahraga dan pendidikan jasmani, meskipun elemen dari bermain sanggup ditemukan di dalam keduanya.
Olahraga di pihak lain yaitu suatu bentuk bermain yang terorganisir dan bersifat kompetitif. Beberapa andal memandang bahwa olahraga semata-mata suatu bentuk permainan yang terorganisasi, yang menempatkannya lebih bersahabat kepada istilah pendidikan jasmani. Akan tetapi, pengujian yang lebih cermat memperlihatkan bahwa secara tradisional, olahraga melibatkan acara kompetitif.
Ketika kita menunjuk pada olahraga sebagai acara kompetitif yang terorganisir, kita mengartikannya bahwa acara itu sudah disempurnakan dan diformalkan hingga kadar tertentu, sehingga mempunyai beberapa bentuk dan proses tetap yang terlibat. Peraturan, misalnya, baik tertulis maupun tak tertulis, digunakan atau digunakan dalam acara tersebut, dan hukum atau mekanisme tersebut tidak sanggup diubah selama kegiatan berlangsung, kecuali atas akad semua pihak yang terlibat.
Di atas semua pengertian itu, olahraga yaitu acara kompetitif. Kita tidak sanggup mengartikan olahraga tanpa memikirkan kompetisi, sehingga tanpa kompetisi itu, olahraga berkembang menjadi semata-mata bermain atau rekreasi. Bermain, akhirnya pada satu ketika menjadi olahraga, tetapi sebaliknya, olahraga tidak pernah hanya semata-mata bermain; sebab aspek kompetitif teramat penting dalam hakikatnya.
Di pihak lain, pendidikan jasmani mengandung elemen baik dari bermain maupun dari olahraga, tetapi tidak berarti hanya salah satu saja, atau tidak juga harus selalu seimbang di antara keduanya. Sebagaimana dimengerti dari kata-katanya, pendidikan jasmani yaitu acara jasmani yang mempunyai tujuan kependidikan tertentu. Pendidikan Jasmani bersifat fisik dalam aktivitasnya dan penjas dilaksanakan untuk mendidik. Hal itu tidak sanggup berlaku bagi bermain dan olahraga, meskipun keduanya selalu digunakan dalam proses kependidikan.
Bermain, olahraga dan pendidikan jasmani melibatkan bentuk-bentuk gerakan, dan ketiganya sanggup melumat secara pas dalam konteks pendidikan kalau digunakan untuk tujuan-tujuan kependidikan. Bermain sanggup menciptakan rileks dan menghibur tanpa adanya tujuan pendidikan, ibarat juga olahraga tetap eksis tanpa ada tujuan kependidikan. Misalnya, olahraga profesional (di Amerika umumnya disebut athletics) dianggap tidak punya misi kependidikan apa-apa, tetapi tetap disebut sebagai olahraga. Olahraga dan bermain sanggup eksis meskipun secara murni untuk kepentingan kesenangan, untuk kepentingan pendidikan, atau untuk kombinasi keduanya. Kesenangan dan pendidikan tidak harus dipisahkan secara eksklusif; keduanya sanggup dan harus beriringan bersama.
Soal PG Penjaskes Kelas 11 SMA/MA
40+ Contoh Soal PG Penjaskes Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Rajasoal.com dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PG Penjaskes Kelas 11 SMA/MA ini, adik adik sanggup menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini yaitu rincian Soal PG Penjaskes Kelas 11 SMA/MA Semester 2.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal PG Penjaskes Kelas 11 SMA/MA
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kau anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan abjad a,b atau c didepan balasan yang benar !
1. Seorang pemain basket dinyatakan salah dalam melaksanakan drible apabila ia melaksanakan drible….
a. dengan berganti-ganti tangan
b. memakai 2 tangan bersamaan
c. bolanya terlalu rendah
d. tanpa berjalan
e. sambil berjalan
Jawaban: b. memakai 2 tangan bersamaan
2. Dalam permainan sepak bola merupakan olahraga beregu yang terdiri dari…
a. 8 pemain
b. 9 pemain
c. 10 pemain
d. 11 pemain
e. 12 pemain
Jawaban: d. 11 pemain
3. Yang tidak termasuk teknik dasar sepak bola adalah…
a. menendang bola
b. melompat
c. tendangan ke dalam
d. dribble
e. menyundul bola
Jawaban: d. dribble
4. Latihan menendang bola yang bertujuan untuk menembakkan bola dengan keras tetapi arah bola sering kurang terkontrol merupakan cara menendang bola yang menggunakan….
a. kura-kura potongan dalam
b. kura-kura potongan luar
c. punggung kaki
d. kaki potongan luar
e. kaki potongan dalam
Jawaban: c. punggung kaki
5. Posisi perkenaan bola yang benar dalam teknik menyundul bola (heading) adalah…
a. kepala potongan depan (kening)
b. kepala potongan tengah
c. kepala potongan samping
d. kepala potongan belakang
e. kepala potongan atas
Jawaban: e. kepala potongan atas
6. Sikap tubuh yang benar ketika menahan bola dengan telapak kaki adalah….
a. condong ke depan
b. condong ke samping kiri
c. condong ke samping kanan
d. condong ke belakang
e. condong dan membungkuk ke depan
Jawaban: e. condong dan membungkuk ke depan
7. Permainan bola basket dimainkan oleh….
a. 3
b. 2
c. 4
d. 5
e. 6
Jawaban: b. 2
8. Teknik yang digunakan mengoper bola jarak bersahabat dalam permainan bola basket adalah…
a. chest pass
b. jeveline pass
c. side pass
d. bound pass
e. overhead pass
Jawaban: a. chest pass
9. Teknik menembak sambil melayang dalam bola basket disebut….
a. shooting
b. jump short
c. dribbling
d. over head pass
e. lay up shoot
Jawaban: e. lay up shoot
10. Tujuan utama permainan sepak bola adalah…
a. memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang supaya tidak terjadi gol
b. menguasai bola selama-lamanya
c. berusaha merebut bola dari lawan
d. mempraktikkan teori
e. menghibur penonton
Jawaban: a. memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang supaya tidak terjadi gol
11. Pertandingan bola basket sanggup dimainkan 220 menit atau sanggup juga dimainkan dengan waktu….
a. 4 x 8 menit
b. 4 x 10 menit
c. 4 x 12 menit
d. 4 x 14 menit
e. 4 x 15 menit
Jawaban: c. 4 x 12 menit
12. Induk organisasi bola basket tingkat internasional adalah….
a. PBSI
b. PERBASI
c. PBVSI
d. FIBA
e. IBF
Jawaban: d. FIBA
13. Berputar ke segala arah dengan bertumpu pada salah satu kaki (kaki poros) pada bola basket.
a. shooting
b. dribbling
c. lay up
d. jumping
e. pivot
Jawaban: e. pivot
14. Teknik atau cara memgang raket badminton ada empat cara. Yaitu cara memegang raket grip dengan memutar putaran ke kiri disebut dengan pegangan cara….
a. pryngpon grip
b. England grip
c. shakehand grip
d. backhand grip
e. handle grip
Jawaban: d. backhand grip
15. Teknik pukulan dengan tujuan untuk melambungkan shootlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke garis belakang yaitu pukulan…
a. servis
b. lop
c. dropshot
d. smash
e. drive
Jawaban: c. dropshot
16. Pukulan yang jatuhnya bersahabat net disebut pukulan….
a. servis
b. lop
c. smash
d. dropshot
e. drive
Jawaban: c. smash
17. Seorang pemain dinyatakan menang dalam satu set permainan badminton apa bila telah mencapai angka…
a. 11
b. 25
c. 15
d. 20
e. 21
Jawaban: e. 21
18. Pukulan servis badminton yang melambung tinggi ke belakang disebut….
a. shot service
b. dropshot
c. service
d. lob service
e. topspin
Jawaban: d. lob service
19. Pukulan smash dilakukan pada ketika bola….
a. meluncur turun
b. setinggi loncatan
c. menjelang meluncur jatuh
d. melambung di depan atas kepala
e. setinggi dada
Jawaban: d. melambung di depan atas kepala
20. Macam-macam pukulan dalam permainan bulu tangkis, antara lain….
a. smash, backhand, lurus
b. drive, dropshot, horizontal
c. vertikal, lurus, lob
d. smash, vertikal, lob
e. forehand, melambung, datar
Jawaban: a. smash, backhand, lurus
21. Macam gaya dalam lompat jauh ada…
a. 2 gaya
b. 3 gaya
c. 4 gaya
d. 5 gaya
e. 6 gaya
Jawaban: b. 3 gaya
22. Gerakan larijarak menengah sedikit berbeda dengan gerak lari cepat. Perbedaan itu terutama pada…
a. cara kaki melangkah
b. cara kaki menapak
c. pengambilan start
d. cara memasuki finish
e. pencatatan waktu
Jawaban: b. cara kaki menapak
23. Seorang pelari dianggap masuk finish apabila …. Telah memasuki finish.
a. kakinya
b. tangannya
c. punggungnya
d. kepalanya
e. badannya
Jawaban: d. kepalanya
24. Nomor-nomor lari jarak menengah adalah…
a. 100 m, 200 m, dan 400 m
b. 200 m, 400 m, dan 800 m
c. 400 m, 800 m, 1.500 m
d. 800 m, 1.500 m, 3.000 m
e. 1.500 m 3.000 m, dan 5.000 m
Jawaban: d. 800 m, 1.500 m, 3.000 m
25. Start yang digunakan untuk lari jarak menengah adalah…
a. start jongkok
b. start berdiri
c. start melayang
d. balasan a, b, c benar semuanya
e. start duduk
Jawaban: b. start berdiri
26. Hal-hal yang perlu dihindari dalam lompat jauh adalah…
a. latihan gerak pendaratan
b. memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum bertolak
c. menguasai gerak langkah dan ayunan
d. mencapai jangkauan gerak yang baik
e. memelihara kecepatan hingga ketika menolak
Jawaban: b. memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum bertolak
27. Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah…
a. kaki diluruskan
b. kaki dilipat ke belakang
c. kaki dilipat ke depan
d. kaki dibengkokkan
e. lutut ditekuk
Jawaban: a. kaki diluruskan
28. Jika penerima lompat jauh kurang dari 8 orang maka setiap orang berhak melaksanakan lompatan sebanyak….
a. 3 kali
b. 4 kali
c. 5 kali
d. 6 kali
e. 7 kali
Jawaban: d. 6 kali
29. Batas jarak awalan pada lompat jauh adalah…
a. 25-40 m
b. 30-45 m
c. 50-55 m
d. 55-60 m
e. 65-70 m
Jawaban: b. 30-45 m
30. Letakan tangan selebar pundak jari-jari dan ibu jari membentuk abjad V terbalik. Hal ini merupakan start jongkok aba-aba…
a. persiapan awal
b. bersedia
c. siap
d. ya
e. gerakan lari
Jawaban: b. bersedia
31. Dalam melaksanakan lompat jauh kakimana yang menumpu pada balok referensi terlebih dahulu…
a. kaki kiri
b. kaki kanan
c. kaki terkuat
d. kedua kaki
e. kaki yang lemah
Jawaban: c. kaki terkuat
32. Tujuan lompat jauh adalah…
a. mencapai lompatan yang sejauh-jauhnya
b. mencapai lompatan yang setinggi-tingginya
c. memakai gaya menggantung yang sebaik-baiknya
d. memakai pendaratan dua kaki bersama-sama
e. mencapai garis finish dengan cepat
Jawaban: a. mencapai lompatan yang sejauh-jauhnya
33. Menggunakan seluruh punggung dibantu dengan lengan yaitu latihan teknik….
a. mendarat
b. bertolak
c. ancang-ancang
d. melewati mistar
e. mendarat
Jawaban: e. mendarat
34. Hal-hal yang harus diutamakan dalam lompat tinggi adalah….
a. masukilah dengan kaki tolak
b. turunkan kepala dan bahu
c. angkatlah kaki ayun dengan gerakan lompatan
d. tinggikan sentra gravitasi pada langkah terakhir
e. angkat kaki tolak bengkok kearah lutut
Jawaban: b. turunkan kepala dan bahu
35. Sasaran tinggi ditunjukan kea rah berikut, kecuali….
a. ulu hati
b. pinggang
c. dagu
d. leher
e. dada
Jawaban: b. pinggang
36. Letak berat tubuh ketika melaksanakan kuda-kuda tengah berada di….
a. kaki depan
b. kaki belakang
c. kedua kaki
d. posisi labil
e. kaki samping
Jawaban: c. kedua kaki
37. Posisi kaki tertentu sebagian dasar referensi untuk melaksanakan perilaku dan gerakan bela serang disebut…
a. perilaku kuda-kuda
b. perilaku pasang
c. salam pembuka
d. jurus
e. elakan
Jawaban: b. perilaku pasang
38. Berikut yang bukan merupakan teknik gerak dasar dalam pencak silat adalah…
a. langkah
b. tangkisan
c. tendangan
d. jatuhan
e. dribbling
Jawaban: d. jatuhan
39. Tujuan gerakan menangkis adalah….
a. menghindari pukulan lawan
b. memukul lawan sekuatnya
c. menghindari tebasan lawan
d. menghindari serangan lawan
e. membendung setiap pukulan dan tendangan
Jawaban: e. membendung setiap pukulan dan tendangan
40. Teknik menyerang lawan dengan memakai tangan dinamakan…
a. pukulan
b. tangkisan
c. elakan
d. sapuan
e. hindaran
Jawaban: a. pukulan
Demikianlah warta yang sanggup kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh Soal PG Penjaskes Kelas 11 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam berguru demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Soal PG Penjaskes Kelas 11 SMA/MA File ini dalam Bentuk .doc File Size 42Kb
Diupload oleh www.bospedia.com
Baca juga yang sejenis
- RPP Untuk Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 4 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
- RPP Untuk Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018/2019
Pencarian yang paling banyak dicari
- soal penjas kelas xi kurikulum 2013
- soal penjaskes kelas xi semester 1 beserta jawabannya
- soal essay penjas kelas 11 semester 2
- soal penjaskes kelas xi semester 2 beserta jawaban
- soal uts penjas kelas 11 semester 2
- soal uts penjas kelas xi semester 1
- soal penjas kelas 11 essay
- soal penjas kelas xi semester 2 kurikulum 2013 pdf 2018,2019,2020,2021,2022
0 Response to "Komplit - 40+ Pola Soal Pg Penjaskes Kelas 11 Sma/Ma Dan Kunci Jawabnya Terbaru"
Post a Comment